Cara Merawat Powerbank Agar Tetap Awet

Cara Merawat Powerbank Agar Tetap Awet – Powerbank sangat diperlukan dalam beberapa kondisi darurat. Misalnya ketika mati listrik hingga dalam bepergian dimana anda tidak mendapati sumber listrik untuk mengisi ulang baterai anda. Namun demikia powerbank tetap memerlukan perawatan tersendiri. Pasalnya salah merawat perangkat satu ini akan berdampak pada umurnya yang lebih singkat. Tentu saja powerbank yang awet juga berpengaruh pada kelangsungan baterai ponsel anda karena keduanya saling berkaitan.

Biasanya faktor yang menyebabkan powerbank cepat rusak adalah karena terlalu lama diisi sehingga over charging. Hal ini membuat daya tahan baterai menjadi lebih singkat karena kelebihan waktu dalam pengisian. Selain itu seringnya terkena benturan hingga digunakan sebagai pengganti charger reguler juga bisa menyebabkan powerbank cepat aus. Nah, agar powerbank yang anda miliki tetap awet, cobalah beberapa cara mudah dalam merawatnya berikut ini.

Cara Merawat Powerbank Agar Tetap Awet Masa Pakainya

  1. Jangan terlalu sering diisi ulang

Powerbank digunakan ketika dalam keadaan darurat saja. jangan terlalu sering diisi ulang apalagi digunakan sebagai pengganti charger secara reguler. Hal ini akan membuat siklus daya tahan menjadi berbeda. Oleh sebab itu gunakan powerbank dalam keadaan darurat saja. selain itu jika sering mengisi daya dengan powerbank umur baterai pun menjadi lebih singkat.

  1. Isi ulang saat mulai low

Seperti halnya mengisi baterai ponsel, sebaiknya segera isi ulang powerbank anda jika sudah menunjukan tanda-tanda low. Jika indikator LED nya mulai menunjukan angka 1 maka segera isi. Hal ini bertujuan agar proses pengisian ulang tidak terlalu lama. Pasalnya jika daya powerbank benar-benar habis diperlukan waktu yang lebih lama untuk mengisi ulangnya hingga penuh.

  1. Jangan sampai over charging
Baca Juga  5 Cara Mengatasi Google Play Store Yang Error

Selain itu jangan sampai powerbank anda kerap mengalami overcharging. Hal ini akan berdampak pada keawetan perangkat anda. overcharging akan membuat umur baterai lebih pendek dan membuatnya cepat rusak. Solusinya pilih powerbank yang memiliki sertifikat overcharging protection sehingga secara otomatis akan berhenti mengisi jika daya sudah penuh.

  1. Hindari menggunakan smartphone ketika sedang diisi dengan powerbank

Jangan menggunakan smartphone sementara anda sedang mengisinya dengan powerbank. Hal ini akan membuat ponsel menjadi mudah aus baterainya. Begitu pula dengan powerbank anda. diamkan beberapa saat hingga baterai terisi penuh. Saat diisi ulang arus listrik menjadi tidak stabil sehingga baiknya diamkan perangkat beberapa saat hingga penuh terisi.

  1. Hindari tempat panas

Hindari tempat panas untuk menyimpan powerbank. Pasalnya temapt yang panas akan membuat sirkulasi udara menjadi tidak terlalu baik. selain itu dengan menyimpannya di tempat yang langsung terkena matahari atau yang bersuhu tinggi, powerbank akan memiliki permukaan yang cepat kusam.

Itu dia berbagai cara merawat powerbank agar tetap awet. Semoga bermanfaat dan membuat powerbank anda tetap awet.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1