Mengetahui rumus daya listrik sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Mendengar daya listrik tentu saja bukanlah hal yang asing ditelinga banyak orang. Namun jika ditanyakan pengertiannya, tidak sedikit orang yang tidak bisa menjawabnya dengan jelas. Ya, berbagai hal tentang daya listrik memang tentunya berkaitan dengan rangkaian listrik dan bidang ilmu fisika. Listrik atau lebih tepatnya tegangan listrik merupakan sumber tenaga yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal. Tegangan listrik akan menghasil daya listrik. Dan jika ada beban yang menempel pada rangkaian listrik tertentu maka akan menyerap daya listrik yang tersedia.

Contoh mudahnya adalah setrika ketika telah tersambung dengan aliran listrik akan menyerap daya listrik untuk bisa mengubahnya menjadi panas. Contoh lainnya tentu saja sangat banyak dan hampir semua barang elektronik akan memiliki analogy yang sama. Secara pengertian yang lebih jelas, daya listrik bisa disebut sebagai tingkat konsumsi listrik yang diambil oleh suatu beban atau benda yang berada dalam rangkaian listirik. Dan untuk mengetahui berapa besaran daya listrik, telah diketahui tentang rumus daya listrik. Tahukah Anda tentang rumus untuk menghitung daya listrik?

 

Rumus Daya Listrik dan Penerapannya Sehari-hari

Tidak sulit untuk memahami tentang daya listrik termasuk juga rumusnya. Jika Anda terbilang tidak tahu sama sekali tentang daya listrik, maka tidak perlu khawatir karena untuk mencarinya sangatlah mudah. Rumus untuk menenemukan daya listrik juga terbilang sangat sederhana dan semua keterangan rumusnya pun sangat mudah dipahami. Namun memang, jika sama sekali tidak tahu tentang daya listrik dan rumusnya maka tidak akan terbayang seperti apa. Untuk bisa membuat Anda lebih paham, di sini akan diberikan ulasan pentingnya untuk Anda termasuk uraian rumusnya:

  • Berdasarkan konsep usaha terdapat rumus yang bisa diketahui untuk daya listrik. Rumus yang dimaksud adalah P = E / t. P merupakan simbol daya listrik, E untuk energy yang ditunjukkan dengan satuan joule dan simbol t untuk satuan waktu.
  • Perlu diketahui bahwa simbol P menunjuk pada arti power. Namun pada satuan yang diakui internasional disebut dalam W atau Watt (watt = joule per detik). Beberapa persamaan yang biasanya penting untuk dihafalkan misalnya 1 miliwatt = 000,1 watt dan 1 megawatt = 000.000 watt.
  • Untuk mengetahui besaran daya listrik dari sebuah rangkaian listrik ada rumusnya. rumus daya listrik yang dimaksud adalah P = V x I. P untuk symbol Power atau daya listrik dengan satuan watt, V untuk volt atau tegangan listrik dan juga I untuk ampere atau arus listrik. Selain rumus tadi, terdapat rumus juga yang serupa yaitu P = I2R atau P = V2 R dalam rumus ini menunjuk pada hambatan yang menggunakan satuan Ohm.

 

Perbanyak Latihan Soal

Pelajari tentang contoh kasus atau soal latihan. Berbagai hal tentang daya listrik tadi memang terbilang mudah dan sangat sederhana. Namun jika Anda menganggapnya sebelah mata, maka bisa jadi akan terasa susah ketika sedang menghadapi soal latihannya. Maka dari itu, jika ingin lancar dalam mengerjakan ujian maka penting sekali untuk berlatih soal.

Itulah tadi uraian lengkap tentang daya listrik dan juga termasuk ulasan rumus daya listrik. Berbagai ulasan tadi peril dipahami secara mendalam terutama oleh Anda yang sedang menempuh pendidikan yang mengajarkan tentang rakaian listrik dan khususnya daya listrik. Bab daya listrik ini terbilang sederhana namun tetap saja tidak boleh dianggap sepele agar tidak menyesal dikemudian hari.

UA-113975400-1