Cover Makalah yang Baik dan Benar

Makalah merupakan salah satu jenis tugas yang sering diberikan oleh dosen kepada mahasiswanya. Makalah sendiri biasanya dapat berupa tugas individual maupun tugas kelompok. Makanya bagian covernya juga agak berbeda, bila anda lihat nama penulisnya banyak, maka itu pasti makalah kelompok. Membuat cover makalah juga tidak boleh sembarangan, ada urutan letak nama, logo, dan juga judul makalahnya. Ada ketentuan yang dalam pembuatan cover ini, dan biasanya setiap universitas memiliki ketentuan yang hampir sama. Kali ini kita akan bahas bagaimana cara membuat cover makalah yang baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmiah yang ada.

Sebelum kita bahas bagaimana cara membuat cover makalah yang baik dan benar, mari kita ketahui dulu beberapa susunan makalah yang harusnya kita ketahui. Seperti pembuatan kata pengantar, daftar isi, daftar tabel atau lainnya yang memang seringkali dibutuhkan sebagai bagian dari struktur sebuah makalah. Pada lembaran kata pengantar biasanya bagian kata pengantar ini berisi seputar kata pengantar dari penulis. Juga berisi ucapan terimakasih kepada pihak yang terlibat, ataupun sedikit pesan penulis untuk pembaca mengenai makalah yang ditulis.

 

Susunan Kelengkapan Bagian-Bagian Makalah

Selain lembar kata pengantar seperti dijelaskan di atas ada juga bagian daftar isi yang isinya adalah daftar isi makalah lengkap, berurutan, dan diserta nomor halaman. Kelengkapan selanjutnya ada di bab 1 terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan, serta manfaat dari penulisan makalah tersebut. Untuk latar belakangnya anda dapat jelaskan mengenai pembahasan umum mengenai masalah yang akan anda bahas, lalu ketertarikan anda terhadap masalah tersebut beserta dampak dari masalah tersebut.

Baca Juga  Makalah Studi Kelayakan Bisnis

Setelah itu alternatif solusi menurut anda yang dapat mengatasi masalah tersebut. Di bawahnya, rumusan masalah berisi daftar masalah yang ada. Lalu di bagian manfaat jabarkanlah manfaat apa saja yang akan didapat dari penulisan makalah. Dan yang terakhir tujuan apa saja yang mendasari anda untuk menulis makalah tersebut. Sedangkan di bab kedua ini berisi mengenai pembahasan dimana anda menjabarkan fakta maupun teori untuk mendukung pendapat anda yang berkaitan dengan topik yang anda tulis.

Bagaimana pendekatan yang anda gunakan serta metode yang dipakai dalam melakukan penelitian dan proses membuat makalah. Untuk Bab III merupakan bagian penutup yang kesimpulan yang anda ambil setelah pembahasan dan penelitian di bab kedua. Disini juga anda memaparkan apa saja hasil dari penelitian yang anda lakukan serta solusi yang didapat untuk mengatasi masalah yang dibahas di makalah. Dan bagian berikutnya yaitu daftar pustaka dan lampiran yang berisi beberapa sumber yang anda masukkan untuk memperkuat pembahasan anda.

Cover Makalah yang Baik dan Benar

Nah setelah semua beres maka yang  terakhir dan perlu kita buat dalah covernya untuk menyelesaikan penyusunan makalah ini. Pada bagian cover, bagian paling atas adalah judul makalah yang dibawahnya diikuti oleh sub judul makalah jika perlu. Lalu di bawahnya tulis tujuan pembuatan makalah, misalnya makalah ditulis untuk tujuan tugas kelompok, atau untuk memenuhi mata kuliah tertentu maka tulis seperti itu. Di bawahnya, anda bisa sisipkan logo universitas maupun lembaga yang berkaitan dengan pembuatan makalah tersebut. Bila anda membuat makalah untuk kantor, maka bisa sisipkan logo kantor anda disana. Baru di bawah logo, tuliskan penulis makalah. Contoh peletakan logo seperti berikut:

Baca Juga  Cara Membuat Latar Belakang Makalah yang Baik

Hindari memberi garis vertikal dari atas ke bawah seperti yang seringkali dilakukan. Ini tidak memenuhi kaidah penulisan makalah ilmiah. Namun jika hanya sekedar makalah presentasi non ilmiah bisa saja memberi hiasan-hiasan pada cover tersebut. Contoh garis vertikal yang sebaiknya tidak ditiru seperti berikut ini:

Jika milik kelompok, maka gunakan kata “disusun oleh” serta diikuti nama anggota kelompok satu persatu. Setelah itu baru nama universitas maupun lembaga yang bersangkutan, dan diikuti oleh alamat dan kontak dari lembaga tersebut. Jika anda membuat tugas dari kampus, maka tulis nama universitas, fakultas, dan terakhir alamat lengkap universitas beserta kontak, misalnya saja fax, email, dan juga nomor telepon. Kurang lebih seperti itu dalam penulisan cover makalah yang baik dan benar.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1