Contoh Latar Belakang Makalah dan Cara Penulisannya

Menggunakan contoh latar belakang makalah yang sudah ada memang merupakan cara termudah dalam membuat makalah. Tapi, bila kita tidak cermat dalam menerapkannya bisa saja menjadi tidak cocok untuk makalah yang sedang kita buat. Keunikan dan originalitas sebuah makalah adalah kekuatannya. Bila hanya copy paste tentu akan menjadi tulisan hasil plagiarisme yang melukai prinsip-prinsip ilmiah dalam penulisan.

Jadilah penulis yang baik dengan terus belajar dan mencari ilmu. Makalah yang dihasilkan dari jerih payah pembelajar tentunya akan semakin baik dari hari ke hari. Karena kita akan mengalami proses perbaikan setiap waktu. Semakin banyak kita belajar maka akan semakin baik kualitas makalah yang akan kita hasilkan. Untuk itu berikut saya akan berbagi sepenggal pemahaman mengenai makalah ilmiah.

 

Contoh Latar Belakang Makalah dan Prinsip Penulisannya

Makalah akan sangat berbeda dengan tulisan lainnya karena memiliki cara penulisan dan tujuan tertentu. Cara penulisan makalah mengikuti kaidah-kaidah ilmiah yang runtut karena harus dapat dipertanggungjawabkan. Pertanggungjawabannya tidak hanya dari konten yang dihasilkan tetapi juga bagaimana cara menghasilkannya. Itulah prinsip makalah yang harus kita ikuti.

Begitu juga prinsip pembuatan latar belakang makalah yang memang harus diikuti. Prinsip ini adalah agar pembahasan makalah menjadi fokus dan terarah sehingga tidak melebar kepada pembahasan yang lain. Untuk itu perlu sedikit pemahaman dalam membuatnya.

Latar belakang makalah yang kita buat harus memiliki benang merah dengan tujuan penulisan makalah. Jadi hal utama yang harus kita pahami adalah apa tujuan yang ingin kita capai dalam pembuatan makalah tersebut. Setelah kita memahami tujuan utama yang ingin kita capai maka barulah kita bisa merumuskan latar belakangnya. Prinsipnya sangat sederhana, Deskripsikan saja apa pentingnya dan mengapa kita layak untuk mencapai tujuan tersebut. Penting dan layaknya tujuan yang kita capai akan menjadi poin utama latar belakang makalah kita.

Baca Juga  Makalah Tentang Sepak Bola dan Hal-hal yang Perlu Dibahas Didalamnya

Contoh latar belakang makalah yang bisa kita ikuti prinsip pembuatannya seperti berikut ini. Kita bisa menerapkan prinsip piramida terbalik dalam pembuatan latar belakang makalah dimana ujung lancip dari piramida adalah tujuan yang ingin kita capai. Sedangkan bagian lebarnya adalah deskripsi umum dari tujuan yang ingin dicapai. Contoh alur pikir pembuatan latar belakang makalah.

Tujuan:

  1. Mengetahui sebab dan akibat pemanasan global

Latar Belakang Makalah yang bisa kita buat dari tujuan di atas adalah:

  1. Deskripsikan pentingnya mengetahui sebab dan akibat pemanasan global sehingga dirasa perlu membuat makalah tentang sebab dan akibat pemanasan global.

 

Demikian contoh latar belakang makalah yang bisa dijadikan acuan dalam membuat sebuah makalah. Semoga tulisan ini bermanfaat dan akan terus disempurnakan dilain waktu.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1