Contoh Saran dalam Makalah

Di dalam makalah, kita tidak hanya membahas masalah dan teori saja, tapi pada bagian penutup juga kita harus memberikan saran untuk masalah yang dibahas. Dan kali ini kita akan belajar bagaimana membuat contoh saran dalam makalah yang baik. Makalah merupakan sebuah karya ilmiah, jadi bahasa yang digunakan juga harus formal dan sopa.

Begitu juga dengan bagian penulisan saran yang sebaiknya menggunakan bahasa yang tepat agar tidak menyinggung pihak tertentu. Saran juga seharusnya disampaikan dengan padat, jelas, dan tidak betele-tele. Tapi sebelum kita bahas ada bagian saran, sebaiknya kita bahas dulu bagian lain yang harus anda tulis dulu sebelum menulis bagian saran.

 

Contoh Saran dalam Makalah di Bab 3

            Kita langsung ke inti dari makalah itu sendiri yaitu dimulai dari bab 1, 2, dan 3. Dalam makalah ada bab 1 yang berisi latar belakang, rumusan masalah, manfaat, dan juga tujuan. Latar belakang disini isinya adalah alasan yang menjadi alasan ketertarikan penulis untuk melakukan penelitian terhadap topik dan juga menulis makalahnya. Sedangkan di bagian masalah ini anda akan menuliskan beberapa masalah yang kira-kira memberikan dampak yang cukup besar atau meresahkan.

Di bagian rumusan masalah ini anda juga harus membatasi masalah yang akan di bahas karena pastinya anda juga memiliki keterbatasan waktu dalam melakukan penelitain maupun menyusun makalah. Sekarang kita beralih ke bagian manfaat yang akan kita dapatkan bila melakukan penyusunan makalah. Manfaatnya bisa berupa manfaat bagi penulis, orang disekitar penulis, maupun masyarakat umum dan pihak yang terlibat dengan topik yang dipilih. Setelah manfaat disampaikan, maka bagian berikutnya yaitu tujuan yang berisi maksud dari penulis sebelum menyusun makalah.

Baca Juga  Contoh Landasan Teori Makalah

Apakah untuk memenuhi persyaratan studi, ataupun ada tujuan lainnya disa disampaikan di bagian tujuan ini. Jika anda sudah paham bagaimana membuat bab 1, maka selanjutnya kita akan beralih ke bab 2. Di bab yang satu ini kita akan mulai membahas lendasan teori yang mendasari pembahanan topik yang dipilih penulis. Disini penulis dapat mencantumkan pendapat para ahli untuk memperkuat penyataan atas masalah yang telah disebutkan di bagian rumusan masalah sebelumnya. Setelah itu penulis akan membahas masalah tersebut dengan menggunakan metode yang telah dipilih untuk melakukan penelitian dimana pendekatan dalam penelitian dapat dilakukan dengan teori maupun angka.

Setelah semua pembahasan proses penelitian selesai, maka kitakan berlanjut ke bab 3 yang berisi penutup. Di bagian inilah akan ada hasil penelitian atau kesimpulan dari pembahasa yang terdapat di bab 2. Disini juga lah anda akan memberikan saran bagi para pembaca makalah anda. Gunakanlah bahasa yang sopan untuk membuat contoh saran dalam makalah yang tepat.

 

Teknik Penulisan Saran dalam Makalah

Menulis saran tidak boleh sembarangan, apalagi jika tidak ada hubungan dengan hasil penelitian. Perlu dicatat baik-baik adalah saran yang kita buat harus didasarkan pada tujuan atau kesimpulan yang didapat. Contoh seperti dibawah ini:

Tujuan (Biasanya diletakkan dalam bab I)

  • Mengetahui bagaimana upaya pemerintah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah

Kesimpulan (bab 3)

  • Upaya pemerintah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah adalah sebagai berikut …….

Maka dari tujuan dan kesimpulan di atas bisa kita buat contoh saran yang baik dan benar sebagai berikut:

Saran

  • Sebaiknya pemerintah mencari alternatif selain daripada upaya yang telah dilaksanakan selama ini agar peningkatan PAD semakin tinggi lagi seperti misalnya ……
Baca Juga  Cara Membuat Makalah Kuliah yang Baik dan Benar

 

Karya ilmiah ditulis dengan bahasa yang formal gara dapat diterima oleh semua pihak. Apalagi kalau makalah tersebut akan dimuat dalam jurnal atau merupakan tugas yang harus dikumpulkan. Makalah sendiri bisa membahasa berbagai topik yang ada. Biasanya jika untuk tugas di kampus, maka topik yang dibahas sudah lebih khusus. Misalnya saja tugas makalah untuk mata kuliah biologi, maka isi makalahnya juga masih berhubungan dengan biologi entah itu berkaitan manusia, hewan, maupun tumbuhan. Makalah ini juga terbagi beberapa jenis yaitu makalah deduktif, induktif, dan yang terakhir campuran. Jadi, peru diingat lagi bahwa jika ingin belajar bagaimana membuat contoh saran dalam makalah terletak pada bahasanya.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1