Contoh Daftar Pustaka Makalah yang Benar

Contoh daftar pustaka makalah yang benar memang bisa dijadikan referensi dalam membuat makalah atau karya tulis. Dalam pembuatan karya tulis ilmiah, mulai dari artikel ilmiah, makalah atau hingga tesis sekalipun, tentunya daftar pustaka merupakan salah satu unsur yang begitu penting untuk mendapatkan fokus khusus dari penulis. Daftar pustaka merupakan sebuah daftar yang digunakan sebagai tempat untuk menuliskan sumber teori yang digunakan. Dalam pemilihan sumber pun, para penulis karya ilmiah harus pandai dalam memilih sumber mana yang akan digunakan.

Harapannya tentu saja mendapatkan sumber yang valid dari teori yang sudah benar-benar terpercaya. Namun, teori yang valid dan dapat dipercaya tidak bisa sembarangan dicari, apalagi di media maya. banyak teori asal yang disebarluaskan secara bebas, dan hal ini tentunya harus dihindari agar bisa menyusun daftar pustaka yang sesuai dengan harapan. Demikian pula untuk cara penulisannya, harus memperhatikan teori dan contoh daftar pustaka makalah yang benar agar kualitas tulisan pun memuaskan.

 

Contoh Daftar Pustaka Makalah yang Benar dan Tata Cara Penulisannya

Dalam tata cara penulisan daftar pustaka, ada peraturan tersendiri yang harus dipenuhi dan peraturan ini merupakan peraturan mutlak yang harus diterapkan oleh semua orang yang menulis sebuah karya ilmiah. Mulai dari siswa hingga dosen, penulisan daftar pustaka harus disesuaikan dengan kaidah yang berlaku agar sesuai dengan standar penulisan. Dengan begitu, penting bagi siswa atau mahasiswa untuk kerap mempelajari bagaimana contoh daftar pustaka makalah yang kredibel agar bisa diterapkan pada saat menulis daftar pustaka pada karya yang dibuat dengan benar.

Baca Juga  Contoh Makalah Karya Ilmiah Yang Baik dan Benar

Cara penulisan daftar pustaka biasanya menurut abjad dan tersusun kebawah tanpa urutan angka atau abjad. Hal ini sudah berlaku umum namun bukan artinya mengikat dan tidak boleh diubah. Hanya saja lazimnya seperti itu. Penulisannya juga memiliki kaidah tertentu seperti berikut:

 

  1. Nama belakang penulis
  2. Nama depan penulis
  3. Tahun Tulisan
  4. Judul buku atau karyanya
  5. Kota diterbitkan
  6. Penerbit

Jika dituliskan kurang lebih seperti berikut:

contoh daftar pustaka makalah

 

Contoh Daftar Pustaka Makalah dari Internet

Di internet ada banyak sekali contoh penulisan seperti ini, hanya saja ada yang benar dan ada pula yang kurang tepat. Sehingga, dalam pengambilan contoh penulisan daftar pustaka di dunia maya, harus memperhatikan beberapa hal agar bisa mendapatkan contoh yang baik, di antaranya adalah:

  1. Memperhatikan website yang digunakan

Tidak semua website yang menyediakan contoh penulisan daftar pustaka mencantumkan contoh yang benar-benar sesuai dengan kaidah. Sehingga, pandai-pandailah dalam memperhatikan website yang digunakan, dan pastikan website tersebut merupakan website resmi dan bukan berupa blog yang asal-asalan. Akan lebih baik lagi bila sudah mengerti apa saja alamat web resmi yang sekiranya mencantumkan cara pembuatan daftar pustaka yang tepat, sehingga dalam memilih web pun akan semakin mudah.

  1. Gunakan E-book yang terpercaya

Bila menginginkan yang lebih valid lagi, maka gunakan e-book penulisan daftar pustaka maupun ebook pelajaran bahasa indonesia yang memiliki kaidah penulisan daftar pustaka di dalamnya. Hal ini akan lebih terpercaya, sebab biasanya ebook bahasa indonesia sudah diteliti kebenarannya dan lebih terpercaya untuk dapat dipertanggungjawabkan. Dalam memilih ebook yang tepat pun, perhatikan judulnya dan juga penerbit yang ada pada ebook tersebut. Pastikan penerbitnya merupakan penerbit buku yang resmi, dan judulnya pun merupakan judul yang formal dan bukan merupakan novel ataupun buku lain yang sejenisnya.

  1. Kaitkan dengan sumber lain
Baca Juga  Makalah Pancasila sebagai Sistem Filsafat

Jangan langsung percaya pada satu sumber saja, karena buku terpercaya pun berkemungkinan untuk memiliki kesalahan di dalamnya. Sehingga, kaitkan dengan banyak sumber terpercaya lainnya agar mendapatkan materi yang benar-benar pas dan sesuai dengan kaidah yang berlaku.

 

Jika sudah memperhatikan dan menerapkan cara di atas, maka akan lebih mudah bagi mahasiswa untuk memilih sumber yang menuliskan contoh daftar pustaka makalah yang baik dan benar untuk digunakan sebagai patokan khusus dalam pembuatan daftar pustaka. Dengan begitu, makalah pun akan semakin terpercaya.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1