Apa yang terlintas dipikiran Anda tentang logaritma? Berbicara soal logaritma matematika maka biasanya banyak orang yang sudah ketakutan tidak bisa menjawab soal-soalnya. Jika hal ini terjadi pada Anda, tidak perlu takut karena Anda tidak sendirian. Ya, logaritma matematika memang terdengar menyeramkan untuk orang yang belum paham atau hanya sekadar mendengarnya saja. Namun ketika menyelami lebih dalam, sebenarnya berbagai hal tentang logaritma termasuk juga Rumus Logaritma sangatlah mudah dipahami dan diingat. Sayangnya, sebesar apapun kebencian Anda terhadap logaritma, Anda tetap akan bertemu dengan bahasan yang satu ini.

Untuk materi matematika sekolahan, memang logaritma selalu diberikan dan bahkan selalu menjadi materi untuk ujian. Jika tidak mempelajarinya, tentu saja hal ini akan berdampak buruk pada diri Anda yang sedang menempuh studi. Namun tenang, di sini akan diulas berbagai macam hal yang bisa membuat Anda mengenal lebih dalam tentang logaritma dan juga akan diulas tentang bagaimana cara mengusainya. Penasaran seperti apa ulasannya? Ikuti terus penjelasannya berikut ini:

 

Bahasan Penting tentang Rumus Logaritma

Ada beberapa bahasan penting tentang logaritma yang harus Anda pelajari. Beberapa hal tersebut sangat berpengaruh pada keberhasilan Anda dalam menjawab berbagai macam soal tentang logaritma. Jika Anda termasuk orang yang ingin tahu apa saja hal-hal yang dimaksud, ikutilah penjelasan berikut ini:

  • Pertama, kenalilah terlebih dahulu apa pengertian dari logaritma. Perlu diketahui, logaritma merupakan kebalikan dari suatu hasil atau bilangan perpangkatan. Contoh yang paling sederhana misalnya sebuah perpangkatan ac = b maka bentuk logaritmanya adalah alog b = c. Pemahaman dasar seperti ini harus benar-benar Anda kuasai agar bisa melangkah lebih jauh dalam bahasan logaritma.
  • Kedua, selain menghafal Rumus Logaritma tadi perlu sekali Anda ketahui keterangannya. Pada contoh yang diberikan di atas, a disebut sebagai bilangan pokok. Sedangkan untuk huruf b disebut bilangan numerus. Dan huruf c merupakan hasil logaritmanya. Namun terdapat catatan yang harus diketahui, jika huruf a memiliki nilai 10, maka biasanya tidak dituliskan. Sehingga yang akan terlihat hanyalah log b = c.
  • Ketiga, salami dan hafalkan tentang beberapa hal. Beberapa hal yang dimaksud yaitu tentang sifat-sifat logaritma misalnya logaritma perkalian, logaritma pembagian, sifat logaritma berbanding terbalik, logaritma berlawanan tanda, sifat logaritma perpangkatan, hingga bagaimana cara mengubah basis logaritma. Berbagai sifat logarima ini haruslah bisa dipahami secara perlahan dan menyeluruh karena memang berbeda-beda antara sifat yang satu dan lainnya.
  • Keempat, berbagai sifat logaritma perlu sekali latihan soal yang intensif. Artinya, jika Anda hanya menghafal rumus dan menghafal sifat logaritma saja maka Anda tidak akan bisa menguasai dan menjawab soal-soal logaritma. Hal ini sangatlah penting untuk disadari bahwa memang perlu sekali Anda berlatih tentang soal-soal logaritma agar bisa mengaplikasikan rumus dan mengingat sifatnya secara lebih lancar.

 

Rumus Logaritma dan Latihan Soal

Berbicara tentang pentingnya latihan soal-soal logaritma, Anda diuntungkan dengan kemajuan zaman. Ya, belajar tentang logaritma termasuk menjawab berbagai macam soal-soal latihan kini sudah sangat mudah dilakukan. Misalnya untuk pencarian kumpulan soal logaritma, maka Anda bisa mencarinya diinternet agar bisa mendapatkan soal yang beragam yang bahkan tidak ada di buku materi.

Selain itu, agar bisa lebih memahamai tentang Rumus Logaritma dan sifat-sifatnya maka Anda bisa juga mencari video penjelasan tentang logaritma yang lebih menarik, jelas, dan juga menggunakan metode yang menyenangkan untuk belajar. Bisa juga Anda mencari bimbingan online agar bisa mendapat bantuan untuk mempelajari logaritma.

UA-113975400-1