Contoh Makalah Karya Ilmiah Yang Baik dan Benar

Berbicara mengenai contoh makalah karya ilmiah, maka ada banyak sekali jenis yang harus anda ketahui. Anda bisa melihat sendiri ketika mencari karya ilmiah,  maka jenisnya ada beragam. Mulai dari makalah, skripsi, tesis, laporan bahkan proposal. Seluruhnya tadi adalah jenis dan bisa disebut sebagai karya tulis ilmiah. Secara pengertian harus anda ketahui bahwa karya adalah hasil pekerjaan  yang dibuat dengan system ilmiah. Arti dari ilmiah sendiri ialah bermakna ilmu pengetahuan.

Jadi karya ilmiah ini dibuat dengan system ilmiah berdasarkan kaidah dari sebuah ilmu pengetahuan. Dengan mengetahui pengertian tadi maka anda akan paham karya ilmiah itu seperti apa dan bagaimana cara dalam membuatnya. Banyak sekali contoh makalah karya ilmiah yang bisa didapatkan. Namun ternyata, sebuah karya tulis ilmiah yang bagus harus bisa memenuhi beberapa kriteria. Kalau kriteria tersebut tidak ada dalam sebuah makalah. Maka bisa dijelaskan bahwa makalah tersebut bukanlah sebuah karya tulis ilmiah.

Pada tulisan kali ini tidak akan diberikan tentang contoh makalah karya ilmiah yang baik itu seperti apa. Tetapi lebih cendrung akan dibahas tentang cara dalam membuat karya ilmiah yang baik. Banyak orang yang sulit untuk membuat makalah karya tulis yang baik dan benar itu seperti apa. Padahal kalau anda bisa mengikuti sebuah kriteria karya tulis. Membuatnya bukanlah sebuah perkara yang sulit untuk dilakukan. Nah, sebaiknya anda lihat beberapa hal yang berkaitan dengan kriteria makalah karya tulis ilmiah.

 

Contoh Makalah Karya Ilmiah Berdasar Kriteria

Berikut ini adalah kriteria yang harus dipenuhi agar karya anda disebut dengan karya tulis ilmiah yang sempurna dan benar.

  • Hal pertama yang harus dipenuhi ialah mengenai rumusan dari teori. Sebuah karya tulis ilmiah harus memiliki kerangka berpikir yang jelas. Artinya orang yang membuat makalah karya tulis harus memahami tentang rumusan teori karena itu sebagai dasar dari pemikiran. Selain itu juga perlu memiliki metode berpikir supaya penyusunan makalah bisa lebih jelas lagi.
  • Kedua, berkaitan dengan pembahasan isi dari sebuah makalah karya tulis ilmiah. Dalam pembahasanya haruslah lugas. Jadi mudah untuk dipahami oleh para pembaca. Makalah karya tulis sangat menghindari multi interpretasi. Jadi tidak diperkenankan makalah memiliki isi yang akan membaut pemahaman pembaca menjadi rancu (membingungkan pembaca dan memunculkan opini baru yang tidak jelas).
  • Ketiga, sistematika penulisan yang dibangun harus jelas. Di dalam sebuah makalah karya ilmiah yang baik akan ditulis dengan rumusan yang sistematis. Artinya ketika pembaca membaca makalah jelas dan sifatnya tidak bertele-tele. Meskiun karya ilmiah tetapi harus mudah untuk dipahami pembaca makalah.
  • Keempat, berkaitan dengan penulisan dari isinya. Pembahasan harus disusun dengan efektif. Maksudnya harus sesuai dengan tema yang diangkat. Fokus harus jelas arahnya, jangan sampai anda membuat makalah yang isinya melebar dari tema yang anda angkat.
  • Kelima, sifat dari karya tulis ilmiah sebaiknya objektif. Jadi apa yang terdapat di dalam makalah tersebut haruslah didasarkan pada fakta. Anda jangan menciptakan sebuah opini dan isu dalam makalah. Karya ilmiah harus bertanggungjawab dari segi kebenaran isi yang ada dalam makalah.
Baca Juga  Cara Membuat Cover Makalah yang Benar

Itulah tadi lima kriteria yang harus anda pahami dalam sebuah karya tulis ilmiah. Kalau anda mencari contoh makalah karya ilmiah, yang terbaik anda cari berdasarkan kriteria tersebut. Sehingga anda punya referensi makalah karya ilmiah yang baik dan benar. Semoga bermanfaat!

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1