Gambar dari m.monitorday.com

Ingin Sukses dan Bahagia? Lakukan 4 Hal Ini

Diposting pada
1
Gambar dari m.monitorday.com

Ingin Sukses dan Bahagia? Lakukan 4 hal ini.

Kesuksesan dan kebahagiaan menjadi impian setiap manusia dalam hidupnya. Sukses dan bahagianya pun dalam segala aspek kehidupan dan tentu saja setiap orang memiliki ukuran sukses dan bahagia yang berbeda-beda. Namun sesukses apapun Anda dalam kehidupan niscaya Anda tak akan pernah bahagia tanpa 4 hal ini. Yakin dan percayalah jika ingin sukses dan bahagia lakukan 4 hal ini dalam kehidupan Anda.

Bersihkan Hati

Kunci dari kebahagiaan hidup adalah kebersihan hati. Jangan penuhi hati Anda dengan penyakit-penyakit yang menyiksa diri sendiri. Hati yang bersih niscaya menjadi cermin diri yang sempurna yang bisa Anda gunakan untuk melihat diri Anda hakikinya seperti apa. Ketika hati Anda kotor maka cermin diri Anda menjadi berbayang dan tak utuh terlihat. Hal itu terkadang yang membuat seseorang menganggap diri selalu benar, sombong, dan tak pernah menghargai orang lain.

Bagaimana bila terlanjur hati menjadi kotor? Bersihkan!. Bagaimana membersihkannya? Bersujudlah! Ya, salah satu cara efektif membersihkan hati adalah bersujud mencium bumi. Rendahkan hati dan diri Anda dihadapan-Nya. Rasakan bahwa Anda bukanlah apa-apa, bukanlah siapa-siapa, hanya seorang hamba. Mudah-mudahan dengan merasakan sujud dalam sholat, Anda bisa belajar menjadi rendah hati, santun dan tidak sombong. Untuk itu bersihkan hati Anda untuk meraih kebahagiaan dalam hidup Anda.

Bersedekah juga bisa menjadi jalan untuk membersihkan hati Anda, apalagi penerima sedekah Anda memang benar-benar mereka yang membutuhkan. Pernah melihat bapak tua istirahat karena lelah mengayuh sepeda butut di bawah sebuah pohon di seberang warung makan atau penjual minuman pada jam 2 siang? Ya, ia membutuhkan pertolongan karena kemungkinan besar ia belum makan dan kehausan tetapi tidak memiliki uang untuk membeli makanan. Belikan Ia makanan dan minuman dan berikan padanya kemudian bersegera pergi agar hanya Anda, ia dan tuhan yang tahu. Nikmati momen-momen bersedekah Anda dan proses pembersihan hati Anda niscaya sedang berlangsung.

Berbuat Baik Kepada Diri Sendiri

Selain mulai membersihkan hati, Anda juga harus mulai belajar berbuat baik kepada diri sendiri. Lakukan hal-hal yang membuat diri Anda fresh. Cukur rambut biar rapih, cukur kumis, perawatan wajah dan lain-lain yang memanjakan diri Anda. Ubah kebiasaan buruk Anda, seperti merokok atau kebiasaan buruk lainnya. Merokok hanya merusak diri Anda, membuat Anda tak tenang dan tak nyaman, selalu merasa ingin merokok, tidak bisa lepas dari rokok dan menganggap rokok sebagai sarana mempermudah pergaulan. Bohong! Coba bayangkan jika Anda berhenti merokok, berapa banyak uang yang tidak jadi Anda bakar, berapa banyak racun yang tidak jadi masuk ke dalam tubuh Anda, dan Anda akan menikmati sisa umur dengan nafas yang lebih segar, bebas asap rokok.

Mulailah berbuat baik kepada diri Anda sendiri!

Anda juga harus membiasakan berfikir positif, buang jauh-jauh perasaan menyalahkan diri sendiri, menyalahkan keadaan, menyalahkan orang lain, beralasan dan self talk negatif lainnya yang akan semakin merusak diri Anda. Terima keadaan diri dengan ikhlas dan bersyukur dan dengan sebuah keyakinan bahwa ke depan akan jauh lebih baik dengan doa serta ikhtiar dan usaha. Sayangilah diri Anda dengan keadaan saat ini. Penerimaan kita akan diri kita akan membuka jalan hidup kita, berhentilah memusuhi orang lain yang seolah-olah menjegal kita, iri pada kita dan seakan-akan ketidakberhasilan kita adalah karena orang lain.

Sadarilah kawan!

Kesuksesan dan kegagalan kita adalah karena kita, bukan orang lain. Mulailah hidup membangun mimpi kita, lebihkan apa yang kita miliki hari ini dan bukannya melebihi apa yang dimiliki orang lain.

Berbuat Baik Kepada Ibu dan Bapak

Ingat lagu Keramat Rhoma Irama? Ya, tiada keramat di dunia selain doa ibumu jua, ridho ilahi karena ridhonya dan murka ilahi karena murkanya. Untuk itu hormatilah ibumu yang melahirkan dan membesarkanmu.

Selain ibu tentunya ada sosok Bapak dalam hidup kita, yang merelakan menghabiskan hari-harinya membanting tulang memeras keringat untuk menghidupi keluarganya, membesarkan kita demi melihat hidup kita lebih baik dari hidupnya.

Berbuat baiklah kepada mereka berdua, yang dengan keringat dan air mata membesarkan kita, yang kasih sayangnya tidak ada batasnya. Bahagiakan mereka, dan jadikan kita sebagai seorang anak yang mereka banggakan dan nikmatilah keberkahan, kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup kita.

Berbuat Baik Kepada Sesama

Hiasilah hidup ini dengan berbuat baik kepada sesama. Apa yang bisa kita bantu untuk orang lain maka bantulah. Jadilah manusia yang dirindukan kehadirannya oleh orang lain. Permudahlah urusan orang lain niscaya Allah akan mempermudah urusan kita.

Indahnya hidup ini jika kita tak ada sedikitpun buruk sangka pada sesama. Jadikan orang-orang sekitar kita sebagai ladang hikmah bagi kita, lihat dan rasakan. Perlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan. Tebarlah senyum dengan siapa saja dan yakinlah rasa bahagia akan datang jika kita melihat orang lain seperti layaknya saudara kita. Tak ada iri, tak ada dengki dan tak ada permusuhan. Semakin banyak kita menjalin silaturahmi dengan sesama maka semakin banyak pintu-pintu rejeki yang akan terbuka untuk kita.

 

Demikian 4 hal yang harus kita lakukan untuk menjadi bahagia dan sukses. Lakukan 4 hal di ini dan nikmatilah perubahan besar dalam hidup kita, apapun kondisi kita hari ini maka rasa syukur itu tetap akan datang, bahagia itu akan menghampiri dan sukses itu akan Anda capai saat ini juga. Percayalah!

One thought on “Ingin Sukses dan Bahagia? Lakukan 4 Hal Ini

  1. 427663 913300wonderful issues altogether, you basically gained a new reader. What could you recommend about your post which you produced some days inside the past? Any positive? 923561

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *