Rumus Perkalian Matriks dan Penjelasannya

Dalam dunia hitungan atau mata pelajaran matematika, tentunya sudah sangat dekat dengan istilah rumus perkalian matriks bukan?  Materi ini sudah diajarkan pada jenjang sekolah menengah atas atau SMA atau bahkan di beberapa sekolah menengah pertama sudah mulai dikenalkan. Lalu apa yang dimaksud  dengan perkalian matriks? Sebelum kita berbicara lebih jauh mengenai perkalian matriks, alangkah lebh baiknya jika kita mengetahui tentang matriks terlebih dahulu.

Matriks bisa dikatakan sebagai baris. Jadi jika kita berbicara perkalian matriks berarti setiap baris dikalikan dengan tiap kolom dengan jumlah pada baris yang sama. Dengan mengalikan kedua angka tersebut akan menjadikan rumus perkalian matriks sehingga angkan yang dicaripun bisa ditemukan. Rumus martriks sebenarnya ada beberapa macam operasi dasar, diantaranya adalah rumus penjumlahan matriks, rumus pengurangan matriks, rumus perkalian saklar matriks, dan rumus mencari perkalian matriks.  Untuk informasi lebih lanjut dan penjelasan yang lebih detailnya, artikel ini akan membahasnya hanya untuk anda. Penasaran dengan informasinya? Langsung saja simak ulasan dan penjelasannya di bawah ini:

 

Rumus Perkalian Matriks berikut Penjelasannya

Berikut adalah penjelasan mengenai rumus perkalian matriks yang harus anda perhatikan dan anda kuasai jika anda ingin terjun dalam pekerjaan yang mengandalkan hitung menghitung, diantaranya adalah:

  1. Operasi hitung dasar seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian dan juga perkalian. Di dalam operasi hitug ini hampir sama dengan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, pembagian dan juga perkalian pada umumnya. Hanya saja dalam materi matriks ada cara yang membedakannya. Di dalam operasi hitung matriks anda harus menggunakan metode matriks dengan memasangkan baris pada matriks pertama dengan kolom pada matriks kedua. Jika perkalian, urutan baris di kiri yang pertama dikalikan dengan baris yang di kanan yang pertama, urutan yang kedua pun juga sama, dikalikan dengan posisi yang sama pada tiap ruas matriks. Tentu saja cara pengoperasiannya disesuaikan dengan permintaan operasi hitung dalam soal ya teman-teman. Apakah perkalian, penjumlahan, pengurangan, dan lain sebagainya.
  2. Rumus perkalian matriks saklar. Rumus perkalian matriks saklar ini dilakukan dengan cara konstanta. Yang mana ini berarti nilai matriks bisa dikalikan dengan cara mengalikan setiap komponen nilai matriks dengan saklar atau satu pusat. Sebagai contoh anda akan mengalikan matriks A dengan komponen K. Maka setiap matriks yang ada dikalikan dengan satu komponen yaitu K tersebut.  Ini merupakan salah satu rumus operasi hitung yang lebih mudah dan simple dibandingkan dengan rumus operasi hitung perkalian, penjumlahan, pengurangan dan lain sebagainya.
Baca Juga  2 Metode Dalam Mengerjakan Rumus Keliling Lingkaran

 

Ulasan Lanjutan Mengenai Matriks

Inilah sedikit ulasan dan penjelasan mengenai rumus perkalian matriks dan juga penjelasannya di setiap macam-macam dan jenis matriks.  Bagaimana, dengan adanya ulasan dan penjelalasan di atas apakah bisa membantu anda dalam mendapatkan informasi, atau justru sebaliknya embuat anda tambah bingng dan pusing?

Memang jika kita mempelajari hitungan, kita tidak bisa langsung serta merta untuk bisa, kita perlu mempelajari dan memahami secara berulang-ulang agar kita benar-benar paham.  Jadi, jangan putus anda dan pantang semangat untuk belajar dan mempelajari soal hitungan.

Ingat, tidak ada yang tidak mungkin bukan?  Walaupun anda pada mulanya tidak menyukai materi dan pembahasan yang identic dengan hitungan, namun seiring dengan berjalannya waktu anda akan bisa Tentu saja juga dibarengi dengan usaha mempelajarinya ya.  Semoga dengan adanya ulasan dan penjelasan di atas bisa bermanfaat dalam memberikan pengetahuan. Selamat mencoba dan jangan lupa belajar.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1