Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Mau tahu bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar? Simak yuk caranya berikut ini. Makalah adalah sebuah karya ilmiah yang berisi pembahasan mengenai suatu pokok masalah. Masalah yang dibahas bisa berbagai macam jenisnya, bisa politik, sosial, kebudayaan, hiburan, gaya hidup, dan masih banyak lagi. Untuk menulis makalah, sebelumnya sebaiknya kamu ketahui dulu mengenai berbagai jenis makalah. Ada makalah deduktif, induktif, dan juga makalah campuran.

Jika makalah deduktif adalah makalah yang dibuat berdasarkan kajian teoritis saja, maka makalah induktif adalah makalah yang pembahasannya bersifat objektif. Lalu untuk makalah campuran ialah makalah dengan sistem gabuangan dari kedua jenis makalah di atas. Jadi tidak hanya teoritis, makalah campuran juga ditulis berdasarkan data empiris. Kebanyakan makalah yang ada adalah makalah campuran ini.

 

Macam-Macam Makalah Campuran

            Kali ini yang akan kita bahas adalah bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang ada. Sebelum kita bahas bagaimana cara membuatnya mari kita lihat dulu beberapa macam makalah campuran.

  • Makalah kerja

Pada makalah ini penulisannya haruslah didasakan para penelitian yang mana akan cenderung berisi mengenai opini penulisnya yang subyektif.

  • Makalah ilmiah

Hasil dari makalah jenis ini adalah dari studi ilmiah yang dilakukan, sehingga untuk opini subyektif tidak digunakan sebagai dasar penulisannya.

  • Makalah posisi

Ketentuan makalah ini mendasarkan pada posisi atau kedudukan dari penulisnya. Dari gambaran posisi penulisnya itu maka pembaca bisa melihat argumentasi penulis sesuai dengan bidang ilmu yang dimilikinya dan posisi yang dijabatnya. Dalam hal ini posisi penulis bisa sebagai apa saja misalnya, kepala sekolah, Gubernur atau Bupati, Ilmuwan, peneliti muda dan lain-lain.

  • Makalah analisis
Baca Juga  Contoh Landasan Teori Makalah

Sesuai sebutannya makalah ini berisi analisis penjabaran atau pembahasan terhadap sebuah masalah penelitian yang benar-benar dirinci dan dianalisa sesuai dengan bidang ilmu dan metode tertentu.

  • Makalah kajian

Dalam makalah ini pokok masalah dibahas dengan pengkajian mendalam yang disandingkan dengan dasar ilmiah tertentu sebagai rujukan pokok kajian.

  • Makalah tanggapan

Makalah ini berisi tanggapan subyektif penulis terhadap sebuah masalah atau pokok bahasan.

 

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar serta Bagaimana Langkahnya

Setelah kita mengetahui jenis-jenisnya, kita bisa mulai belajar bagaimana cara membuat sebuah makalah dengan langkah-langkah berikut:

  1. Menentukan Masalah

Jika ingin membuat sebuah makalah, maka yang perlu dicari terlebih dahulu adalah masalah. Masalah dalam makalah tidak seperti masalah dalam kehidupan sehari-hari. Masalah dalam sehari-hari biasanya bersifat negatif, misalnya masalah pengangguran, masalah kanaikan harga barang, masalah rumah tangga dan lain-lain. Selain masalah dalam arti negatif, masalah dalam makalah bisa juga bernilai positif misalnya, kedisiplinan pegawai yang tinggi, masalahnya apa? Bisa saja kita jadikan masalah penelitian, apa penyebab kedisiplinan pegawai yang tinggi dan bagaimana kiat menjadikan kedisiplinan pegawai menjadi tinggi.

Contoh lainnya adalah begitu tertibnya lalu lintas disebuah kota. Bisa kita jadikan masalah dalam makalah seperti bagaimana langkah yang diterapkan sehingga terjadi tertib lalu lintas di kota. Atau bagaimana upaya yang dilakukan sehingga masyarakat menjadi tertib berlalu lintas.

  1. Dari masalah tersebut, kita akan dapat membuat latar belakang, kerangka masalah serta pendekatan maupun metode penelitian apa yang akan kita gunakan.
  2. Jangan lupa untuk membatasi masalah karena jika tidak, anda akan kesulitan dalam menelitinya karena terlalu banyak masalah yang akan muncul.
  3. Jika sudah ditentukan masalah dan juga metode yang akan digunakan dalam proses penelitian, maka anda bisa langsung melakukan penelitian.
  4. Setelah penelitian selesai, anda bisa mulai melakukan proses penulisan makalah. Pertama tulis latar belakang atau alasan mengapa anda tertarik untuk membahas atau meneliti masalah tersebut. Lalu sertakan juga manfaat berikut tujuan dari penulisan makalah tersebut. Itu merupakan isi dari bab I makalah, sedangkan di bab keduanya anda akan membahas teori maupun dasar yang berkaitan dengan dengan masalah yang anda bahas. Dan di bab ketiga berisi kesimpulan dari hasil penelitian serta solusi untuk masalah tersebut.
  5. Setelah ketiga bab tersebut, maka anda bisa tuliskan sumber teori maupun bahan yang terdapat di makalah di bagian daftar pustaka, atau lampirkan sumber maupun yang terkait di bagian lampiran
  6. Setelah itu buat daftar isinya dengan urutan kata pengantar, bab 1,2, 3, daftar pustaka, dan juga lampiran.
  7. Langkah terakhir adalah buat kata pengantar dan juga cover makalah yang berisi judul makalah serta nama penulisnya.
Baca Juga  Makalah Hak dan Kewajiban Warga Negara

 

Kunci dalam Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Ada sebuah kunci yang wajib Anda pahami dalam membuat makalah. Kunci tersebut namanya “benang merah”. Jadi cara membuat makalah yang baik dan benar harus ada benang merah yang menghubungkan setiap bab dalam makalah yang kita susun. Mulai dari masalah sampai kesimpulan dan saran harus ada benang merah yang tidak terputus. Contoh benang merah tersebut bisa kita amati dibawah ini:

 

Bab I Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah

  • Adanya kondisi tertib lalu lintas masyarakat di kota A

1.2 Batasan Masalah

  • kondisi tertib lalu lintas masyarakat di kota A

1.3 Tujuan

  • Mengetahui upaya pemerintah untuk menciptakan kondisi tertib lalu lintas masyarakat di kota A

Bab II Pembahasan

2.1 Landasan Teoritis dan Yuridis

  • Teori tentang tertib lalu lintas jalan raya
  • Kebijakan pemerintah terkait kondisi tertib lalu lintas masyarakat di kota A

2.2 Pendekatan Terhadap Masalah Pokok

  • Hubungan antara teori dan kebijakan yang diterapkan sehingga tercipta kondisi tertib lalu lintas masyarakat di kota A

2.3 Pembahasan Akhir

  • Penjabaran kebijakan dan upaya pemerintah dalam cipta kondisi tertib lalu lintas masyarakat di kota A

 

Bab III Penutup

3.1 Kesimpulan

  • Rincian Upaya Pemerintah dalam menciptakan kondisi tertib lalu lintas masyarakat di kota A

3.2 Saran

  • Saran yang bisa diberikan terkait upaya pemerintah dalam menciptakan kondisi tertib lalu lintas masyarakat di kota A

 

Lihatlah kalimat yang dicetak tebal adalah benang merah yang kita bangun. Struktur tersebut harus ada dan tidak melebar sehingga ada hubungan antar setiap bab yang kita tulis. Ingatlah bahwa inti dari makalah adalah tujuan. Tujuan makalah yang ada di bab I bisa terjawab di kesimpulan pada bab III lihat tulisan berwarna hijau di atas. Sedangkan bab II adalah uraian yang bisa menghubungkan antara Tujuan dan Kesimpulan.

Baca Juga  Makalah Pancasila Sebagai Dasar Negara

Jika paham benang merah ini maka makalah yang kita susun akan fokus dan tidak melebar serta mencapai tujuan yang kita harapkan. Demikian cara membuat makalah yang baik dan benar yang bisa anda jadikan referensi. Makalah biasanya dijadikan sebagai syarat menyelesaikan sebuah studi maupun sekedar tugas dari dosen untuk anak kuliahan. Jadi, gunakan bahasa yang sopan atau formal dalam penulisannya. Makalah sendiri jumlah katanya tidak tentu tergantung dari aturan yang digunakan. Jadi, sebenarnya mudah bukan langkah untuk membuat sebuah makalah? Selamat belajar.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1