Penyebab dan Cara Mengatasi Bootloop di Android

Penyebab dan Cara Mengatasi Bootloop di Android – Smartphone Android merupakan perangkat yang sangat populer di seluruh dunia, pasalnya smartphone bersistem operasi Android memiliki sangat banyak kelebihan di mana Anda telah bisa melakukan berbagai macam hal yang sangat beragam melalui perangkat ini. Terlepas dari berbagai kelebihan yang dimiliki oleh smartphone bersistem operasi Android, ternyata perangkat yang satu ini juga terkadang mengalami beberapa masalah. Salah satu masalah yang biasa terjadi pada smartphone Android adalah bootloop.

Bootloop, istilah yang satu ini mungkin sudah sangat sering Anda dengar, bootloop sendiri adalah salah satu mimpi terburuk bagi para pemilik smartphone Android. Pasalnya jika sebuah smartphone Android mengalami masalah bootloop, maka akan membuat perangkat tersebut akan terus berada di boot screen tanpa bisa masuk ke layar home ataupun menu utama. Mengalami masalah bootloop tentu saja akan membuat Anda panik dan bingung, namun pada kesempatan kali ini akan kami ulas penyebab dan cara mengatasi bootloop di Android.

 

Penyebab dan Cara Mengatasi Bootloop di Android

Penyebab Bootloop

  1. Flashing Custom ROM

Salah satu hal yang menyebabkan smartphone Android mengalami bootloop adalah flashing custom ROM, pada umumnya flashing custom ROM yang baru akan membuat adanya dalvhik cache yakni data lama yang belum terhapus. Perlu Anda ketahui bahwa data lama tersebut justru digunakan oleh sistem yang baru sehingga paket custom ROM yang rusak akan mengakibatkan terjadinya bootloop.

  1. Instal Mod

Smartphone bersistem operasi Android memang lebih mudah untuk dikustomisasi atau dimodifikasi dibandingkan dengan iPhone, namun hal ini juga bisa berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar. Apabila Anda menginstal mod yang tidak kompatibel dengan dengan ROM yang Anda gunakan, maka hal ini akan bisa mengakibatkan error dan smartphone Android mengalami bootloop.

  1. Salah Mengatur Permission
Baca Juga  Google Pixel Slate Terbaru dengan Prosesor Core i7 yang Handal

Hal ketiga yang juga bisa menjadi penyebab smartphone Android mengalami masalah bootloop adalah karena salah mengatur permission. Perlu Anda ketahui bahwa sistem operasi Android sangat bergantung terhadap sistem permission, oleh karena itulah maka Anda harus mengaturnya dengan benar karena pengaturan permission yang salah akan membuat smartphone mengalami bootloop.

 

Cara Mengatasi Bootloop di Android

  1. Membersihkan Dalvik Cache

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bootloop di Android adalah dengan membersihkan dalvik cache, hal ini terutama dilakukan jika smartphone Anda mengalami bootloop setelah melakukan flashing custom ROM yang baru. Anda bisa mematikan smartphone Android dengan cara melepas baterainya, kemudian nyalakan lagi dan masuklah ke mode recovery untuk menghapus dalvik cache.

  1. Menghapus Data

Cara selanjutnya yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi smartphone Android yang mengalami masalah bootloop adalah dengan menghapus data, namun sebaiknya Anda melakukan backup terlebih dahulu agar datanya terselamatkan. Untuk melakukannya, Anda bisa masuk ke mode recovery, kemudian masuk ke menu backup & restore, setelah itu pilih opsi wipe data.

Anda tidak perlu panik ketika mengalami masalah bootloop pada smartphone Android, pasalnya Anda bisa melakukan beberapa cara di atas untuk mengatasinya.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1