Cara Membuat Video Animasi Sendiri dengan Mudah

Gambar bergerak atau animasi menjadi salah satu hal yang banyak digandrungi. Bahkan, cara membuat video animasi tidak begitu sulit. Pasalnya, sudah banyak aplikasi animasi yang bisa kamu gunakan, baik untuk PC atau smartphone. Terpenting kemauan keras untuk terus belajar dan berkembang. Sehingga semakin hari kemampuan kita semakin baik.

Sulit atau tidaknya suatu hal yang memang belum kita kuasai akan sangat bergantung dari keinginan kita. Jika kita mau berusaha tentu tak ada yang tak mungkin, termasuk animasi. Beragam kegunaan animasi ini seharusnya membut kita semangat belajar animasi. Selain kita menjalankan hobi, kita juga bisa mengubahnya menjadi peluang mendatangkan hasil finansial. Ingin membuat animasi sendiri? Berikut langkah mudahnya

 

Siapkan cerita 

Hal paling utama sebelum membuat video animasi adalah menyiapkan cerita. Tentu saja, kamu harus memilih tema cerita animasimu nantinya. Ada beberapa tema yang cukup disukai, seperti adventure, action, romance, komedi dan drama. Selain itu, pastikan juga bahwa kamu juga mengerti bagaimana style animasi kamu nantinya. 

Buat storyboard

Cara membuat video animasi yang berikutnya adalah membuat storyboard. Storyboard sama halnya seperti membuat alur cerita dari videomu nantinya. Biasanya, di dalam storyboard akan ada beberapa kejadian penting. Selain itu, juga ada beberapa cuplikan dari video animasi. Pembuatannya akan memudahkan kamu menentukan alur video animasimu nantinya. 

Sketsa model karakternya 

Setiap video animasi pastinya juga memiliki karakter. Karakter inilah yang harus kamu buat dengan seksama. Terlebih, dalam video animasi mereka haru bergerak. Sangat penting, kamu menggambar beberapa gerakannya. Selain itu, tidak lupa juga beberapa ekspresi yang berbeda juga. 

Buat sketsa animasinya

Cara membuat video animasi yang selanjutnya adalah dengan membuat sketsa. Pembuatan sketsa ditujukan untuk bisa mempermudah kamu menentukan gerakan kunci pada setiap frame. Gerakan kunci yang dimaksud merupakan gerakan atau perpindahan dari karakter kamu nantinya. Namun ingat buat senatural mungkin dan tidak kaku. 

Buat frame kuncinya

Frame kunci sendiri adalah posisi atau titik penting gerakan dari suatu karakter. Misalnya saja jika karakter kamu dibuat menghadap ke kiri menuju ke kanan, maka frame kunci yang dibuat juga harus menghadap mulai dari ke kiri, kemudian ke depan, barulah ke kanan. Hal ini dilakukan agar pergerakan dari kharakter kamu terlihat natural dan tidak kaku. 

Lakukan pemeriksaan alur pada gerakan 

Sangat penting juga kamu memastikan setiap gerakan, perpidahan atau alur suatu karakter, adegan berjalan dengan mulus. Terlebih lagi, sesuai dengan storyboard yang telah kamu buat tadi. Tentu saja, hal ini dilakukan untuk membuat perpindahan halus dan tidak patah – patah. Kamu juga bisa menambahkan efek yang cocok untuk saat pemindahan tersebut. Namun ingat periksa juga tema tersebut apakah selaran dengan kunci frame dan perpindahan adegan. 

Perhalus gambarnya 

Cara membuat video animasi yang berikutnya adalah dengan merapikan gambar sketsa. Di mana gambarmu tadi masih dalam bentuk sketsa, pasti banyak coretan atau garis yang tidak dibutuhkan. Garis – garis itu harus kamu hapuskan agar video animasimu terlihat lebih bagus, natural dan sempurna. Dibutuhkan ketelitian tinggi untuk langkah yang satu ini agar benar – benar terlihat bagus. Tidak ketinggalan pula, tambahkan beberapa hal yang bisa mendukung video animasi kamu, terlebih lagi dalam hal kualitas. 

 

Baca Juga  5 Cara Mengatasi Smartphone Yang Tidak Bisa Dicas

Cara Membuat Video Animasi Menggunakan Aplikasi Pembuat Animasi

Cara membuat video animasi yang berikutnya adalah dengan mengaplikasikan sketsa yang telah kamu buat tadi pada aplikasi pembuat video animasi. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa membantu dalam pembuatan video animasi. Sebut saja yang terkenal yakni adobe after effect. 

Bahkan membuat video animasi juga bisa dilakukan dengan mudah di smartphone. Ada juga yang membuatnya dari aplikasi pengolahan data, seperti power point. Pilih salah satu aplikasi yang memang benar – benar kamu kuasai. 

Setelah semua sketsa sudah kamu masukkan ke dalam aplikasi animasi tersebut, selanjutnya tambahkan beberapa hal, seperti transisi dan efek. Lakukan pengeditan sesuai dengan yang kamu inginkan. Jangan lupa tambahkan dubbing sebagai suara dari karakter kamu. 

Itulah beberapa langkah mudah cara membuat video animasi yang bisa kamu lakukan.

 

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1