Makalah Pancasila Sebagai Dasar Negara

Makalah pancasila sebagai dasar Negara sangat diperlukan oleh mahasiswa ataupun pelajar. Mereka banyak sekali yang mencari makalah berkaitan dengan tema tersebut. Tema makalah tersebut sebenarnya begitu umum dan mudah sekali untuk dibahas. Akan tetapi, banyak yang merasa kesulitan ketika diberikan tugas oleh dosen atau gurunya mengenai makalah itu. Sekarang anda tidak harus khawatir dengan kesulitan yang dialami. Kalau anda ingin mencari, sebenarnya ada banyak contoh makalah yang membahas mengenai pancasilah.

Di lingkup SMP atau lebih banyak di SMA pelajaran PKn selalu membahas mengenai pancasila sebagai dasar Negara. Sedangkan di lingkup perkuliahan ada jurusan PKn bahkan jurusan umum seharunya juga mempelajari mengenai pancasila. Agar anda bisa mendapatkan referensi, anda bisa melihat contohnya dengan memanfaatkan media internet. Bila anda tahu, bahwa di internet melalui laman google ada banyak sekali concoh makalah dengan tema tersebut.

Pada kesempatan kali ini akan diberikan gambaran mengenai isi dari makalah pancasila sebagai dasar Negara. Ingat bahwa ini hanyalah sebagai gambaran mengenai makalah. Lebih baik anda jadikan sebagai referensi atau panduan dalam menyusun makalah. Jangan pernah melakukan copy paste. Tetapi yang anda lakukan ialah membuat makalah pancasila dengan merujuk beberapa poin di dalam isis makalah yang terdapat di internet. Berikut ini adalah gambaran mengenai isi makalah pancasila sebagai dasar Negara.

 

Makalah Pancasila Sebagai Dasar Negara

  • BAB I Pendahuluan

Bab ini berisikan mengenai latar belakang penyusunan makalah pancasila. Kalau berkaitan dengan sebagai dasar Negara maka anda harus memaparkan pancasila secara umum dan penetapannya sebagai dasar Negara. Kemudian ada rumusan masalah, apa saja yang akan dibahas dalam mekalah pancasila ini. Terkahir anda jangan lupa untuk memberikan tujuan dari pembuatan makalah. Biasanya ini merujuk pada rumusan masalah yang anda buat.

  • BAB II Pembahasan
Baca Juga  Makalah Sumber Daya Alam dan Cara Membuatnya

Di dalam pembahasan, nanti anda bisa memberikan beberapa poin agar lebih mudah dalam menyusun makalah tersebut. Supaya anda mendapatkan gambaran poin-poinnya. Pertama kali anda harus menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu pancasila. Bagaimana pancasila lagir dan apa pengertian dari pancasila itu sendiri. Poin yang kedua ialah fungsi dari pancasila. Secara fungsi bisa dibagi menjadi dua fungsi yakni umum dan pokok. Jelaskan kedua fungsi tersebut secara rinci pada poin pembahasan ini. Usai itu dibahas, selanjutnya mengenai kedudukan pancasila sebagai dasar Negara. Inilah bagian yang paling penting dalam makalah ini. Jelaskan kenapa kemudian pancasila dijadikan sebagai dasar Negara indonesia, serta penetapan mengenai keputusan tersebut. Sebagai tambahan, anda bisa menjelaskan isi yang terkandung dalam pancasila. Makna apa yang ada dalam setiap sila di dalam pancasila. Makna tersebut menjadi alasan kenapa pancasila merupakan dasar Negara.

  • BAB III penutup.

Sedangkan bab terakhir ini sudah jelas yakni penutup. Mungkin sebagian besar anda sudah mengetahui bagian penutup isinya seperti apa. Di mana ada kesimpulan yang tidak boleh dilupakan. Kesimpulan atau rangkuman singkat atas keseluruhan isi di dalam makalah.

  • Daftar Pustaka

Sedangkan di halaman akhirnya jangan melupakan daftar pustaka. Sumber referensi dari makalah yang telah anda buat.

Demikianlah tadi gambaran singkat mengenai makalah pancasila sebagai dasar Negara. Sebenarnya sangat mudah untuk membuatnya. Apalagi sekarang anda bisa menemukan sumber makalah dengan cepat dan gampang. Di dalam pembuatan makalah, sumber adalah sebuah rujukan yang paling utama. Kualitas makalah bisa dilihat dari kualitas sumber makalah yang dibuat.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1