5 Cara Mengecas Power Bank Yang Benar – Power bank merupakan salah satu produk elektronik yang saat ini semakin populer seiring dengan jumlah kepemilikan smartphone yang semakin meningkat. Hal ini dikarenakan power bank sangatlah membantu terutama pada saat smartphone kehabisan baterai, namun Anda tidak bisa menemukan colokan listrik. Power bank memang bisa menjadi sumber listrik yang akan mengisi daya baterai smartphone Anda, terlebih lagi dimensi power bank yang kompak akan memudahkannya untuk dibawa ke mana saja.

Power bank sendiri akan sangat membantu Anda yang sering melakukan traveling jarak jauh. Kepopuleran power bank membuat banyak vendor yang ingin meraup keuntungan dengan memproduksi power bank-nya sendiri. Namun sayangnya kepopuleran power bank tidak diiringi dengan pengetahuan dasar tentang power bank, hal ini menyebabkan masih banyak orang yang belum menggunakan power bank dengan benar, termasuk cara mengecasnya. Oleh karena itu pada kesempatan ini akan kami ulas 5 cara mengecas power bank yang benar.

 

5 Cara Mengecas Power Bank Yang Benar

  1. Mengecek Lampu Indikatornya

Salah satu cara mengecas power bank yang benar adalah dengan mengecek lampu indikatornya, pada umumnya sebagian besar produk power bank memiliki beberapa buah lampu LED yang menjadi indikator terisi atau tidaknya power bank tersebut. Jika lampu indikator di power bank menunjukkan bahwa dayanya sudah terisi penuh, maka Anda harus segera mencabutnya agar tidak mengalami kerusakan.

  1. Gunakan Stop Kontak

Cara kedua untuk mengecas power bank yang benar adalah dengan menggunakan stop kontak. Dengan mengecas power bank menggunakan stop kontak, maka arus listrik yang diterima oleh power bank lebih stabil jika dibandingkan dengan mengecas menggunakan port USB di laptop ataupun komputer, hal ini tentu saja akan membuat usia pemakaian power bank menjadi lebih awet.

  1. Mengecas di Laptop Hanya Saat Mendesak

Masih banyak sekali orang yang mengecas power bank menggunakan laptop ataupun komputer, padahal hal ini tidak boleh Anda lakukan terlalu sering. Pasalnya arus listrik dari laptop ataupun komputer tidak terlalu stabil sehingga tentu saja akan bisa merusak atau memperpendek usia pemakaian power bank, Anda hanya boleh mengecas power bank di laptop pada keadaan yang mendesak.

 

  1. Mengecas di Tempat Yang Aman

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengecas power bank yang benar adalah dengan mengecasnya di tempat yang aman. Yang dimaksud dengan tempat yang aman di sini adalah tempat yang suhunya tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin, sebaiknya Anda mengecas power bank pada suhu kamar. Pasalnya tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin akan merusak power bank.

  1. Memperhatikan Arus Power Bank

Cara kelima yang juga bisa Anda lakukan untuk mengecas power bank yang benar adalah dengan memperhatikan arus power bank, hal yang satu ini masih sering diabaikan  oleh banyak orang. Pada umumnya power bank memiliki konektor output dengan ampere yang berbeda yakni satu ampere dan dua ampere yang mana akan berpengaruh terhadap kecepatan pengisian dayanya.

Masih banyak orang yang belum mengetahui cara mengecas power bank yang benar, padahal hal tersebut sangat penting agar power bank lebih awet.

UA-113975400-1