Cara untuk Menentukan Rumus Percepatan dan Contohnya

Aktifitas sehari-hari banyak sekali berkaitan dengan apa itu kecepatan serta perlambatan.  Pada artikel ini akan menunjukkan bagaimana untuk menggunakan rumus fisika dalam kehidupan sehari-hari.  Seperti misalnya ketika Anda sedang menaiki sebuah sepeda pada suatu jalanan yang menurun. Tentunya sepeda tersebut akan memiliki kecepatan yang semakin bertambah dan terus cepat ketika jalanan semakin menurun.  Apabila kita melakukan pengereman maka kecepatan tersebut akan melambat. Tetapi ketika kita melepaskan rem tersebut maka akan membuat laju sepeda semakin cepat.  Oleh karena itu, kecepatan pada sebuah sepeda akan bertambah secara teratur.  Untuk suatu percepatan dan perlambatan pada suatu benda besarnya dapat kita hitung dengan menggunakan rumus percepatan serta rumus perlambatan.

Anda juga bisa melihat suatu contoh percepatan pada sebuah kelereng. Kelereng tersebut akan semakin bertambah cepatnya apabila berada pada jalanan yang menurun dan akan melambat apabila berada pada jalanan yang menanjak. Hal inilah yang membuktikan bahwa kita dapat melihat percepatan serta perlambatan pada sekeliling kita.  Hal ini akan kita bahas mengenai bagaimana rumus percepatan serta contohnya yang bisa Anda simak :

Percepatan merupakan suatu peristiwa yang terjadi pada perubahan kecepatan setiap waktu.  Akan tetapi, Anda juga yang menyebut bahwa percepatan merupakan suatu perubahan dalam suatu aktivitas kecepatan yang terjadi pada setiap detiknya.  Anda juga bisa melihat beberapa contoh kecepatan pada sekeliling seperti :

  • Buah kelapa yang bergerak jatuh pada tanah dan kelapa tersebut akan memiliki suatu gerakan yang akan semakin lama tentunya akan semakin cepat
  • Sepeda yang bergerak mampu menuruni jalan serta kecepatannya akan semakin bertambah seiring dengan waktu
  • Dan sepeda motor yang Anda gas dengan kencang maka tentunya akan memiliki suatu gerakan yang akan semakin bertambah dengan cepat.
Baca Juga  Rumus Daya Listrik dan Pengertiannya

Rumus Percepatan dan Penggunaannya

Dan kemudian Anda bisa menghitung nilai percepatan tersebut menggunakan suatu rumus yang rumusnya yaitu seperti berikut ini

rumus percepatan

Keterangannya yaitu :

A = percepatan

Vt =  Akhir kecepatan

V = kecepatan awal

T = waktu

Demikian bagaimana menentukan atau menghitung rumus percepatan yang telah diberikan. Dengan mengetahui bagaimana cara untuk menghitung rumus dari percepatan ini tentunya bisa membuat Anda dapat mengetahui dan menambah wawasan dalam ilmu fisika mengenai percepatan. Mungkin selama ini kita hanya mengetahui secara sekilas mengenai apa itu percepatan tanpa mengetahui rumusnya. Dengan adanya hal ini tentunya sangat membantu untuk mengetahui bagaimana cara menghitung rumusnya. Selain dari itu juga perlu untuk Anda ketahui bahwa untuk menghitung sebuah rumus dari percepatan dan juga perlambatan maka terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan yang hal ini bisa Anda ketahui dari banyak sumber yang memberikan contoh untuk menghitung suatu percepatan dan perlambatan.

Meskipun banyak yang mengatakan bahwa untuk menghitungnya membutuhkan suatu praktek secara langsung, namun Anda bisa menghitungnya dari banyak hal dan bisa menggunakan teori dasar yang saat ini sudah banyak diberikan. Dengan begitu, maka Anda bisa mengetahui secara detail bagaimana cara untuk menghitung rumusnya. Oleh karenanya, apabila Anda menghitung atau menentukan suatu rumus suatu percepatan dan perlambatan maka Anda harus mengetahui terlebih dulu bagaimana cara perhitungannya yang salah satu contohnya seperti yang telah diberikan mengenai rumus percepatan yang tentunya bisa menambah pengetahuan Anda.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1