Ikan Cupang Avatar, Ikan Peliharaan Berkelas yang Istimewa

Dewasa ini, meningkatkan mood serta kebahagiaan bisa diperoleh dari memelihara hewan, salah satunya adalah ikan. Dengan hanya melihat kelincahannya saat berenang kesana kemari serta mendengar gemericik air dari aquarium maupun kolam, seakan membuat hati para pemiliknya menjadi tenang. Ada berbagai jenis ikan dengan masing-masing karakteristiknya yang unik dan menarik, salah satunya adalah ikan cupang avatar.

Jenis ikan satu ini banyak digemari oleh para pecinta ikan yang memiliki budget berlebih. Mereka rela membeli ikan dengan harga yang mahal demi mendapatkan estetika. Variasi warnanya yang beraneka ragam membuat para pecinta jenis ikan selalu dibuat penasaran, sehingga mereka ingin mengoleksi ikan jenis ini dengan warna yang berbeda-beda.

 

Asal Usul Ikan Cupang Jenis Avatar

Ikan tersebut adalah jenis ikan cupang hias dari hasil kawin silang atau hybrid oleh peternak cupang yang berasal dari Thailand. Ikan jenis ini tidak berasal dari alam, namun dari hasil perkawinan silang dan hidup di air tawar.

Ikan ini memiliki sebutan Cupang Avatar Galaxy atau Cupang Black Galaxy Star. Sebutan nama tersebut digunakan di negara lain terutama Thailand untuk menamai ikan cupang avatar. Sehingga di luar negeri jenis ikan tersebut lebih terkenal dengan sebutan nama Cupang Avatar Galaxy atau Cupang Black Galaxy Star.

Hasil persilangan ikan cupang hias menghasilkan beragam corak dan warna yang menarik pada ikan jenis ini. Penemu ikan jenis ini seorang professor sekaligus breeder yang berasal dari peternakan cupang yang terkenal di Thailand bernama Somkiat Intamu. Beliau memilih jenis cupang koi yang mempunyai warna biru semacam galaxy.

Setelah melalui proses panjang, akhirnya terciptalah jenis avatar. Somkiat terinspirasi menciptakan jenis ikan ini dari film dokumenter dari nebula yang memperlihatkan gambar bintang-bintang hitam, biru, dan hijau.

Kemudian inspirasi tersebut disalurkan melalui penciptaan warna ikan cupang seperti warna gambar bintang-bintang yang beliau lihat di film. Warna ikan cupang serupa dengan warna ‘avatar’ sehingga pelanggannya menamai ikan tersebut dengan nama ikan cupang avatar karena terinspirasi dari film avatar.

Ikan cupang yang diciptakan oleh Somkiat adalah Blue Black Star Avatar atau Cupang Dark Blue Avatar yang mana merupakan pelopor ikan cupang jenis avatar dan muncul pertama kali di Thailand. Kemudian, nama Cupang Black Star Galaxy diambil dari nama kumpulan gugusan bintang yang hadir saat malam hari dan sekilas mirip dengan warna ikan cupang jenis avatar.

Baca Juga  Daftar 10 Jenis Ikan Cupang Termahal

 

Ciri-ciri Ikan Cupang Avatar

Ikan cupang jenis avatar banyak diminati oleh para pecinta ikan karena warnanya yang beraneka ragam dan unik. Ikan jenis ini mempunyai karakteristik yang berbeda dengan ikan jenis lainnya.

Keunikan yang dimiliki ikan ini membuat para pecinta ikan terutama ikan cupang menjadi terus menerus penasaran dengan banyaknya warna dari jenis ikan satu ini. Ikan jenis avatar memiliki warna yang didominasi oleh warna hitam yang gelap dan mempunyai sisik iridescent acak atau mutiara dengan ciri khas berbentuk star galaxy di sekujur tubuhnya.

Bercak di tubuh ikan cupang tersebut bersisik mutiara acak dan dikenal dengan warna star galaxy. Dinamakan star galaxy karena sekilas ikan tersebut tampak seperti gugusan bintang yang ada di galaksi. Sedangkan sisik iridescent merupakan jenis sisik metalik.

Meskipun demikian, ikan cupang avatar memiliki banyak variasi warna yang menarik. Dengan banyaknya variasi warna yang dimilikinya, pasti membuat kamu bingung memilihnya. Semua variasi warna ikan cupang jenis ini begitu bagus dengan kualitas yang patut diacungi jempol.

Sesuai dengan variasi warna yang dimiliki, ikan cupang tersebut mempunyai nama yang berbeda-beda. Salah satunya adalah jenis Blue Black Star Avatar atau Cupang Dark Blue Avatar dengan karakteristik unik berupa kombinasi warna antara biru navy yang menyala dan warna merah.

Bagi penggemar ikan cupang berwarna biru, jenis ini pasti yang paling kamu cari. Warnanya sama sekali tidak norak sehingga sangat elegan dan hidup ketika berenang dengan gesit di dalam aquarium.

Karakteristik jenis ikan cupang Blue Black Star Avatar ini akan menghipnotis kamu supaya segera memilikinya. Sehingga bagi kamu yang mempunyai budget berlebih dan menyukai warna biru, ikan jenis ini sangat cocok untuk kamu pilih.

 

Cara Breeding Ikan Cupang Jenis Avatar

Cara breeding ikan cupang avatar berbeda dengan cara breeding ikan cupang biasanya. Ikan cupang jenis avatar dark atau blue merupakan keturunan atau bloodline dari ikan cupang green peacock atau ikan cupang blue. Cupang green peacock tersebut juga dikenal dengan sebutan cupang green alien peacock.

Cupang green peacock dipilih oleh peternak ikan cupang untuk diproses inbreed dalam 2 generasi sehingga menghasilkan cupang black light. Kemudian, peternak membered kembali supaya warna cupang tidak berubah dan stabil. Setelah itu cupang black light dikawinkan dengan cupang black candy dan menghasilkan cupang dark blue avatar atau black avatar.

Cupang black candy merupakan jenis cupang nemo yang diciptakan dari hasil inbreed dengan cupang dengan ciri badan yang berwarna gelap. Cupang black candy lalu dikawinkan lagi dalam 2-3 generasi sehingga menghasilkan ikan cupang dengan badan yang memiliki badan berwarna gelap dan mempunyai gen yang kuat.

Baca Juga  Daftar 10 Jenis Ikan Cupang Termahal

Apabila persilangan tersebut dapat berjalan dengan baik, maka anakan dari generasi pertama akan menciptakan warna hitam, hijau, merah, dan orange yang terlihat pada sirip ekornya. Peternak kemudian memilih anakan dari generasi pertama tersebut untuk dilakukan proses dikawinkan lagi dengan tujuan mendapatkan genetik yang kuat.

 

Cara Merawat

Ikan cupang avatar merupakan ikan cupang yang paling berkelas di kalangan ikan cupang lainnya karena harganya yang relatif mahal dengan variasi warnanya yang istimewa. Selain itu, ikan cupang jenis ini berada di kasta paling tinggi dibandingkan dengan jenis ikan cupang lainnya.

Sebanding dengan harga dan kualitasnya, cara perawatan ikan cupang berkelas ini cukup susah. Pasalnya, kualitas indukan serta pH air merupakan hal terpenting ketika merawatnya supaya hasil anakan yang didapat mencapai kualitas istimewa di pasaran. Biasanya ikan cupang jenis ini dipelihara oleh orang-orang ‘berduit’ seperti kalangan artis maupun pejabat.

Cara merawat ikan cupang berkelas supaya berkembang dengan baik dan tetap sehat antara lain :

1. Menyiapkan wadah yang tepat
Ikan cupang sebaiknya diletakkan di aquarium kecil berukuran paling tidak 20x15x15 cm agar ikan cupang avatar bisa hidup sehat. Supaya lebih berwarna, kamu bisa memberi hiasan seperti tanaman palsu atau bebatuan berukuran kecil di dalam aquarium.

2. Volume air dalam aquarium
Hal ini penting sekali untuk kamu pahami bahwa untuk menghindari ikan cupang melompat dari wadahnya, maka kamu hanya perlu mengisi air kira-kira 40% saja jika aquarium tidak tertutup. Apabila ikan cupang melompat dari aquarium, maka bahaya yang ditimbulkan adalah ikan cupang bisa mati.

3. Gunakan air tawar
Sebaiknya isilah aquarium dengan menggunakan air tawar karena karakteristik air tawar sangat mirip dengan rawa-rawa dan sawah yang merupakan habitat asli ikan cupang. Air tawar bisa kamu ambil dari air PAM atau air sumur. Sebelum memasukkan ikan cupang ke dalam aquarium, taruhlah ikan di dalam ember dan diamkan dahulu.

4. Rutin mengganti air
Untuk mengganti air aquarium, kamu harus memindahkan ikan cupang avatar ke wadah penyimpanan sementara dengan saringan khusus. Bersihkan aquarium dari lendir-lendir dan kotoran yang menempel dengan spons sampai bersih. Bersihkan juga aksesoris dan hiasan aquarium lainnya.

Setelah sudah bersih, isilah aquarium dengan air dan tunggulah hingga air sesuai dengan suhu kamar kemudian masukkan ikan kembali ke aquarium. Penggantian air untuk wadah ikan cupang bisa kamu lakukan setiap hari atau minimal 3 hari sekali. Dengan mengganti air aquarium setiap hari bisa membuat ikan cupang semakin sehat.

Baca Juga  Daftar 10 Jenis Ikan Cupang Termahal

5. Memindahkan ikan cupang dengan hati-hati
Agar ikan cupang tidak cepat mati, maka ketika mengganti air lebih baik dicampur antara air lama dan air yang baru agar ikan cupang lebih mudah beradaptasi. Ketika memindahkan ikan cupang, jangan menggunakan jaring ikan supaya siripnya tidak rusak. Jaring yang kamu gunakan sebaiknya jaring khusus untuk ikan cupang.

 

Harga Dan Tempat Membeli Ikan Cupang Jenis Avatar

Ikan cupang jenis avatar mempunyai beragam jenis yang harganya disesuaikan dengan kualitas dan ukurannya. Ikan cupang avatar memiliki warna yang didominasi oleh warna gelap dengan karakteristik sisik mutiara acak di sekujur tubuhnya. Harga ikan cupang jenis ini relative mahal dan biasanya dipelihara oleh orang-orang yang memiliki budget lebih.

Harga ikan cupang jenis avatar berkisar antara Rp 100.000 – Rp 5 juta. Dengan harga yang relatif mahal dan perawatan yang cukup susah, disarankan bagi pemula agar sangat berhati-hati ketika memelihara ikan cupang jenis avatar. Tentunya dengan memperhatikan cara perawatan yang benar dan tidak sembarangan supaya ikan cupang berkembang dengan baik.

Pembelian ikan cupang jenis avatar bisa kamu lakukan di toko-toko ikan hias yang ada di sekitar kotamu. Kamu harus benar-benar teliti dalam memilih penjual supaya terhindar dari penipuan. Lebih baik hindarilah memesan secara online, lebih baik membeli secara langsung di toko-toko ikan hias.

Kamu bisa sembari bertanya kepada penjual yang kamu percayai tentang bagaimana perawatan ikan cupang jenis avatar ini. Selain itu, kamu juga harus sering baca buku tentang perawatan ikan cupang jenis avatar serta cara mengembangbiakannya jika memang kamu ingin berbisnis ikan cupang ini. Kamu juga bisa membaca artikel tentang hal itu di internet.

Ikan cupang avatar bisa menjadi pilihan apabila kamu ingin memelihara ikan yang berkelas dengan kualitas istimewa. Namun jangan lupa untuk menyiapkan peralatan seta budget yang cukup karena perawatan ikan cupang jenis avatar tidak bisa disamakan dengan ikan cupang jenis lainnya. Dibutuhkan perawatan yang ekstra hati-hati supaya ikan cupang tersebut bisa hidup dengan sehat dan berkembang dengan baik. Kamu harus selalu upgrade tentang cara perawatan apa saja yang harus dilakukan ketika memelihara ikan jenis ini. Pemilihan aquarium hingga peralatan jaring yang digunakan tidak boleh sembarangan sehingga kamu harus benar-benar memahaminya. Jangan lupa juga untuk memperhatikan volume air dan kebersihannya supaya ikan cupang jenis avatar tidak cepat mati.

Previous

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1