Ternyata, cara membuat latar belakang makalah itu tidak semudah yang dibayangkan. Mungkin anda yang tidak begitu mementingkan kualitas tidak akan mempertimbangkan banyak hal dalam membuat latar belakang. Padalah bab pertama dalam sebuah makalah yakni latar belakang punya pengaruh yang besar terhadap pemabahasan nantinya. Anda tidak bisa membuat latar belakang secara asal. Latar belakang haruslah sebuah hal yang real dan nyata. Sehingga penting keberadaan makalah yang akan anda buat tersebut. Menggunakan contoh latar belakang makalah yang sudah ada memang mudah. Namun hati-hati jangan sampai menjadi plagiat.

Bisa dibilang latar belakang harus memiliki relevansi terhadap kehidupan saat ini. Jadi pembuatan makalah yang dilakukan ada kontribusi terhadap ilmu pengetahuan dan kenyataannya. Kenyataan inilah yang tidak begitu dipahami bagi para pembuat makalah. Sehingga akhirnya rumusan masalah dan tujuannya tidak begitu relevan dengan latar belakang yang dibangun. Seharusnya, latar belakang inilah yang memberikan pengaruh terhadap terbentuknya rumusan masalah dan tujuan dari makalah.

Di dalam anda membuat latar belakang, agar lebih jelas dan terarah ada baiknya anda mengikuti cara membuat latar belakang makalah yang akan disampaikan ini. Tidak bisa anda membuat rumusan masalah dlu baru latar belakang Karena ada runtutan di dalam membuat sebuah makalah. Di mana harus terlebih dahulu anda temukan masalah yang diuraikan dalam latar belakang. Baru kemudian anda bisa dengan mudahnya membuat rumusan masalah dan tujuannya. Cara yang baik untuk bisa menyusun latar belakang adalah sebagai berikut:

 

Cara Membuat Latar Belakang Makalah dengan Mudah

  • Bayangkan bahwa anda adalah seorang detektif. Anda akan mengidentifikasi apapun itu kemudian anda akan menentukan apa penyebabnya/ apa masalahnya. Akan tetapi, sebelum melakukannya alangkah baiknya kalau anda tentukan terlebih dahulu tema makalah yang dibuat. Jadi masalahnya yang akan dicari lebih terarah.
  • Fakta, menjadi bagian terpenting dalam latar belakang. Faktar dari masalah yang diangkat harus dengan baik dipikirkan dahulu. Tujuannya tidak lain agar anda bisa menemukan focus dari masalah yang akan diangkat.
  • Menganalisis focus dari masalah merupakan cara yang tidak boleh anda lewatkan. Anda harus mencari masalah tersebut benar begitu dominan dan actual atau tidak. Fokus tersebut juga harus jelas dan unik kalau bisa. Jadi itu bisa memberikan nilai lebih dari makalah anda. Namun usahakan jangan penah anda mengada-ada atau membuat masalah yang tidak sebenarnya tidak ada.
  • Buatlah daftar masalah dari tema yang diambil. Dalam mencari sebuah masalah anda harusnya tidak hanya mendapatkan satu atau dua masalah saja. Ada banyak masalah yang bisa dijadikan sebagai latar belakang. Namun, tidak semuanya akan anda masukkan dalam latar belakang. Paling tidak anda hanya mencari isu atau masalah yang paling unik, butuh sebuah solusi yang harus segera diselesaikan. Dengan begitu latar belakang anda menjadi menarik.
  • Baru kemudian anda jelaskan masalah yang akan diangkat dalam latar belakang. Sebelumnya buat terlebih dahulu kerangka dari latar belakang. Dari situlah anda kemudian bisa menyusul latar belakang dengan baik. Cara menyusunnya anda bahas secara umum dulu kemudian merujuk ke masalahnya.

 

Jam Terbang adalah Kunci Terbaik

Semakin banyak kita berlatih maka akan semakin baik hasilnya. Menambah jam terbang dalam menulis adalah kuncinya. Caranya dengan memperbaiki setiap hasil tulisan yang kita buat. Dengan begitu makin hari akan semakin baik tulisan yang kita hasilkan.

Demikian tadi cara membuat latar belakang makalah. Dengan mengikuti cara yang diberikan tadi, sudah pasti anda bisa memiliki latar belakang yang menarik. Hal ini akan membuat kualitas dari makalah anda juga bisa lebih baik. Perlu diingat bahwa latar belakang akan sangat berpengaruh terhadap isinya. Bahkan ketertarikan orang lain terhadap makalah anda dimulai dari latar belakang terlebih dahulu. Membaca latar belakang, kalau menarik akan dilanjutkan ke bagian isinya. Cobalah gunakan cara tadi agar menghasilkan makalah yang berkualitas.

UA-113975400-1