Cara Membuat Makalah Kuliah yang Baik dan Benar

Cara membuat makalah kuliah wajib diketahui oleh mahasiswa karena akan selalu bertemu dengan urusan ini. Bagi anda yang sedang duduk di bangku perguruan tinggi, pasti tidak asing dengan tugas yang disajikan dalam bentuk makalah. Makalah merupakan suatu karya tulis yang membahas tentang suatu masalah berdasarkan teori dari hasil kajian pustaka ataupun hasil pengamatan penelitian tertentu. Tentunya, tugas makalah yang disusun oleh mahasiswa seharusnya tidak sama seperti makalah yang dibuat oleh anak SMP/SMA dengan susunan sistematika yang sering salah dan terkadang pemilihan topik yang kurang tepat.

Makalah kuliah seharusnya membahas topik-topik yang relevan dan disusun dengan memperhatikan sistematika penulisan yang benar, kerangka pembahasan, tata bahasa, dan aturan baku lainnya yang menjadikan makalah tersebut tersusun dengan baik dan benar. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara membuat makalah kuliah yang benar dengan memperhatikan hal-hal penting dalam penyusunannya.

 

Cara Membuat Makalah Kuliah dimulai dari Menentukan Topik

Topik adalah tema dari sebuah makalah yang biasanya tersirat di dalam latar belakang masalah. Dengan kata lain, topik tertentu menjadi latar belakang dibuatnya suatu makalah. Hal ini berarti langkah pertama dalam cara membuat makalah kuliah yang benar adalah pemilihan topik yang menarik dan mencakup berbagai keilmuan yang ada di masyarakat. Dengan topik yang menarik dan mencakup berbagai ilmu, berkemungkinan besar dapat membuat isi makalah menjadi menarik dan bermanfaat bagi para pembacanya.

Oleh karena itu, pertimbangan dalam memilih topik yang tepat harus diperhatikan dengan seksama. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan topik yaitu :

  1. Kemampuan yang dimiliki dalam menguasai topik. Sebaiknya jangan memilih topik dengan tingkat yang terlalu tinggi di luar kemampuan anda. Pilihlah topik menarik dan sedang hangat namun juga dapat anda kuasai.
  2. Ketersediaan sumber kajian pustaka yang bisa diakses. Pilihlah topik yang memiliki banyak sumber referensi, sehingga anda tidak kesusahan dalam mencari teori-teori pendukung dalam makalah anda.
  3. Manfaat yang diberikan dari makalah yang dibuat. Inilah mengapa anda dianjurkan untuk memilih topik yang mancakup berbagai ilmu yang ada di masyarakat, sehingga dapat memberi manfaat tidak hanya bagi anda sebagai tambahan pengetahuan, tapi juga masyarakat luas.
Baca Juga  Contoh Pendahuluan dalam Makalah

 

Cara Membuat Makalah Kuliah hal yang Tak Kalah Penting

Selain pemilihan topik, terdapat hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam cara membuat makalah kuliah yang baik dan benar, yaitu sebagai berikut :

  1. Pemilihan bahasa

Makalah di Indonesia biasanya menggunakan bahasa yang baku dan sesuai ejaan yang disempurnakan. Begitu juga dengan makalah untuk cakupan internasional, harus menggunakan bahasa inggris yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

  1. Susunan kerangka makalah

Makalah kuliah secara umum terdiri atas Halaman Judul, Daftar Isi, Kata Pengantar, Pendahuluan, Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, serta Daftar Pustaka.

  1. Format penulisan makalah

Dalam menyusun makalah, ada berbagai macam format penulisan yang perlu anda sesuaikan, yaitu :

  • Ukuran Huruf dan Font. Gunakanlah jenis font yang memiliki garis tegas dengan ukuran yang sesuai dengan standar font pada umumnya, sehingga mudah untuk dibaca.
  • Sesuaikan spasi dengan font yang dipilih, biasanya makalah menggunakan spasti 1.5.
  • Pengaturan paragraf dalam makalah pada umumnya adalah rata kanan-kiri (justify), sehingga tulisan akan tampak lebih rapi dan nyaman dibaca.
  • Nomor Halaman. Walaupun bukan menjadi suatu hal yang wajib, namun anda bisa mencantumkan nomor pada tiap halaman untuk memudahkan dalam pencarian halaman tertentu.
  • Pengaturan pada margin makalah berbeda-beda sesuai perintah yang diberikan. Penggunaan margin ini bertujuan untuk membuat halaman makalah lebih tertata dan rapi.

Demikian artikel cara membuat makalah kuliah yang baik dan benar. Mudah-mudahan dapat dipahami dan menjadi informasi yang berguna serta bermanfaat.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1