Bagi kamu yang sedang merasa kebingungan mengenai cara pembuatan makalah khususnya pengguanaan landasan teori yang biasanya disebutkan pada bab ii. Disini kita akan memberikan contoh landasan teori makalah secara singkat. Kita akan mengambil contoh makalah mengenai K3 agar kamu semakin mudah memahaminya.

Dalam landasan teori, biasanya kita diperintahkan untuk memasukkan teori-teori pendukung mengenai materi yang kita bahas. Penggunaan teori ini tentunya menuntut kamu untuk selalu membaca buku maupun e-book. Agar kamu mampu memberikan teori pendukung yang sesuai dengan materi kamu. Teori yang dapat digunakan dalam landasan teori ini dapat berupa pendapat dari para ahli yang juga telah melalukan penelitian dengan tema sejenis dengan tema materi kamu.

Sebagai contohnya adalah mencari pengertian mengenai materi kamu. Seperti Kesehatan dan keselamatan kerja atau biasa dikenal dengan K3. Dimana keselamatan kerja adalah sebuah upaya mengurangi dan atau menekan sejauh mungkin kecederaan akibat kerja dengan cara mencegah kecelakan dan mengawasi pemaparan bahan berbahaya yang menimbulkan kecelakaan ditempat kerja (Harnington,2005).

Contoh Landasan Teori Makalah dengan Penggunaan Kutipan

Dalam penggunaan dasar teori dari orang lain, tentunya kamu harus menerapkan tata karma dalam penggunaannya, dimana kamu harus mencantumkan nama orang pencetus kalimat yang kamu kutip tersebut. Selain itu kamu juga bisa memberikan tambahan informasi berupa tahun keluarnya  kalimat tersebut, hal ini dmaksudkan untuk menghindari adanya kesalahpahaman apabila dikemudian hari telah muncul sebuah hasil penelitian yang telah diakui yang kemungkinan berbeda dengan teori yang kamu ambil tersebut.

Selain menjelaskan pengertian dari judul yang kamu pilih. Kamu juga bisa menambakan beberapa kalimat pendukung untuk menegaskan kalimat teori yang kamu kutip tersebut. Sebagai contohnya kamu bisa kembali menjelaskan mengenai pengertian k3 tersebut. Tetapi menggunakan kalimat kamu sendiri. Seperti halnya berdasakan penjelasan tersebut. Sangat jelas dikatakan bahwa K3 menjadi sebuah system untuk mencegah terjadinya kecelakan ditempat kerja yang memungkinkan terjadinya kecelakaan.

Contoh landasan teori makalah menjadi sebuah bab yang cukup penting dalam sebuah makalah. Hal ini dikarenakan semua pembahasan yang kamu jelaskan dalam bab pembahasan harus memiliki dasar teori yang jelas dan harus tercantum dalam bab dasar teori tersebut. ketelitian dalam penggunaan teori-teori ahli ini juga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kamu dalam mengembangkan kalimat dlam pembahasan kamu nantinya agar mendapat kalimat yang baik serta saling berhubungan dengan bab sebelumnya.

Penggunaan Dasar Teori dari Buku Terkait

Selain penjelasan pendukung serta teori dari para ahli, dalam contoh landasan teori makalah kamu juga bisa menggunakan dasar teori dari buku bacaan pelajaran terkait, seperti halnya pengertian dasar mengenai tempat kerja Penerapan K3 di setiap tempat kerja diharapkan mampu menciptakan sistem kerja yang aman / mempuyai potensi resiko yang rendah terhadap terjadinya kecelakaan dan menjaga asset perusahaan/tempat kerja dari kemungkinan lost/kerugian.

Apabila dalam landasan teori kamu juga menggunakan banyak istilah asing, seperti halnya fisik, sosial, psikologi, dan ergonomic. Maka kamu dapat membahas ulang mengenai pengertian dan penjelasan lain yang terkat dengan kata tersebut. Dalam membuat landasan teori kamu juga harus memperhatikan keterkaitannya dengan judul serta pembahasan. Hal ini dikarenakan dasar teori menjadi landasan matteri yang akan kamu bahas di pembahasan. Penggunaan landasan teori berdasarkan pengertian pada buku pelajaran terkait. Hal ini dimaksudkan karena dalam buku bacaan pelajaran keluran terbaru biasa sudah membahas mengenai pengertian k3 dengan jelas dan dan disertai denga pengertian-pengertian terbaru yang lebih telah disepakati.

UA-113975400-1