Penyebab dan Cara Mengatasi Android Sering Restart Sendiri

Penyebab dan Cara Mengatasi Android Sering Restart Sendiri – Smartphone Android adalah perangkat yang saat ini telah dimiliki oleh hampir semua orang, kepopuleran perangkat mungil yang satu ini tidak lain disebabkan karena fungsinya yang sangat beragam. Ya, selain memiliki fungsi utama sebagai alat komunikasi, ternyata smartphone bersistem operasi Android juga telah bisa digunakan untuk menjelajah dunia maya, bermain game, mendengarkan musik, menonton video, melakukan transaksi bisnis, dan berbagai macam fungsi lainnya yang sangat beragam.

Meskipun memiliki fungsi yang sangat beragam, namun terkadang smartphone Android juga mengalami beberapa masalah. Salah satu masalah yang cukup sering dialami oleh para pengguna Android adalah smartphone yang sering restart dengan sendirinya. Masalah yang satu ini tentu saja akan sangat mengganggu dan membuat jengkel karena Anda tidak bisa menggunakan smartphone dengan nyaman. Bagi Anda yang sering mengalami masalah tersebut, berikut ini kami ulas penyebab dan cara untuk mengatasi Android sering restart sendiri.

 

Penyebab dan Cara Mengatasi Android Sering Restart Sendiri

Penyebab Android Sering Restart Sendiri

  1. Sistem Operasi Mengalami Error

Salah satu hal yang menjadi penyebab mengapa smartphone Android sering restart sendiri adalah karena sistem operasi yang mengalami error. Pada umumnya hal ini terjadi karena Anda belum melakukan update sistem operasi Android ke versi yang lebih baru. Sistem operasi yang belum diupdate biasanya akan memiliki beberapa bug yang bisa mengakibatkan sistem melakukan restart sendiri.

  1. Kerusakan Hardware

Selain sistem operasinya itu sendiri, ternyata perangkat keras atau hardware juga bisa menjadi penyebab utama dari smartphone Android yang sering restart sendiri. Jika Anda sudah menggunakan sistem operasi versi terbaru, maka sudah jelas bahwa komponen hardware mengalami kerusakan. Pada umumnya kerusakan pada RAM dan CPU akan bisa membuat smartphone mengalami restart.

Baca Juga  Cara Root Android Dengan PC Untuk Semua Tipe Smartphone

 

Cara Mengatasi Android Sering Restart Sendiri

  1. Mencabut Baterai

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi smartphone Android yang sering restart sendiri adalah dengan mencabut baterai, hal ini dilakukan dengan tujuan agar chipset tidak menerima pasokan energi terlebih dahulu. Untuk melakukannya, Anda bisa mematikan smartphone kemudian mencabut baterainya selama beberapa saat, setelah itu pasang kembali dan hidupkan smartphone.

  1. Membersihkan Cache

Jika smartphone Android sering mengalami restart sendiri, maka Anda bisa mencoba membersihkan cache untuk mengatasinya. Seperti yang Anda tahu bahwa cache yang tidak pernah dibersihkan akan menumpuk dan mengakibatkan berbagai macam masalah yang mengganggu kinerja smartphone, Anda bisa membersihkan cache secara berkala untuk mengatasi masalah ini.

  1. Memperbarui Aplikasi

Apabila kedua cara di atas belum mampu menyelesaikan masalah smartphone yang sering restart sendiri, maka Anda bisa mencoba untuk memperbarui semua aplikasi yang terpasang pada smartphone Android. Perlu Anda ketahui bahwa beberapa aplikasi yang belum diperbarui biasanya memiliki bug yang akan menyebabkan beberapa masalah, salah satunya adalah sistem yang restart sendiri.

Masalah smartphone Android yang sering restart sendiri memang menjengkelkan, oleh karena itu Anda harus mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1