Makalah Sistem Informasi Manajemen dan Bagaimana Penyusunannya

Salah satu jenis makalah yang paling banyak dibutuhkan oleh seorang mahasiswa ekonomi adalah makalah sistem informasi manajemen. Hal ini dikarenakan sistem informasi manajemen termasuk dalam salah satu mata kuliah yang harus dikuasai oleh mahasiswa ekonomi. Sehingga dalam pembuatannya pun harus dikaitkan dengan sumber-sumber yang valid. Selain itu, bila memang menggunakan internet sebagai bahan dasar pembuatan makalah ini, maka alangkah baiknya bila mempergunakan website terpercaya dan bukan sembarang sumber saja.

Dalam pembuatannya pun terkadang para mahasiswa masih bingung dalam menentukan sistem penyusunannya. Sama seperti makalah lain, makalah sistem informasi manajemen pun bisa dibuat dengan menggunakan beberapa bab dan subbab. Memang terkadang setiap universitas masing-masing memiliki panduan dalam membuat makalah. Namun secara umum memiliki struktur yang sama. Bab yang biasanya ada di dalam makalah seperti ini adalah:

 

Makalah Sistem Informasi Manajemen dengan Rincian Bab per Bab

Kecenderungan yang berbeda dalam membuat makalah di masing-masing universitas menuntut mahasiswa harus jeli. Tidak hanya main contoh tetapi harus dikembalikan pada panduan yang dimiliki. Biasanya pembahasan makalah sistem informasi manajemen jika dirinci bab per bab maka seperti di bawah ini:

  1. Bab 1

Bab 1 biasanya berisi landasan seorang penulis makalah dalam menyusun makalah tersebut. Bab 1 terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat makalah tersebut bagi beberapa pihak. Latar belakang diisi dengan penjelasan apa yang membuat penulis tertarik untuk membuat makalah tersebut, dan akan lebih baik lagi bila di awal latar belakang ini dituliskan sumber-sumber dasar yang membuat penulis tertarik dengan topik tersebut, dan tentunya sumbernya harus jelas serta dicantumkan di daftar pustaka yang digunakan. kedua adalah rumusan masalah yang berisi dengan masalah yang dihadapi atau apa yang ingin diketahui, sehingga tujuan yang dicantumkan pun merupakan penjawab dari rumusan masalah tersebut. Hingga manfaatnya pun harus dicantumkan dengan jelas dan rasional, akan lebih baik lagi bila dikategorikan berdasarkan penerima manfaatnya.

  1. Bab 2
Baca Juga  Contoh Landasan Teori Makalah

Bab 2 akan diisi dengan landasan teori atau tinjauan pustaka yang digunakan. Landasan teori ini merupakan sumber yang digunakan sebagai dasar untuk pemikiran, dan di dalam landasan teori inilah semua perihal yang akan dibahas di dalam makalah harus dikupas dengan tuntas. Poin penting lainnya yaitu dengan jeli memperhatikan sumber yang digunakan berikut dengan tata cara penulisan sumbernya, dan jangan lupa pula untuk mencantumkannya di daftar pustaka.

  1. Bab 3

Bab 3 merupakan bab yang diisi dengan pembahasan. Pembahasan ini harus benar-benar dilandaskan pada teori yang digunakan, serta melibatkan pemikiran rasional yang mudah diterima dan bisa dipertanggungjawabkan. Pembahasan adalah jembatan antara tujuan yang ingin dicapai dengan kesimpulan akhir yang diperoleh. Jika tujuan tercapai pada kesimpulan maka pembahasan harus bisa mengantarkan pembaca mengikuti alur pikir yang dibuat oleh penulis.

 

Makalah Sistem Informasi Manajemen dengan Penggunaan 3 atau 4 Bab

  1. Bab 4

Bab 4 bisa dijadikan sebagai bab akhir atau penutup dari pembuatan makalah, dan bab ini berisi tentang hasil, kesimpulan, dan saran. Hasil merupakan ujung dari pemikiran, uji coba, dan uji teori yang dikolaborasikan menjadi satu. Sedangkan kesimpulan merupakan rangkuman dari apa yang didapatkan dari proses penulisan makalah tersebut. Hal yang kerap dilewatkan oleh para mahasiswa dalam membuat kesimpulan adalah keterkaitan kesimpulan dengan tujuan makalah yang ada di bab pertama. Pastikan bahwa kesimpulan merupakan bagian yang menjawab tujuan, sehingga kesimpulan pun akan digunakan sebagai tolak ukur tercapai atau tidaknya tujuan makalah yang sudah dituliskan di bagian awal makalah. Sehingga tidak masalah bila kesimpulan yang dituliskan menggunakan gaya poin-poin dengan jumlah poin yang sama pada tujuan yang ada.

Jika penulis hanya ingin menggunakan makalah dengan 3 bab, maka di bab 2 berisi landasan teori sekaligus pembahasan masalah. Bisa saja menggunakan poin-poin sub bab agar memperjelas pembahasan. Sedangkan di Bab 3 berisi kesimpulan dan saran.

Baca Juga  Makalah Pola Hidup Sehat dan Cara Penyusunannya

Biasanya makalah mahasiswa menggunakan 4 bab dan makalah SMA atau dibawahnya menggunakan 3 bab. Tetapi adakalanya universitas juga menerapkan 3 bab sesuai dengan panduan masing-masing tetapi tidak meninggalkan kaidah ilmiah agar hasilnya pun dapat dipertanggungjawabkan.

Itulah beberapa poin dan landasan penting yang harus diperhatikan oleh mahasiswa ekonomi dalam pembuatan makalah sistem informasi manajemen. Tentunya diperlukan teori dari ahli manajemen yang sudah dipatenkan dalam pemilihan teori, sehingga makalah pun akan memiliki kredibilitas yang tinggi dan bisa dipertanggungjawabkan dengan baik dan benar.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1