Rumus Segitiga untuk Mendapatkan Luas Segitiga

Mencari luas dalam suatu bidang tentu saja tidak bisa sembarangan.  Kita juga harus memahami dan menguasai rumus yang berbeda-beda dalam setiap bangunnya. Seperti yang kita tahu bahwa bangun dalam setiap kehidupan kita sehari-hari tentunya sangat banyak dan bermacam-macam. Ada yang berbentuk persegi, trapesium, jajar genjang, dan juga segitiga yang dicari dengan rumus segitiga.

Untuk mendapatkan nilai luas semua bentuk bangun tersebut memiliki rumus yang berbeda-beda. Jadi sebelum anda bisa menentukan luas, anda harus tahu dan paham terlebh dahulu mengenai rumus yang digunakan. Seperti dalam bangun segitiga, rumus pada umumnya yang digunakan adalah setengah dikali alas dikali tinggi.  Tidak hanya hafal rumusnya saja, namun anda juga harus memahami yang mana alas dan yang mana tinggi dari segitiga tersebut.

Percuma juga jika anda hafal rumusnya namun anda tidak tahu yang mana alas dan yang mana tinggi. Mungkin untuk rumus segitiga ini tidak terlalu berpengaruh nilainya, tapi untuk luas bangun yang lainnya cukup berpengaruh dengan nilai yang dihasilkannya.  Jadi anda juga harus memahami terlebih dahulu untuk hasil yang tepat. Dalam mencari luas dalam segitga, ada bebarapa cara ataupun langkah yang sangat mudah yang bisa anda praktikkan. Penasaran apa saja cara mudahnya? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan serta penjelasannya di bawah ini:

 

Rumus Segitiga untuk Mencari Luas

Berikut adalah cara mudah mencari hasil dari luas dengan menggunakan rumus segitiga, diantaranya:

  1. Mencari panjang alas dan tinggi dari segitiga tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa rumus dari segitiga itu sendiri adalah setngah dikali alas dikali tinggi. Ini berlaku untuk semua jenis segitiga. Jadi anda juga harus mencari tahu kuran alasnya berapa dan juga ulkuran tingginya berapa terlebih dahulu sebelum anda mulai menghitung nilai luasnya. Alas adalah salah satu sisi segitiga. Sedangkan tinggi adalah jarak antara alas dengan puncak segitiga atau titik tertinggi dari segituga tersebut.
  2. Cara yang kedua adalah siapkan rumus luas segitiga, yakni setengah dikali alas dkali tinggi.
  3. Setelah itu masukkan rumus di atas dengan angka yang telah anda temukan sebelumnya yakni alas dan juga tingginya.
  4. Kalikan terlebih dahulu antara alas dan tingginya. Setelah nilai antara alas dan tinggi ditemukan, kalikan dengan setengah atau setengah dari jumlah perkalian alas dan tinggi dari segitga.
  5. Khusus untuk segitiga siku-siku anda bisa menggunakan rumu phytagotras yang mana ada salah satu sisi yang terpanjang. Sisi terpanjang tersebut biasanya berhadapan lurus dengan sisi siku-siku. Untuk bisa mendapatkan nilainya, anda bisa mencari sisi siku-siku dan sisi terpanjang dari segitga tersebut.  Sisi terpanjang sama dengan jumlah dari kedua sisi yang lebih pendek tersebut.
Baca Juga  Cara untuk Menentukan Rumus Percepatan dan Contohnya

 

Bagian Akhir tentang Rumus Segitiga

Inilah sedikit ulasan dan penjelasan mengenai cara mudah menemukan luas segitiga dengan meggunakan rumus segitiga yang harus anda kuasai dan anda perhatikan.  Jangan sampai salah rumus ya. Semoga dengan adanya ulasan dan penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk anda. Terlebih lagi untuk anda yang membutuhkan informasi dan pengetahuan tentang hitung menghitung yang banyak tidak disukai oleh orang karena sangat sulit dan ribet.

Namun anda tidak perlu berhenti berusaha, anda harus terus belajar memahami soal-soal hitungan dari yang palng mudah terlebih dahulu baru memahami hitung-hitungan yang sulit dan ribet.  Mencari luas segitiga ini tergolong salah satu operasi dalam matematika yang cukup mudah dan sederhana.  Jadi ini bisa anda jadikan latihan terlebih dahulu sebelum anda mempeajari operasi hitung yang ribet dan sulit. Semoga ulasan dan penjelasan di atas bermanfaat untuk anda dalam menambah ilmu pengetahuan.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1