Ikan Cupang Nemo Bernilai Jutaan Rupiah namun Banyak Dilirik

Ikan merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak digandungi oleh banyak orang. Banyak sekali jenis ikan yang bisa kamu pelihara karena setiap jenis ikan mempunyai daya tariknya masing-masing. Salah satu ikan yang mempunyai ciri khas serta keindahan tersendiri yang bisa kamu pilih sebagai hewan peliharaan di rumah adalah ikan cupang nemo. Ikan ini menjadi incaran para penggemar ikan karena corak serta warna tubuhnya menarik dan termasuk jarang ada di Indonesia.

Ikan jenis ini baru saja masuk ke Indonesia tahun 2017 yang lalu yang kemudian dibudidayakan dan disebarluaskan. Meskipun harganya tergolong mahal karena bernilai jutaan rupiah, ikan cupang jenis satu ini justru banyak diincar oleh para penggemarnya. Mereka rela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan ikan yang bisa dibilang masih langka di Indonesia.

 

Asal Usul Ikan Cupang Jenis Nemo

Ikan cupang jenis nemo berasal dari negara Thailand. Ikan tersebut merupakan hasil perkawinan silang antara ikan cupang berwarna dasar atau warna primer yang dibudidayakan oleh para pembudidaya ikan cupang di Thailand.

Para pembudidaya ikan cupang bekerja sama untuk melakukan riset tersebut dengan pemerintah Thailand. Ikan jenis ini mulai masuk ke Indonesia melalui para penggemar ikan cupang dalam negeri pada tahun 2017 dan dikembangbiakan serta disebarkan ke pasaran sejak pertengahan tahun 2017 di Indonesia.

Disebut nemo karena ikan cupang jenis ini mempunyai warna serta corak yang menyerupai ikan nemo. Nemo adalah salah satu judul film yang mengisahkan petualangan ikan badut/clownfish. Ikan cupang jenis ini memiliki warna hitam, kuning, merah, dan lain sebagainya. Warna-warna tersebut didapatkan dari hasil perkawinan silang.

Ikan jenis nemo masih sangat langka di Indonesia sehingga indukannya pun masih diambil dari negara asalnya, Thailand. Stok dan kualitas ikan cupang nemo masih meragukan sehingga para pembudidaya lebih memilih untuk mengambil indukan dari Thailand. Hasil budidaya ikan cupang tersebut memiliki beragam varian dari perkawinan selektf yang dilakukan oleh para pembudidaya ikan cupang.

Awalnya, cupang jenis nemo dikenalkan oleh seorang peternak ikan cupang yang berasal dari Thailand bernama Rattapon Patumtong pada tahun 2016. Ikan cupang tersebut dia namakan dengan Aquastar71.

Ikan cupang nemo merupakan ikan jenis marble karena mempunyai gen marble dengan kecenderungan berpindah yang menyebabkan adanya perubahan warna pada ikan cupang tersebut.

Warna cupang jenis ini adalah marble based dimana warnanya adalah marble diwarna dasar. Sehingga perubahan warnanya terjadi diwarna dasar. Semakin dewasa, ikan cupang jenis ini biasanya akan semakin jarang berubah warna.

Baca Juga  Daftar 10 Jenis Ikan Cupang Termahal

 

Ciri-ciri Ikan Cupang Jenis Nemo

Ikan cupang jenis nemo umumnya berwarna hitam, kuning, merah, dan lain sebagainya. Namun, dengan adanya 4 variasi jenis nemo yang ada, maka corak warna serta ciri-cirinya pun berbeda-beda setiap jenisnya. Ikan cupang jenis nemo diberikan nama yang berbeda-beda supaya lebih mudah dikenal oleh para konsumen.

Jenis ikan cupang nemo antara lain :
1. Cupang nemo candy
Corak warna ikan jenis nemo candy mempunyai warna kuning dan merah yang bercampur dengan warna lainnya seperti corak biru, pink, dan ungu di lapisan atasnya sehingga warnanya terlihat seperti warna candy atau permen. Disebut nemo candy karena jenis ini lebih kaya warna dibandingkan jenis lainnya, setidaknya mempunyai 5 warna.

2. Cupang nemo candy emerald
Jenis nemo candy emerald ini mempunyai tambahan sisik metalik acak atau Mutiara di sirip maupun tubuhnya. Para pembudidaya ikan cupang memberikan nama emerald karena terdapat unsur Mutiara yang berkilau pada sisik ikan cupang nemo jenis candy ini. Untuk corak warnanya sama dengan jenis nemo candy namun jenis satu ini berbeda dengan adanya efek mutiaranya yang berkilau.

3. Cupang nemo leopard atau cupang nemo tiger
Jenis cupang nemo ini memiliki bayangan di sekujur tubuh yang terlihat seperti motif leopard atau macan tutul karena dasar tubuhnya berwarna jingga dengan campuran warna kuning serta mempunyai motif berupa titik-titik merah.

4. Cupang nemo galaxy atau cupang nemo emerald
Jenis ini dinamakan nemo galaxy karena adanya sisik-sisik kecil yang iridescent atau mengkilat di sekujur badan serta menyebar ke sirip bagian atas. Pada cupang nemo biasa, sisik galaxy hanya sedikit namun khusus untuk jenis ini, sisik kecil yang mengkilat lebih banyak jumlahnya.

 

Cara Breeding Ikan Cupang Jenis Nemo

Untuk menghasilkan jenis ikan ini, maka cara breedingnya adalah dengan mengawinkan silang antara ikan cupang yang berwarna dasar atau primer dengan warna lainnya. Para peternak yang mengawinkan silang ikan cupang dengan warna-warna tersebut akan mendapatkan hasil perkawinan silang ikan cupang dengan variasi warna yang berbeda-beda.

Untuk indukan ikan cupangnya merupakan indukan asal Thailand karena para peternak lebih percaya dengan kualitas indukan ikan cupang dari asal negaranya. Ikan cupang nemo masih sangat langka di Indonesia sehingga indukannya masih mengambil dari Thailand.

Cara Merawatnya
Untuk perawatannya sendiri, kamu harus memberikan daun kepatang agar ikan cupang tidak terkena penyakit kulit serta jamur. Air aquarium juga sebaiknya dilakukan sekali dalam kurun waktu tiga hari.

Baca Juga  Punya Harga yang Fantastis, Ini Dia Ikan Cupang Blue Rim

Agar ikan cupang jenis nemo tetap sehat, gunakanlah air isis ulang atau air mineral dengan ukuran pH 6,5-7. Setelah memberi pakan, kamu harus membuka sekatnya agar ikan cupang dapat berolahraga selama 15-20 menit.

Apabila kamu mendapati ikan cupang terkena penyakir jamur, kamu hanya cukup memberikan obat tetes biru kemudian menaruhnya di bawah sinar matahari selama 10-15 menit sekitar pukul 07.00-09.00. Dengan melakukannya secara rutin, maka jamur pada ikan cupang akan menghilang dengan sempurna.

Pakan ikan cupang hanya menggunakan pelet. Agar ikan cupang menjadi lebih sehat, kamu bisa memberikan pakan yang lain seperti lalat, kutu air, burayak guppy, jentik nyamuk, cacing darah, cacing sutra, dan lain sebagainya. Namun kamu jangan pernah memberikan makanan yang berlebihan kepada ikan cupang supaya ikan cupang tidak terkena tumor. Untuk pemberian pakan lebih baik satu hari dua kali saja.

Ikan cupang yang sehat akan terlihat dari warna bintik-bintik pada sekujur tubuhnya yang sempurna, kepalanya membentuk peluru tanpa ada cacat atau benjolan, serta ekornya mekar dan berbentuk D seperti busur 180 derajat atau setengah lingkaran.

Meskipun perawatannya cukup mudah, namun kamu perlu hati-hati saat perawatan pertama setelah membelinya. Ketika merawat ikan cupang nemo saat pertama kali membelinya, kamu harus memperhatikan air yang digunakan.

Jangan ganti air dan wadah yang kamu gunakan untuk menaruh ikan cupang jenis nemo saat kamu membelinya. Biarkan saja ikan cupang berada di air dan wadah tersebut hingga bertahan sampai tiga hari. Apabila ikan cupang sudah bisa beradaptasi, kamu bisa menggantinya dengan air dan wadah yang baru.

Ikan cupang sangat kuat dalam situasi apapun seperti oksigen yang minim, air yang sedikit, hingga air yang tenang. Namun sebaiknya kamu tetap memperhatikan kesehatan ikan cupang dengan perawatan yang baik dan sesuai standar.

 

Harga Ikan Cupang Jenis Nemo

Ikan cupang nemo merupakan jenis ikan cupang yang langka di pasaran Indonesia. Jenis ikan cupang ini memiliki indukan yang asalnya dari Thailand dan menghasilnya variasi warna serta corak yang bernilai jual tinggi.

Di Indonesia masih sangat jarang bisa menemukan ikan jenis nemo sehingga para penggemar ikan yang ingin merawat ikan ini harus merogoh kocek hingga jutaan rupiah. Namun para penggemar ikan tidak merasa keberatan dengan harganya yang sangat mahal karena estetika ikan seolah mampu membayar lunas jumlah uang yang telah mereka keluarkan.

Bahkan untuk merawat jenis ikan yang langka seperti nemo ini tidak dibutuhkan perawatan yang sangat rumit seperti ikan cupang jenis avatar. Harga ikan cupang jenis nemo berkisar antara Rp 750.000-Rp 3.000.000 per ekornya.

Baca Juga  Ikan Cupang Avatar, Ikan Peliharaan Berkelas yang Istimewa

Harga tersebut sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan seperti corak serta warnanya yang jarang ditemui di Indonesia. Kelangkaan ikan juga menjadi faktor atas harga yang ditawarkan. Harga yang ditawarkan berbeda-beda per ekornya, dilihat dari ukuran, variasi warna, jenis, serta tingkat atau grade nya.

 

Tempat Membeli Ikan Cupang nemo

Untuk mendapatkan ikan cupang nemo, kamu bisa mencarinya di pasar ikan hias ternama di kota tempat tinggal kamu. Kamu bisa membawa budget sesuai dengan harga pasaran ikan cupang jenis nemo. Para penggemar ikan biasanya membeli ikan cupang jenis ini untuk dipelihara sendiri dan dijadikan hiasan rumah maupun dijual kembali.

Dengan harga yang tinggi, tentunya kamu akan meraup keuntungan ketika memilih untuk menjualnya kembali. Biasanya ikan dengan jenis yang langka akan laku keras meskipun kamu membuka harga yang begitu tinggi. Karena pemburu ikan langka lebih mementingkan keunikan serta estetika ikan yang langka tersebut sehingga semahal apapun tidak akan menjadi masalah.

Ikan cupang jenis nemo merupakan salah satu jenis ikan cupang yang paling banyak diminati dan diburu oleh para penggemar ikan. Selain karena coraknya yang langka serta warnanya yang menarik, ikan cupang jenis ini sangat mudah untuk dijual kembali karena banyaknya pemburu ikan langka.

Pemburu ikan biasanya berasal dari kalangan artis atau pejabat yang tidak merasa kesulitan untuk mengeluarkan kocek hingga jutaan rupiah hanya demi memiliki seekor ikan. Dengan corak dan warnanya yang unik, ikan cupang ini mampu menghipnotis pemiliknya untuk selalu memperhatikan setiap gerak-geriknya saat berenang di air.

Bagi sebagian orang, memperhatikan gerak-gerik ikan yang sedang berenang mampu memberikan ketenangan jiwa dan seolah menghilangkan kepenatan yang dirasakan. Terutama jika memperhatikan gerak-geriknya yang begitu unik corak serta warnanya, seakan membuat pemiliknya tidak ingin belanja dari tempatnya hanya untuk memandangi keindahan ikan cupang yang bernilai jutaan rupiah itu.

Cara merawat ikan cupang nemo hanya membutuhkan wadah yang tidak terlalu besar, yang penting penggantian airnya disesuaikan dengan cara perawatan yang benar agar ikan cupang dapat terus hidup sehat dan terhindar dari penyakit. Dengan perawatan yang benar dan sesuai prosedur, kamu bisa menjualnya lagi kepada orang lain yang menginginkan ikan jenis langka dengan membuka harga yang lumayan tinggi. Sehingga keuntungan yang kamu dapatkan juga bisa lebih besar daripada saat kamu membelinya pertama kali.

Previous

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1