Punya Harga yang Fantastis, Ini Dia Ikan Cupang Blue Rim

Hewan air tersebut memang belakangan ini banyak menarik perhatian orang orang. Pasalnya, jenis ikan tersebut mempunyai harga yang terbilang fantastis untuk bentuk dan ukurannya yang hanya seperti itu. Animo masyarakat tentang binatang air itu memang sangat tinggi, mulai dari anak-anak hingga orang yang sudah berusia lebih dari 17 tahun sangat berminat untuk memeliharanya. Dengan corak dan warnanya yang begitu indah, ikan cupang blue rim akan membuat siapapun terkesan dan mendorong kamu untuk membeli setidaknya satu ekor untuk menjadi hiasan di rumah sendiri.

Meningkatnya animo masyarakat terkait ini memang tak lepas dari pengaruh media. Bahkan dari kalangan selebritis pun ikut meramaikan berita tentang cupang. Instagram, facebook dan youtube menjadi sasaran bagi persebaran konten terkait ini.

 

Asal Usul Ikan Cupang Blue Rim

Salah satu jenis cupang yang begitu digemari oleh banyak masyarakat ini tidak terlahir begitu saja. Ikan cupang blue rim adalah produk dari rekayasa biologi yang dilakukan oleh manusia. Untuk mendapatkannya maka diperlukan beberapa indukan yang merupakan jenis lain dari ikan mungil pemikat hati manusia itu. Seperti namanya, blue rim tersebut mempunyai corak biru yang mengkilat. Keindahan tersebut merupakan hasil dari para indukannya yang mewariskan gen-gen tertentu.

Hewan kecil yang dapat membuat kamu terpana ini adalah hasil dari perpaduan cupang yang mempunyai warna biru dan juga jenis solid dengan corak putih di seluruh bagian tubuhnya. Meskipun pada awalnya perpaduan tersebut menemui banyak kegagalan, namun setelah berhasil itu bisa menghasilkan lebih dari satu varian baru yang indah. Varian lain yang dihasilkan darinya yaitu cupang bercorak titik-titik indah yang berada pada sekujur tubuhnya.

Untuk menghasilkan jenis ini tidak mudah jika dimulai dari perkawinan tersebut. Hal tersebut karena dari sekian ratus telur yang bisa saja dihasilkan, hanya kurang dari dua persen saja yang nantinya akan berhasil. Tentunya, ini merupakan hasil dari beberapa percobaan yang sudah dilakukan ya. Itulah sebabnya, banyak yang mencoba membudidayakan dari anakannya saja dan nantinya akan dibesarkan dan dikawinkan. Namun, sekarang ini jarang ada toko yang menjual jenis cupang yang cukup langka tersebut. Ini juga penyebab dari mahalnya harga di pasaran.

 

Ciri-Ciri Ikan Cupang Blue Rim

• Bentuk tubuh
Tidak jauh berbeda dari berbagai jenis yang begitu populer di jagad nusantara ini, cupang ini juga mempunyai bentuk tubuh yang kecil dan menggemaskan. Jika benar benar diukur dengan alat pengukur, rata rata panjangnya yakni berkisar pada angka lima hingga enak sentimeter. Akan tetapi ini juga pastinya sesuai dengan perkembangannya. Jika masih anakan kecil, tentu jangan berharap bisa mencapai ukuran seperti itu. Pastinya lebih kecil, sekitar kurang dari tiga sentimeter.

Baca Juga  Daftar 10 Jenis Ikan Cupang Termahal

Sejalan dengan pertumbuhannya, binatang dengan nilai ekonomi yang cukup menjanjikan tersebut akan bertambah menjadi kira kira empat sentimeter. Hal yang menarik adalah, ukurannya akan tetap dan menjadi permanen jika sudah menginjak usia setengah tahun. Inilah sebabnya ikan tersebut memang tidak akan pernah mempunyai ukuran yang lebih dari beberapa anakan ikan lainnya. Kamu juga dapat meletakkannya di berbagai wadah kecil sehingga tidak memakan banyak ruang.

• Masa hidup
Ikan cupang blue rim bisa hidup hingga mencapai umur beberapa tahun. Dengan usianya tersebut, tidak perlu risau untuk memeliharanya karena tidak akan berakhir pada jangka yang pendek saja. Umur maksimal yang bisa dilalui oleh cupang blue rim tersebut selama ini yaitu kurang lebih enam warsa. Namun kembali lagi, itu semua tidak dapat dipastikan. Karena bagaimana merawat dan juga pemberian pakan merupakan kunci dari lamanya berada di dunia ini.

• Warna tubuh
Warna merupakan tolok ukur dari beragam jenis cupang yang hidup di dunia. Varian warna dari jenis ini sendiri sama seperti sebutannya. Ya, unsur menonjolnya yaitu terdapat kombinasi warna biru yang unik sehingga tidak sedikit orang yang kagum akan hal itu. Kamu pun akan ternganga karena perpaduan dari warna tubuhnya

Seluruh tubuhnya didominasi oleh warna putih yang akan mengkilat jika terkena oleh pantulan cahaya. Mulai dari kepala hingga ekornya memang paling banyak memiliki warna tersebut. Sedangkan warna biru sendiri dapat dilihat pada bagian siripnya. Area pucuk dari ekornya pun juga berwarna demikian. Sirip melebar hingga ke depan tubuhnya juga memiliki warna langit menyegarkan itu. Varian lain yang bisa ditemukan yakni goresan biru pada ujung sirip dan ekor sehingga seolah membentuk huruf “C”.

 

Cara Melakukan Breeding Ikan Cupang Blue Rim

Dalam budidaya ikan, proses memijah ikan hingga akhirnya dapat menghasilkan telur yang dapat berkembang menjadi individu baru merupakan sesuatu yang wajib dikuasai. Breeding ikan cupang blue rim tidak jauh berbeda dari ikan ikan jenis yang lainnya. Dalam proses ini, memerlukan beberapa tempat sebagai awal indukan memiliki kontak satu sama lain.

Proses sperma dari sang jantan membuahi telur dari betina harus melewati beberapa syarat. Untuk menjadi calon ibu dari individu ikan yang baru, harus setidaknya telah memiliki ukuran yang cukup. Itu dapat dilihat dari perutnya yang sudah besar dan juga tubuhnya relatif bulat. Dengan bentuk seperti itu, kemampuan berenangnya relatif lebih lambat dibandingkan calon ayah dari ikan yang akan dihasilkan. Selain itu, pejantannya harus memiliki tubuh yang memanjang dan usia yang sedikit lebih tua.

Baca Juga  Ikan Cupang Nemo Bernilai Jutaan Rupiah namun Banyak Dilirik

Perlu disiapkan tiga tempat sebelum akhirnya kedua ikan melakukan pemijahan. Satu wadah diperuntukan untuk mereka melakukan perkawinan, dan masing-masing lainnya ditempatkan pada wadah yang terpisah. Dua ikan itu memang harus dipisahkan, dan perlahan lahan didekatkan tempat mereka hidup dan menunggu bagaimana kontak mereka satu dengan lain.

Jika sudah dianggap siap untuk melakukan pemijahan, maka yang ditempatkan pada wadah khusus pertama kali adalah sang jantan. Tunggu saja sekitar seharian penuh. keesokan harinya, jika terdapat beberapa buih, itulah saat yang tepat untuk meletakkan calon ibu ikan cupang. Wadah tersebut tidak boleh terlihat jelas oleh sebab itu perlu sesuatu untuk melindunginya dari pandangan luar.

Itu karena hewan tersebut tidak suka jika dilihat saat melakukan pembuahan. Kalau sudah usai, maka telur akan nampak ada di bawah wadah itu. Cepat cepat saja keluarkan sang betina agar tidak menyantap telur itu. Pejantan akan memproteksi calon anak-anaknya dengan buihnya. Telur akan berkembang dan berkembang.

Kurang lebih lima hari, anakan itu harus diberikan asupan nutrisi. Pada masa ini, konsumsi yang bisa diberikan adalah sejenis tungau yang hidup di air. Pada umur kurang dari dua bulan, sudah mempunyai anggota tubuh yang lengkap dan nantinya dikategorikan mana yang jantan dan juga betina sehingga selanjutnya rotasi prosesnya bisa dilakukan.

 

Merawat Ikan Cupang Blue Rim

Tidak terlalu sulit untuk menjaga agar ikan ikan tersebut berkembang dan nantinya dapat dijual ataupun menjadi penghias rumah. Ikan cupang blue rim tidak membutuhkan sebuah aquarium yang mempunyai berbagai alat pendukung baik pemompa udara ataupun lampu penerang dan lain sebagainya. Setidaknya ada dua cara untuk mengembangkan secara mandiri salah satu binatang air tersebut. Berikut diantaranya:

• Perawatan maksimal
Jika ingin ikan yang dirawat mampu bertumbuh menjadi indah dan bertambah nilainya, maka pemberian pakan harus lebih rutin lagi. Jenis konsumsinya pun juga tidak sembarangan. Beberapa bahan yang tidak terlalu mudah untuk didapatkan seperti cacing darah, tungau air, dan lain sebagainya harus diberikan. Makanan tersebut sangat berguna untuk pertumbuhan ikan sehingga mampu menghasilkan gen yang membuatnya memiliki tubuh dan juga warna yang menyenangkan hati.

Air yang terkandung di dalam akuarium juga perlu diganti secara berkala. Ketika memperbaruinya, ikan perlu dipindah secara perlahan dan hati hati agar tidak mengalami stres. Waktu untuk memperbaruinya harus dilakukan setidak-tidaknya dua kali dalam satu pekan. Hal yang cukup ekstrem untuk dilakukan yakni dengan menjumpakannya dengan ikan berbeda pada tempat yang lainnya.

• Perawatan mudah
Dalam hal ini hanya yang berbeda yaitu makanan yang akan diberikan. Untuk melakukannya, hanya perlu pelet ikan saja seperti pada umumnya yang bisa dibeli di toko manapun. Selain itu, berbagai jenis cacing cacingan juga bisa diberikan pada ikan cupang blue rim agar menambah nutrisi tambahan seperti protein dan karbohidrat baginya. Air juga harus ditukar dengan yang baru selama setidaknya dua kali dalam satu minggu.

Baca Juga  Ikan Cupang Avatar, Ikan Peliharaan Berkelas yang Istimewa

Secara umum, untuk menghindari terjadinya “adu” yang tidak diharapkan, maka setiap wadah tempat ikan cupang tersebut hidup perlu diberikan sekat agar tidak nampak satu sama lain. Ikan ini memang terkenal sebagai ikan adu karena kebiasaannya yang sering melawan sejenisnya jika berjumpa. Baik merawat untuk mendapatkan hasil maksimal ataupun hanya secara mudah, hewan kecil itu perlu diberikan cahaya matahari. Hal itu bisa memicu pembentukan warna yang mempesona.

Santapan yang dimakan oleh ikan juga bisa memicu terbentuknya warna yang lebih indah. Jentik yang merupakan anakan nyamuk bisa menjadi santapan penuh gizi bagi binatang air itu. Siapa sangka jika jentik yang seringkali menimbulkan beragam masalah bisa menjadi solusi jitu agar ikan hias ini memiliki warna yang memikat. Selain itu, bahan makanan itu juga mampu untuk merangsang nafsu seksual dari ikan sehingga dapat lebih sering menghasilkan individu yang baru.

Selain itu, untuk memperbesar bentuk ikan bisa melakukan pemberian cacing darah dan juga cacing sutera. Namun, itu biasanya mulai di bagian jika sudah mencapai umur lebih dari dua bulan. Pada masa awalnya, juga harus dipadukan dengan jentik nyamuk dan juga tuma air. Perlu pengecekan rutin mengenai kondisi air dan juga penampakan ikan apakah sehat atau sakit.

 

Tempat Pembelian dan Harga yang Ditawarkan

Untuk mendapatkan salah satu ikan hias yang digilai oleh beberapa kalangan masyarakat tersebut tidaklah terlalu sulit. Kamu bisa mendapatkannya hanya dari rumah saja. Tentunya menggunakan beberapa platform toko daring yang tersedia ya. Beberapa website jual beli memang menawarkannya. Harga yang dibanderol pun mulai dari beberapa puluh ribu untuk anakannya.

Sedangkan untuk dewasanya bisa mencapai Rp 200.000. Namun, tentunya itu semua tergantung dari kondisi dan juga jenis ikan cupang blue rim yang dipilih. Bahkan, ada yang membandrolnya hingga puluhan juta karena memang mempunyai ciri yang unik. Selain melalui toko daring, ikan tersebut juga bisa dibeli di beberapa toko ikan yang ada di seluruh kota di Indonesia.

Melestarikan ikan memang menjadi suatu hobi tersendiri bagi sebagian kalangan masyarakat. Melihat dan menikmati bagaimana mereka bergerak dan bahkan beradu satu sama lain juga bisa membuat suatu hiburan tersendiri. Ikan cupang blue rim dengan segala pesonanya mampu menjadi salah satu diantara hewan air tersebut dan bahkan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1