Penggunaan kata pengantar tentunya menjadi sebuah halaman yang cukup sederhana namun juga perlu mendapat perhatian tersendiri. Dimana didalam kata pengantar ini kamu harus mengutarakan maksud penyusunan makalah kamu tersebut. Serta beberapa pesan maupun ucapan yang ingin kamu sampaikan kepada pembaca. Kata pengantar makalah pkn pada kalimat awal biasanya berupa ucapan puji syukur atau ucapan terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas segala kemudahan yang telah diberikannya kepada kamu dalam penyusunan makalah tersebut.

Sebagai contohnya, Puji Syukur kehadirat Allah SWT yangmana dengan rahmat dan hidayah Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat serta salam semoga tercurahkan slalu pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Rasa syukur terhadap Tuhan ini dapat kamu ubah tergantung dari agama kamu. Serta tergantung dari kreatifitas penggunaan kata dari kamu sendiri. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan kalimat tujuan penyusunan makalah tersebut.

 

Kata Pengantar Makalah PKN disertai Tujuan Secara SIngkat

Hal ini dimaksudkan agar pembaca yag melihat makalah kamu. Dapat langsung mengetahui tujuan penyusunan makalah kamu tersebut. Sebagai contohnya, Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran PKN yang diampu oleh Bapak Budi, S.Pd. Tujuan penyusunan ini dapat juga kamu kembangnkan kalimatnya. Namun harus terlihat nyambung dan teradapat tumpukan kata didalamnya.

Hal ini dikarenakan dalam sebuah kata pengantar. Kalimat yang ada didalamnya harus mengandung tulisan yang singkat, padat, dan jelas maksud serta tujuannya. Dalam penyusunan kata pengantar tidak diperkenankan menggunakan kalimat yang panjang bertele-tele. Hanya supaya mendapat jumlah kalimat yang banyak serta memperoleh halaman yang tebal.

Penggunaan Kata pengantar makalah pkn ini juga harus menyertakan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kamu dalam penyusunan makalah ini. Kamu dapat menyebut nama seseorang serta perannya yang telah ia berikan kepada kamu dalam penyusuanan makalah ini. Hal ini juga merupakan sebuah tata karma. Dimaksudkan agar kamu akan mengingat jasa-jasa orang lain yang telah membantu kamu, jika kamu membaca makalah kamu ini dikemudian hari nanti.

Penyebutan nama-nama orang yang telah membantu kamu dapat urutkan dari orang yang paling banyak berjasa serta kontribusinya paling besar dalam penyusunan tersebut, seperti contohnya narasumber, mereka adalah orang yang paling berpengaruh dalam penyusunan makalah  ini karena dari merekalah kita bisa memiliki materi / bahan sehingga bisa kita lakukan analisis dalam bab pembahasan. Setelah itu kamu dapat menyertakan nama-nama orang penting lainnya yang juga menjadi bagian terbesar dalam penyusunan makalah tersebut.

 

Menyisipkan Ucapan Terima Kasih

Selain itu, kamu juga dapat menyertakan nama orang tua kamu. Sebagai bentuk wujud terimakasih atas semua dukungan moril dan materiil yang telah mereka berikan kepada kamu. Tak lupa, kamu juga bisa mencantumkan nama teman-teman kamu. Namun jika jumlah nya terlalu banyak kamu bisa mengambil satu atau dua nama sebagai perwakilan. Sebagai contoh terimakasih kepada Ani, shinta, Stefi, dll yang telah memberikan semangat serta bantuannya dalam penyusunan makalah ini.

Kalimat terakhir yang bisa kamu masukkan dalam Kata pengantar makalah pkn adalah ucapan permintaan maaf, karena tentunya tidak ada hal yang sempurna dibumi ini selain Allah SWT. Oleh karena itu, kamu juga harus memberikan ucapan permintaan maaf apabila terdapat kesalahan dalam penyusunan makalah tersebut. Kamu juga harus bersedia menerima saran dan tanggapan yang mungkin akan muncul dari pembaca pada kemudian hari. Diakhir kata, kamu bisa menyertakan alamat dan tanggal pembuatan makalah tersebut pada pojok kanan bawah, serta pemberian identitas penyusun serta tandatangan.

Demikian ulasan singkat cara membuat kata pengantar makalah pkn yang simpel dan sederhana. Namun tepat pada poin-poin yang memang biasanya ada. Sehingga tampak singkat dan jelas tujuan. Semoga informasi ini bermanfaat.

UA-113975400-1