Affiliate Marketing Dalam Dunia Bisnis Internet

Dunia maya sudah menjadi dunia kedua atau bahkan dunia pertama bagi masing-masing orang untuk hidup. Bahkan dunia bisnis pun berkembang ke arah dimana internet menjadi sebuah keharusan. Model bisnis yang mengandalkan internet adalah Affiliate Marketing. Nama model bisnis tersebut bisa jadi sangat akrab di telinga atau malah sangat asing bagi sebagian besar orang. jika Anda pernah mendengarnya, maka Anda akan tahu bahwa istilah umum untuk bisnis ini adalah bisnis perantara atau yang biasa juga disebut makelar.

 

Bagaimana sebenarnya bisnis perantara ini? Bagi Anda yang berminat atau sekadar ingin mengetahui informasi mengenai model bisnis ini, berikut adalah penjelasan mengenai langkah-langkah yang dicapai seorang pelaku Affiliate Marketing dalam merintis bisnisnya.

 

Affiliate Marketing Mencari barang/jasa yang bisa ditawarkan

Pada dasarnya, pelaku bisnis perantara tidak memproduksi apapun dan tidak menawarkan jasa apapun dari dirinya sendiri. Pelaku bisnis ini mencari produsen, penjual, atau profesi lain yang memerlukan jasa perantara, terutama dalam hal mencari pelanggan secara online. Caranya bisa bermacam-macam, namun biasanya pelaku bisnis memasang iklan atau berbagai keterangan lengkap lain untuk menawarkan produk/jasa yang dipasrahkan kepadanya kepada pengunjung websitenya.

 

Mencari pelanggan

Agar cepat dalam mendapatkan pelanggan, pertama-tama pelaku Affiliate Marketing haruslah websitenya populer terlebih dahulu. Tidak hanya populer, meyakinkan pelanggan bahwa website adalah web yang terpercaya adalah keharusan. Jika tidak, barang apapun yang ditawarkan tidak akan bisa terjual. Setelah mendapat kepercayaan dari pengunjung situs, barulah barang/jasa yang ditawarkan akan menarik minat mereka.

Baca Juga  Cara Membuat Akun Paypal dan Bagaimana Sistem Kerjanya?

 

Mengambil persen keuntungan

Dasarnya pelaku bisnis ini merasa lebih mudah menjual barang/jasa orang lain daripada memproduksi atau menawarkan jasa sendiri. Untuk itu, penghasilan mereka terdiri dari persen keuntungan pembelian barang atau pemakaian jasa orang yang menitipkannya pada mereka. persen keuntungan ini telah disepakati di awal oleh kedua belah pihak. Dengan demikian, ketika ada kecurangan, salah satu pihak bisa mengingatkan akan pembagian keuntungan di perjanjian awal. Kerja sama juga bisa diputus atau diperpanjang tergantung keinginan pelaku Affiliate Marketing.

 

Mengembangkan jaringan perantara

Ketika sudah mendapat keuntungan dari satu jenis barang/jasa yang diperantarakan, ada baiknya melebarkan sayap ke ranah yang berbeda. Misalnya, jika awalnya hanya menawarkan produk kecantikan, maka bisa dilebarkan dengan mencari produsen produk kesehatan yang terpercaya. Bisa juga ke bidang yang sama sekali berbeda. Yang penting adalah pelaku model bisnis ini harus memilih partner bisnis yang terpercaya.

 

Situs Penyedia Layanan Affiliasi

Jutaan situs di dunia maya menyediakan layanan affiliasi sebagai strategi pemasaran bagi mereka. Namun tidak semuanya memberikan keuntungan maksimal bagi kita. Terutama dari segi produk yang disediakan, terkadang tidak sesuai dengan keinginan pasar. Untuk itu kita sebagai affiliate marketer harus jeli melihat situs ataupun produk yang cocok untuk kita pasarkan.

Beberapa situs besar dunia penyedia layanan affiliasi diantaranya amazon.com yang menyediakan barang-barang segala kebutuhan. Ada juga Clickbank yang bergerak di bisnis digital seperti ebook, software dan lain-lain. Untuk Indonesia ada Ratakan.com dengan berbagai produk digitalnya.

Ada juga situs-situs penyedia layanan affiliasi yang memang memberikan satu produk saja contohnya seperti produk theme blog premium. Ada Kentooz dan ada Oketheme.com yang menyediakan template blog premium untuk segala kebutuhan seperti toko online, majalah online, personal blog dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Apa Itu Paypal dan Keuntungan Menggunakannya

Memang tidak mungkin untuk langsung berhasil ketika memulai bisnis perantara. Meskipun ada, kemungkinannya sangat kecil. Apalagi jika produk yang ditawarkan, meskipun terpercaya, belum dikenal luas oleh pengguna internet. Karena itu, kesabaran dan ketekunan tetap diperlukan dalam melakukan Affiliate Marketing ini.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1