Anda tidak bisa membuat halaman pada makalah? Sebaiknya anda segera mencari cara membuat halaman pada makalah yang benar. Banyak para penyusun makalah yang kemudian lupa menggunakan hal ini. Bagian ini memang tidak begitu berpengaruh terhadap sebuah isi makalah. Namun, anda harus memahami kalau kemudian penting keberadaan nomor halaman makalah. Di dalam makalah biasanya terdapat daftar isi. Hal di sanalah kemudian harus disertakan dengan nomor halaman. Tujuannya jelas bisa mempemudah pembaca untuk mencari bagian dari makalah yang diinginkan.

Dengan mudahnya menelusuri halaman membuat pembaca begitu gampang dalam menyimak makalah tersebut. Ketika memberikan halaman bisa dilakukan dengan berbagai format. Bisa menggunakan romawi kemudian angka biasa. Berkaitan dengan letak dari angka tersebut berbeda-beda. Yang paling umum dipakai ialah dibagian bawah. Posisinya beragam bisa di tengah, kanan atau kiri. Tergantung pembuat makalah dan syarat yang diberikan oleh kampus atau sekolah. Karena instansi biasanya punya aturan yang berbeda satu dengan yang lainnya.

 

Cara Membuat Halaman Pada Makalah atau Karya Ilmiah

Sebelum anda lebih lanjut mendapatkan informasi seputar cara membuat halaman pada makalah. Pada kesempatan kali ini anda harus mengetahui terlebih dahulu format yang standarnya dipakai dalam pembuatan halaman di makalah. Sebenarnya tidak hanya makalah tugas saja, format standar ini juga biasa diterapkan dalam pembuatan karya ilmiah lainnya semisal skripsi, tesis atau desertasi. Seperti apa format tersebut? Beginilah ulasan yang bisa anda ikuti.

  • Penomoran di dalam makalah standar yang banyak dipakai ialah menggunakan angka biasa. Akan tetapi, khsusus pada bagian halam judul sampai dengan daftar isi biasanya menggunakan angka romawi, namun denga huruf kecil.
  • Standar yang dipakai pada bab I dan seterusnya haruslah menggunakan angka biasa sampai dengan halaman terkahir. Jadi nomor romawi hanya dipakai di halaman awal saja seperti yang tadi sudah dikatakan di poin pertama sebelumnya.
  • Kalau anda menemukan makalah yang bagus dan baik. Penomoran yang mengunakan angka romawi tadi sering diletakan di bagian bawah. Untuk posisinya jelas pada bagian tengah atau center. Anda bisa melihat pada makalah yang bagus atau tesis dan desertasi.
  • Sedangkan untuk bagian yang selanjutnya yakni nomor 1, 2 dan selanjutnya. Letaknya berbeda dengan nomor yang romawi tadi. Di mana letaknya masih tetap di bawah, tetapi yang berbeda ialah pada posisinya yakni di bagian kanan.
  • Hal yang perlu anda ketahui pula ialah halaman di bagian yang sisinya merupakan judul bab. Nomor halaman tidak lagi di bawah akan tetapi di atas atau header dan pada center atau kanan posisinya.

 

Cara Membuat Halaman Pada Makalah di Word

Setidaknya itulah standar yang harusnya anda ketahui ketika membuat penomoran pada makalah atau karya ilmiah. Apa yang telah disebutkan tadi adalah sebuah patokan anda. Jangan sampai anda salam memasukannya atau bahkan lupa memberikan nomor pada halaman. Bagi anda mahasiswa banyak yang tidak begitu teliti. Akibat deadline tugas makalah yang mepet, akhirnya apa yang berkaitan dengan hal sepele seperti penomoran dilupakan.

Demikian ulasan yang bisa diberikan mengenai cara membuat halaman pada makalah. Kalau anda ingin mengetahui langkahnya, maka anda bisa mencari artikel langkah membuat nomor. Dalam membuat yang perlu diingat ialah ms word yang anda pakai untuk menulis makalah. Caranya berbeda dengan ms word lama dan yang terbaru. Ulasan ini dihadapkan bisa menjadi petunjuk dalam membuat makalah.

UA-113975400-1