Cara Cek Spesifikasi Komputer

Cara cek spesifikasi komputer saat ini cukup mudah dilakukan walaupun kamu termasuk yang awam dengan komputer. Ketika kita baru membeli sebuah komputer tentunya terlintas rasa ingin tahun untuk mengecek apakah komputer tersebut benar-benar memiliki spesifikasi sesuai keinginan kita. Apalagi jika kebutuhannya untuk menginstall program yang memerlukan spesifikasi tertentu.

Spesifikasi komputer menjadi penting tatkala kita akan mendownload atau membeli software tertentu seperti game, program pengolah gambar atau video. Jika kita tidak mengecek spesifikasi komputer terlebih dahulu jangan-jangan program tersebut tidak cocok dengan komputer kita karena memerlukan spesifikasi yang tinggi. Sayang bukan jika program tersebut terlanjur di beli atau didownload. Semua menjadi sia-sia karena tidak terpakai oleh kita. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

 

Cara Cek Spesifikasi Komputer Memanfaatkan System Properties

System Properties pada dasarnya sudah ada di dalam komputer Windows. Kamu dapat langsung menemukannya dengan cara klik ‘Start’ untuk membuka menu Windows. Pada bagian pilihan kanan di bawah nama account-mu, kamu akan menemukan tulisan ‘Computer’. Klik kanan pada tulisan tersebut lalu pilih properties.

Setelah itu akan uncul dialog baru yang berisi beberapa ringkasan mengenai sistem komputer yang kamu gunakan saat ini ternasuk nama komputer yang kamu miliki. Beberapa informasi yang dapat kamu lihat diantaranya adalah kapasitas RAM, kecepatan prosesor, jenis prosesor yang digunakan oleh komputermu, hingga berbagai detil lainnya.

Namun, perlu diketahui bahwa cara ini termasuk cara yang sangat sederhana untuk mendeteksi perangkatmu. Kelebihannya adalah kamu tidak perlu menginstall aplikasi apapun sebelumnya. Sehingaa, kamu dapat melakukan pengecekan ini saat kamu belum membeli komputer yang kamu inginkan. Beberapa cara berikutnya, akan lebih advance dan membutuhkan kamu untuk menginstall aplikasi tertentu

Baca Juga  Cara Login Wifi Id di HP atau Laptop

 

Cara Cek Spesifikasi Komputer Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Aplikasi CPU-Z ini sebelumnya harus kamu download dan install terlebih dahulu di komputer yang akan kamu cek. Sehingga, tidak mungkin kamu lakukan pada lapto atau komputer baru yang ingin kamu beli. Cara cek spesifikasi komputer dengan CPU-Z ini terhitung sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Seteah CPU-Z diinstall di komputer, kamu dapat langsung membuka aplikasi tersebut. Setelah kamu membukanya, kamu akan dapat langsung menemukan spesifikasi yang ingin kamu ketahui tetang komputermu.

 

Cara Cek Spesifikasi Komputer Menggunakan DXDIAG

Nama aplikasi ini mungkin tidak terlalu familiar untuk yang awam dengan komputer. Aplikasi yang satu ini, berbeda dengan CPU-Z, kamu tidak harus menginstall terlebih dahulu. Karena, Windows telah menjadikan aplikasi yang satu ini sebagai aplikasi bawaan yang dapat digunakan oleh semua penggunanya.

Cara sangat mudah sekali. Klik ‘Start’ pada bagian desktop Windows. Setelah itu kamu klik kotak kosong pada kolom ‘Search’ dengan ‘dxdiag’ dan tekan ‘Enter’. Kamu akan melihat sebuah dialog box baru akan terbuka. Dialog box ini akan langsung memberikan informasi mengenai sistem yang ada di dalam komputermu. Informasinya lebih lengkap dibandingkan dengan System Properties. Karena ia juga menginformasikan berbagai hardware yang melekat pada perangkatmu. Seperti detil sound card dan grafis yang kamu gunakan.

 

Cara Cek Spesifikasi Komputer Menggunakan Advance SystemCare

Advance SystemCare sebenarnya adalah aplikasi multifungsi yang bertujuan merawat komputer kamu dari sisi performa sistemnya. Perangkat ini tidak bertujuan untuk mengecek spesifikasi komputer. Namun, untuk memenuhi tujuan utama pembuatannya, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur pengecekan sistem.

Setelah kamu menginstall aplikasi Advance SystemCare ini, kamu dapat membuka aplikasinya. Lalu, kamu akan menemukan menu untuk melihat spesifikasi komputer yang kamu miliki. Pada sistem itu kamu akan melihat berbagai informasi mengenai VGA, RAM, CPU, dan berbagai spesifikasi lainnya dari komputer kamu.

Baca Juga  5 Tips Memilih Power Bank Berkualitas Yang Harus Anda Ketahui

Aplikasi ini sebenarnya cukup memakan memori, sehingga membutuhkan waktu install yang cukup lama. Namun, selain dapat kamu gunakan sebagai cara cek spesifikasi komputer, kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk menjaga performanya.

 

Demikian cara cek spesifikasi komputer yang bisa kita lakukan, semoga bermanfaat. Simak juga informasi-informasi penting lain berikutnya:

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1