Efek Samping Hibernasi Aplikasi Android

Efek Samping Hibernasi Aplikasi Android – Hibernasi merupakan suatu keadaan tidur panjang atau menonaktifkan segala hal yang tidak diperlukan dengan tujuan untuk menghemat energi. Istilah hibernasi bisa digunakan pada apa pun mulai dari hewan seperti beruang hingga sebuah smartphone, istilah hibernasi pada sebuah smartphone yakni menidurkan atau menonaktifkan aplikasi agar tidak bisa berjalan secara diam – diam di latar belakang yang akan dapat mengakibatkan lambatnya kinerja smartphone yang Anda miliki.

Bagi Anda yang menginginkan kinerja smartphone Anda berjalan dengan lancar dan cepat tentunya Anda dapat menggunakan cara hibernasi yang biasanya dilakukan dengan aplikasi yang bernama Greenify. Aplikasi dengan logo daun berwarna hijau ini akan dapat dengan mudah menghibernasi berbagai aplikasi pada perangkat Android yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja serta menghemat baterai smartphone Anda. Namun tahukah Anda bahwa ternyata melakukan hibernasi aplikasi memiliki efek samping, berikut ulasannya.

 

Efek Samping Hibernasi Aplikasi Android

  1. Tidak Ada Notifikasi

Salah satu efek samping dari hibernasi pada aplikasi Android adalah hilangnya notifikasi yang biasanya muncul untuk memberitahukan berbagai informasi penting. Seperti pesan masuk, update aplikasi, dan lain sebagainya yang biasanya ada pada aplikasi – aplikasi media sosial. Jika Anda melakukan hibernasi pada smartphone Anda maka notifikasi tersebut pun tidak akan muncul hingga Anda membukanya.

  1. Tidak Berjalan Sempurna

Efek samping kedua dari hibernasi aplikasi adalah adanya aplikasi yang tidak berjalan secara sempurna pada smartphone Android Anda. Sebagian aplikasi ada yang melakukan backup secara otomatis. Sebagiannya lagi melakukan update secara otomatis, dan lainnya. Jika Anda melakukan hibernasi maka semua tugas tersebut akan dinonaktifkan hingga Anda membuka aplikasi yang bersangkutan.

  1. Hubungan Antar Aplikasi Terputus
Baca Juga  Cara Transfer Poin Telkomsel Terbaru

Efek samping yang ketiga dari hibernasi aplikasi pada perangkat Android Anda adalah terputusnya hubungan antar aplikasi yang ada pada smrtphone Anda. Beberapa aplikasi, terutama aplikasi media sosial biasanya saling terhubung atau bersambungan antara satu dengan lainnya misalnya Instagram yang membutuhkan notifikasi dari Facebook maka fungsi seperti ini akan dinonaktifkan.

 

  1. Tidak Adanya Event Tertentu

Selanjutnya ada efek samping yang didapat dari hibernasi pada aplikasi smartphone yakni tidak adanya event yang muncul yang bertugas untuk menjalankan aplikasi tertentu, contoh paling mudah adalah pada saat Anda baru saja selesai menginstal suatu aplikasi maka biasanya akan muncul pemberitahuan yang menyatakan bahwa apakah aplikasi tersebut tidak mengandung virus, maka hal ini tidak akan muncul.

  1. Menganggu Sistem

Efek samping kelima yang akan didapat dari hibernasi aplikasi di smartphone Anda adalah dapat mengganggu sistem yang berjalan pada Android terutama jika Anda salah melakukan hibernasi aplikasi yang seharusnya tidak perlu dihibernasi, di antaranya adalah hibernasi jam alarm yang akan membuat alarm tidak berjalan sebagaimana mestinya, serta berbagai aplikasi lainnya yang tidak boleh dihibernasi.

Hibernasi memang dapat membuat kinerja smartphone Android yang Anda miliki lancar serta dapat menghemat baterai smartphone, namun Efek Samping Hibernasi Aplikasi Android jika dilakukan secara sembarangan malah akan membahayakan smartphone Anda.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1