Makalah Tentang Sepak Bola dan Hal-hal yang Perlu Dibahas Didalamnya

Makalah merupakan salah satu karya tulis ilmiah yang tidak bisa dihindari oleh semua peserta didik, baik siswa maupun mahasiswa. Pembuatan makalah seringkali menjadi tugas-tugas dari guru di sekolah maupun dosen di perguruan tinggi. Secara umum, makalah adalah suatu bentuk kecil dari karya ilmiah, namun dalam penyusunannya harus tetap memperhatikan elemen-elemen karya ilmiah itu sendiri. Salah satu bidang yang sering menjadi bahan pembuatan makalah adalah bidang olahraga. Biasanya tugas membuat makalah olahraga ini dibebankan pada mata pelajaran atau mata kuliah tentang olahraga, seperti makalah tentang sepak bola.

Dalam penyusunan makalah sepak bola, seringkali hanya membahas mengenai hal-hal mendasar tentang sepak bola. Padahal masih terdapat banyak hal yang bisa dibahas dalam makalah sepak bola, sehingga dapat memperkaya isi makalah tersebut. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa dibahas dalam penyusunan makalah tentang sepak bola.

 

Makalah tentang Sepak Bola Lengkap

  1. Sejarah sepak bola. Pada poin ini bisa berisi tentang sejarah terbentuknya sepak bola di tingkat dunia, maupun sejarah masuknya sepak bola di Indonesia. Jelaskan juga mengenai tokoh-tokoh yang berperan dalam terbentuknya sejarah tersebut. Hal ini akan menambah pengetahuan mengenai sejarah sepak bola yang belum banyak diketahui orang-orang.
  2. Pengertian dan peraturan resmi sepak bola. Poin ini berisi pengertian sepak bola yang bisa dikutip dari berbagai sumber dan peraturan resmi sepak bola. Hal ini sangat penting untuk dicantumkan dalam makalah sepak bola karena banyak orang yang hanya bisa bermain sepak bola secara praktik tanpa mengetahui peraturan resmi yang sebenarnya. Penjabaran mengenai pelanggaran juga perlu dibahas dalam poin ini.
  3. Teknik dasar permainan sepak bola. Teknik-teknik dalam sepak bola ada banyak dengan bermacam-macam kegunaannya. Dengan mencantumkan hal ini dalam makalah sepak bola, diharapkan dapat menambah pengetahuan teknik-teknik yang bisa diaplikasikan dalam praktik bermain sepak bola.
  4. Taktik permainan sepak bola. Dalam bermain sepak bola, dibutuhkan taktik khusus yang bisa membantu para pemain untuk mencetak gol. Dalam poin ini, bahaslah mengenai taktik permainan yang sering digunakan klub-klub sepak bola populer.
Baca Juga  Makalah Hak dan Kewajiban Warga Negara

 

Pembahasan Mengenai Wasit dan Fasilitas Sepak Bola

  1. Sepak bola tak bisa terlepas dari wasit yang memiliki wewenang mengatur jalannya pertandingan. Dalam bermain sepak bola, pengetahuan tentang wasit dan tanda-tanda yang diberikan merupakan hal yang perlu dipahami, sehingga menjadi poin penting dalam makalah sepak bola.
  2. Fasilitas dan perlengkapan pendukung permainan sepak bola. Para pemain sepak bola harus mengetahui fasilitas-fasilitas sepak bola seperti lapangan, tanda batas, daerah gawang, dan sebagainya untuk dapat bermain dengan benar. Selain itu, perlengkapan pendukung juga menjadi hal penting demi kenyamanan para pemain, bahkan keselamatan mereka dalam bermain. Contohnya yaitu sepatu dan kaos kaki khusus sepak bola, pelindung tulang kering, kaos tangan, dan sebagainya.

Demikian artikel mengenai makalah tentang sepak bola beserta hal-hal yang bisa dibahas di dalam makalah tersebut. Dengan penyusunan makalah yang mengandung poin-poin penting yang sudah dibahas di atas, diharapkan siswa maupun mahasiswa yang mendapat tugas membuat makalah sepak bola tidak merasa kebingungan untuk mencari bahan isi makalah dan tidak membuat makalah dengan isi yang mendasar saja mengenai sepak bola. Selain itu, makalah yang berisi poin-poin di atas juga bisa bermanfaat bagi penulis sendiri, bahkan para pemain sepak bola yang membaca makalah tersebut sebagai tambahan pengetahuan sehingga dapat bermain sepak bola dengan baik dan benar.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1