apa itu paypal

Apa Itu Paypal dan Keuntungan Menggunakannya

Diposting pada

Di jaman teknologi ini, setiap orang bisa dengan mudah bertukar informasi dan berekspresi. Banyaknya media berbasis internet pun semakin memudahkan fenomena ini. Salah satu yang saat ini juga sedang populer adalah penggunaan Paypal. Apa itu paypal dan apa pula keuntungan memiliki Paypal ini akan diulas dalam artikel ini. Selain itu juga akan dibahas bagaimana membuat Paypal bagi Anda yang ingin memilikinya.

Saat mendengar namanya, Anda pasti merasa bingung, apalagi Anda yang tidak terbiasa menggunakannya. Ketika Anda berbelanja online di situs internasional seperti amazon.com maupun eBay.com, alat pembayaran yang digunakan pasti hanya Paypal. Anda pasti bertanya-tanya, Apa itu Paypal dan bagaimana cara menggunakannya.

 

Apa Itu Paypal

Bagi Anda yang sudah berkutat dalam bisnis online, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan apa itu  Paypal. Namun bagi Anda yang belum tahu, Paypal itu adalah sebuah alat pembayaran virtual yang menggantikan sistem pembayaran konvensional. Dengan alat pembayaran ini, Anda sudah tidak perlu lagi menggunakan cek maupun wesel. Jika diibaratkan paypal ini adalah rekening virtual uang hanya bisa diakses secara online. Alat pembayaran ini banyak digunakan oleh internet marketer selain karena bisa digunakan di semua negara juga karena Paypal adalah alat pembayaran yang paling aman.

Anda yang sudah berkutat dalam dunia bisnis online pasti sudah tahu apa itu paypal. Hal ini karena paypal sudah digunakan di 190 negara dengan 17 mata uang yang berbeda. Selain aman dan banyak digunakan di banyak negara di dunia, Anda bisa mengakses atau menggunakan paypal kapanpun dan dimanapun. Pengguna internet biasa menggunakan paypal untuk transaksi online seperti mengirim uang, melakukan pembayaran untuk barang yang Anda beli maupun untuk mengirimkan donasi.

Berbicara tentang apa itu Paypal, tidak bisa dilepaskan dari eBay.com. eBay dan beberapa situs eCommerce bertaraf Internasional lain pasti menggunakan Paypal sebagai alat pembayarannya. Cara kerjanya adalah Anda bisa melakukan transaksi dengan sesama pengguna Paypal yang ada di seluruh dunia. Caranya, Anda bisa melakukan transaksi berupa transfer misalnya hanya dengan menggunakan email Paypal Anda. Dengan begitu Anda bisa melakukan transaksi dengan aman dan cepat.

Keamanan Anda akan sangat dijamin saat Anda bertransaksi dengan paypal. Hal ini karena Paypal memungkinkan Anda untuk membayar sesuai kehendak Anda, baik melalui rekening bank, kartu kredit maupun kredit pembeli atau saldo rekening Anda. Anda bisa memilih salah satu pembayaran ini tanpa memberitahukan informasi keuangan Anda. Jika Anda belum mengenal apa itu Paypal, intinya Anda bisa membayar dengan saldo Paypal Anda jika mencukupi. Saldo akan secara otomatis berkurang saat Anda melakukan transaksi. Namun jika tidak mencukupi, Anda bisa menghubungkan kartu kredit maupun debet Anda ke akun Paypal. Sehingga pembayaran akan secara otomatis dikurangi dari akun Anda ini.

 

Keunggulan Menggunakan Paypal

Meskipun Anda belum begitu mengetahui apa itu Paypal, namun tidak ada salahnya jika Anda mengetahui keuntungan menggunakan Paypal. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika melakukan transaksi menggunakan Paypal ini. Keuntungan pertama adalah banyaknya situs penjualan online yang menggunakan Paypal sebagai alat pembayaran utamanya.

Jika Anda sama sekali belum mengetahui apa itu Paypal, Anda pasti akan mengalami kesulitan. Namun jika Anda setidaknya sudah mengetahui dan memiliki akun Paypal ini, Anda bisa mendapatkan kemudahan saat melakukan transaksi di beberapa situs besar. Situs-situs itu misalnya Amazon.com dan juga eBay.com. Situs-situs ini lebih memilih menggunakan Paypal karena dinilai lebih praktis dan cepat, baik bagi pembeli mapun penjualnya.

Keuntungan kedua yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Paypal adalah keamanan transaksi yang terjamin. Bagi pembeli, Anda bisa melakukan pembayaran apapun dengan Paypal dengan sumber dana yang Anda dapatkan lebih flesksibel. Anda bisa membayarnya melalui kartu kredit maupun debet tanpa perlu memperlihatkan informasi keuangan Anda pada orang lain. Inilah keamanan yang ditawarkan Paypal bagi penggunanya. Bagi pembeli, Paypal akan melindungi pembeli ketika pembeli melakukan komplain pada penjual yang dianggap berbuat tidak bertanggung jawab. Pembeli juga akan dilindungi saat melakukan komplain karena barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi yang disebutkan. Saat terjadi pelanggaran seperti ini, pembeli berhak mendapatkan charge back dari penjual melalui kartu kreditnya.

Selain itu, bagi penjual Paypal dinilai aman karena memungkinkan penjual untuk menerima pembayaran dengan sistem apapun dari pelanggan. Pelanggan bisa membayar dari kartu kredit namun tanpa perlu melalui prosedur pengajuan merchant ke bank lokal yang digunakan. Penjual juga bisa merasa aman karena bisa memiliki alat untuk mengumpulkan informasi dari pembelinya. Penjual akan mendapatkan rekaman atau catatan transaksi dan bukti pembayaran dari pembeli. Catatan transaksi ini bisa menjadi bukti terjadinya pengiriman uang dari pembeli. Terlebih lagi, penjual juga akan dilindungi ketika penjual mengalami tindakan kurang bertanggung jawab dari pembeli. Misalnya ketika pembeli berbohong untuk mendapatkan charge back darinya. Sekarang Anda tentu sudah lebih tahu tentang Paypal beserta keuntungan menggunakannya.

 

Cara Membuat Akun Paypal

Setelah mengetahui apa itu Paypal dan keuntungan menggunakannya, Anda mungkin berniat untuk memilikinya juga. Jika Anda ingin memiliki akun Paypal, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi sebelum mendaftar. Persyaratan itu antara lain memiliki akun email yang masih aktif. Selain itu, untuk memiliki akun Paypal, Anda harus berusia minimal 18 tahun disertai kartu identitas, apabila satu waktu Anda diminta untuk melakukan verifikasi data. Selain itu Anda juga membutuhkan statement kartu kredit bulanan. Tentu saja statement bulanan ini harus masih aktif untuk proses verifikasi nantinya.

Langkah pertama untuk membuat akun Paypal Anda adalah dengan mengunjungi website Paypal. Tampilan awal Paypal akan menanyakan tujuan penggunaan akun Paypal Anda, apakah untuk urusan pribadi ataukah urusan bisnis. Jika Anda menggunakannya untuk urusan pribadi, tentu saja yang dipilih adalah untuk pribadi. Selanjutnya Anda tinggal klik tombol daftar atau ‘sign up’. Selanjutnya Anda bisa memilih akun “primer”. Akun inilah yang biasanya digunakan untuk menerima uang maupun untuk berbelanja online.

Setelah itu, Anda bisa langsung mengisi form pengajuan akun Paypal Anda. Anda diminta untuk mengisi semua kolom data yang disediakan. Setelah Anda selesai mengisi form tersebut, Anda bisa langsung klik “setuju dan buat rekening”. Halaman selanjutnya yang akan ditampilkan adalah halaman verifikasi. Anda bisa langsung klik tombol “lanjutkan” dan kemudian masuk ke rekening. Tahap terakhir adalah melakukan konfirmasi via email Anda. Caranya adalah dengan klik link yang sudah dikirimkan ke email Anda.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu Paypal dan keuntungan menggunakannya. Menggunakan Paypal sebagai alat pembayaran yang aman tentu menjadi pilihan yang bagus. Apalagi jika Anda suka berbelanja di situs-situs perbelanjaan internasional. Tanpa menggunakan Paypal, Anda mungkin tak akan bisa melakukan pembayaran. Karena itulah Anda bisa mempertimbangkan untuk segera memiliki akun Paypal Anda sendiri.

One thought on “Apa Itu Paypal dan Keuntungan Menggunakannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *