Penyebab dan Ciri Baterai Smartphone Yang Bocor

Diposting pada

Penyebab dan Ciri Baterai Smartphone Yang Bocor – Smartphone atau ponsel pintar berbasis Android telah menjadi salah satu perangkat yang sangat populer di mana perangkat ini telah digunakan oleh hampir semua orang. Smartphone memang memiliki banyak sekali kelebihan di mana hal tersebut akan sangat membantu aktivitas manusia. Selain memiliki banyak kelebihan, ternyata smartphone juga memiliki kekurangan layaknya produk elektronik yang lainnya, salah satunya adalah baterai bocor yang sering dialami oleh banyak orang.

Baterai yang bocor memang salah satu masalah yang sangat sering terjadi, masalah yang satu ini akan menyebabkan daya baterai pada smartphone menjadi cepat habis secara tidak wajar seperti misalnya baterai yang drop padahal baru saja dicharge. Masalah baterai yang bocor tentu saja sangatlah menjengkelkan karena akan mengganggu aktivitas di mana Anda tidak bisa menggunakan smartphone secara normal karena baterai yang cepat terkuras habis. Pada kesempatan ini akan kami ulas penyebab dan ciri baterai smartphone yang bocor.

 

Penyebab dan Ciri Baterai Smartphone Yang Bocor

Penyebab Baterai Smartphone Bocor

  1. Terlalu Sering Menggunakan Power Bank

Salah satu hal yang bisa menjadi penyebab baterai smartphone bocor adalah karena terlalu sering menggunakan power bank. Meskipun power bank sangatlah membantu karena dimensinya yang kecil sehingga mudah untuk Anda bawa, namun sebaiknya Anda tidak menggunakannya terlalu sering. Perlu Anda ketahui bahwa menggunakan power bank terlalu sering akan membuat baterai menjadi rusak.

  1. Mengecas Sambil Bermain Game

Hal berikutnya yang juga bisa menyebabkan baterai smartphone menjadi bocor adalah karena Anda mengecas smartphone sambil bermain game. Hal yang satu ini juga masih sangat sering dilakukan oleh para pengguna smartphone, pasalnya mereka terlalu asyik dan tidak bisa berhenti memainkan game, padahal hal tersebut akan membuat baterai menjadi cepat panas dan juga bocor.

  1. Sering Membiarkan Smartphone Mati Total

Ada sebagian pengguna smartphone yang membiarkan perangkatnya sampai kehabisan baterai hingga mati total, hal ini sebenarnya tidak boleh dilakukan karena akan bisa memperpendek usia pemakaian baterai dan bahkan menyebabkan baterai menjadi bocor. Alangkah baiknya jika Anda segera melakukan pengisian daya sebelum indikator baterai di bawah 20 persen.

 

Ciri Bateri Smartphone Yang Bocor

  1. Bateri Menggembung

Ciri pertama dari baterai smartphone yang bocor adalah bentuknya yang menggembung, ciri yang satu ini memang paling mudah untuk Anda ketahui karena tampak dengan jelas. Anda bisa memperhatikan kondisi fisik baterai secara langsung atau dengan meraba bagian permukaannya, selain itu Anda juga bisa memutar baterai di atas lantai yang datar guna memastikannya.

  1. Persentase Penambahan Daya Yang Tidak Biasa

Ciri kedua dari baterai smartphone yang bocor adalah persentase penambahan baterai yang tidak biasa. Hal ini bisa Anda perhatikan pada saat mengecas di mana daya baterai smartphone akan cepat sekali terisi penuh, namun juga sangat cepat berkurang setelah Anda mencabut smartphone dari charger, hal ini merupakan bukti yang sangat jelas bahwa baterai smartphone Anda bocor.

Apabila baterai smartphone Anda mengalami masalah, maka Anda bisa mengetahui beberapa penyebab dan juga ciri baterai yang bocor.

 

One thought on “Penyebab dan Ciri Baterai Smartphone Yang Bocor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *