Cara Cek Tagihan BPJS Secara Online

Cara Cek Tagihan BPJS Secara Online – BPJS atau yang dikenal sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial merupakan salah satu badan milik negara yang memberikan layanan kesehatan dan jaminan keselamatan pekerja. Badan yang didirikan sejak beberapa tahun yang lalu ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan medis dalam waktu yang cepat tanpa harus mengandalkan asuransi biasa. Masyarakat diwajibkan menjadi anggota BPJS dan harus membayarkan iuran setiap bulannya berdasarkan dengan kelas yang dipilih oleh anggota.

Karena merupakan layanan yang penting, masyarakat tidak boleh telat dalam melakukan iuran BPJS tersebut. Masyarakat dapat mengecek tagihan BPJS yang dibebankan kepada dirinya. Untuk mengecek tagihan BPJS tersebut, masyarakat dapat melakukannya secara online. Cara cek tagihan BPJS secara online sangat mudah dilakukan dan dapat pula diakses melalui telpon seluler. Dengan cara tersebut, masyarakat akan mendapatkan informasi secara terperinci mengenai jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

Cara Cek Tagihan BPJS Melalui Situs Resmi

Cara cek tagihan BPJS secara online dapat dilakukan ketika anggota BPJS mendatangi situs resmi milik Badan Penyelenggara Jaminan Sosial tersebut. Untuk mendatangi situs tersebut, setiap anggota tentunya harus memanfaatkan jaringan internet sehingga dapat terhubung langsung dengan situs tersebut. situs bpjs-kesehatan.go.id merupakan situs BPJS kesehatan yang dapat dikunjungi oleh anggota ketika ingin mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Berikut ini merupakan langkah yang harus dilakukan oleh anggota ketika melakukan pengecekan tagihan BPJS secara online:

  • Langkah pertama adalah dengan memasuki situs resmi milik BPJS.
  • Setelah anggota BPJS telah masuk ke dalam situs dan memasuki halaman utama, pilih “cek pembayaran iuran”.
  • Anggota yang telah memilih ikon tersebut akan dituntun ke dalam halaman baru. Di halaman ini, anggota harus mengisi 2 buah kolom yang berisikan dengan nomor kartu anggota dan tanggal lahir anggota.
  • Jika kedua kolom tersebut telah diisi dengan lengkap, anggota harus mengisi angka validasi dan pilih “cek” untuk mengetahui rincian atas tagihan BPJS. Di dalam rincian tersebut, setiap anggota dapat mengetahui tagihan yang telah dibayarkan dan tagihan BPJS yang belum terbayarkan.
Baca Juga  Efek Samping Hibernasi Aplikasi Android

Anggota yang telah mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayar diwajibkan untuk melakukan pembayaran atas tagihan tersebut. Setelah menjalankan cara cek tagihan BPJS yang dijelaskan di atas, setiap anggota dapat melakukan pembayaran tagihan melalui kantor BPJS, kantor pos, bank, Alfamart atau Indomart. Bagi para anggota BPJS yang tidak ingin disibukkan dengan pembayaran iuran setiap bulannya, anggota tersebut dapat menggunakan layanan bank untuk melakukan pembayaran. Pihak bank akan melakukan pengurangan saldo tabungan secara otomatis untuk melakukan pembayaran atas tagihan BPJS setiap bulannya. Anggota juga dapat memanfaatkan keberadaan Alfamart dan Indomart untuk melakukan pembayaran iuran BPJS agar terbebas dari mengantri.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1