5 Cara Mengatasi Smartphone Yang Tidak Bisa Dicas

5 Cara Mengatasi Smartphone Yang Tidak Bisa Dicas – Seperti yang bisa Anda lihat bahwa saat ini sebagian besar oramg memang tidak bisa dipisahlan dari smartphone di mana mereka hampir menggunakan smartphone-nya sepanjang hari. Smartphone atau ponsel pintar sendiri memang telah bisa digunakan untuk berbagai macam hal mulai dari fungsi utamanya sebagai alat komunikasi, untuk hiburan, hingga untuk mendukung pekerjaan ataupun bisnis. Fungsinya yang sangat beragam tersebut membuat smartphone menjadi perangkat yang sangat populer.

Perlu Anda ketahui bahwa sama seperti perangkat elektronik lainnya, smartphone juga membutuhkan sumber daya yang bisa membuatnya bekerja yakni baterai. Penggunaan smartphone yang terus menerus tentu saja akan menguras daya baterainya sehingga Anda harus mengecasnya untuk mengisi daya baterainya kembali. Namun terkadang ada beberapa pengguna smartphone yang mengalami masalah tidak bisa mengecas perangkatnya tersebut. Anda tidak perlu panik, karena berikut ini akan kami ulas 5 cara mengatasi smartphone yang tidak bisa dicas.

 

5 Cara Mengatasi Smartphone Yang Tidak Bisa Dicas

  1. Restart Smartphone

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi smartphone yang tidak bisa dicas adalah dengan merestart smartphone, cara yang satu ini sangatlah efektif untuk membersihkan cache yang telah menumpuk di RAM smartphone. Pasalnya perlu Anda ketahui bahwa cache yang menumpuk akan menyebabkan berbagai macam masalah, salah satunya adalah baterai yang tidak bisa dicas.

  1. Kalibrasi Baterai

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi smartphone yang tidak bisa dicas adalah kalibrasi baterai. Cara ini juga terbukti cukup ampuh untuk mengatasi masalah ini, dengan melakukan kalibrasi baterai maka Anda akan menstimulasi baterai smartphone agar kembali seperti pada siklus awalnya, kalibrasi baterai juga bisa digunakan untuk mereset baterai meter smartphone.

  1. Mengecek Adapter charger
Baca Juga  Asus Chromebook Flip C302, Laptop Fleksibel nan Cantik

Untuk mengatasi smartphone yang tidak bisa dicas, maka Anda bisa mengecek adapter charger, biasanya hal ini terjadi jika Anda menggunakan charger yang bukan bawaan smartphone sehingga tidak sesuai dengan baterai smartphone Anda. Jika smartphone masih belum juga bisa dicas setelah Anda menggunakan charger bawaan, maka Anda bisa mengganti adapter charger dengan yang baru.

 

  1. Mengecek Port USB Smartphone

Cara keempat yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi smartphone yang tidak bisa dicas adalah dengan mengecek port USB smartphone. Perlu Anda ketahui bahwa port USB pada smartphone sangat rentan menjadi tempat berkumpulnya debu, terlebih lagi jika port USB tersebut tidak memiliki penutup. Anda bisa membersihkan port USB dari debu dengan menggunakan cotton bud.

  1. Mengecek Sumber Listrik

Jika keempat cara yang sudah disebutkan di atas belum juga mampu mengatasi masalah tersebut, maka Anda bisa mengecek sumber listrik yang Anda gunakan. Pasalnya bisa saja sumber listrik menjadi salah satu penyebab utama mengapa smartphone Anda tidak bisa dicas. Jika sumber listrik ternyata lebih rendah dibandingkan angka yang tertera di adapter maka tentu saja smartphone tidak bisa dicas.

Apabila Anda mengalami masalah smartphone yang tidak bisa dicas, maka Anda bisa mencoba kelima cara yang telah disebutkan di atas.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1