Contoh Makalah Bahasa Indonesia

Menggunakan contoh makalah Bahasa Indonesia yang sudah ada dalam membuat makalah memang cara termudah. Kita hanya perlu menyimak dan mengikuti alur yang sudah ada. Terkait ide, gagasan dan judul makalah bisa menjadi rujukan bagi kita. Kelemahan penulis biasanya dalam mencari topik atau lebih khusus lagi judul makalah yang akan dibuat. Ide inilah yang biasanya sulit timbul jika tidak ada contoh.

Kesulitan selanjutnya adalah mengenai kerangka makalah yang harus kita buat. Bisa juga kita sebut sebagai bagian-bagian makalah. Biasanya kita bingung isi makalah itu apa saja dan bagaimana cara membuatnya.

Apa itu makalah? Sebenarnya ada banyak pengertian untuk istilah yang satu ini, yang salah satunya makalah dapat diartikan sebagai salah satu bentuk karya ilmiah yang berisi mengenai pembahasan sebuah topik atau masalah. Makalah ini disusun secara sistematis agar dapat dipahami oleh pembaca nantinya. Dan berikut adalah contoh makalah bahasa indonesia yang dimulai dari sistem penulisannya yang memiliki susunan seperti di bawah ini. Susunan yang sistematis tersebut terdiri dari sampul atau cover, lalu kata pengantar, daftar isi, Bab I pendahuluan, bab II yang berisi pembahasan, dan bab ketiganya berisi penutup. Setelah itu barulah sampai pada daftar pustaka. Dan yang terakhir adalah lampiran.

Contoh Makalah Bahasa Indonesia dan Sistematika Penyusunannya

Sekarang kita bahas lebih jauh apa saja isi dari contoh makalah bahasa indonesia yang baik dan benar. Jika tadi sudah disebutkan apa saja susunan penulisan makalah, maka kita akan membahas detailnya di bawah ini.

  1. Cover/Sampul

Sampul atau cover sebuah makalah biasanya berisi judul makalah, penulis, serta disertai gambar yang berkaitan. Gambar ini biasanya tidak wajib karena makalah lebih sering dijadikan sebagai tugas, maka lebih sering terdapat logo universitas di bagian cover makalah.

  1. Kata pengantar
Baca Juga  Contoh Rumusan Masalah Makalah

Sedangkan di bagian ini biasanya berisi seputar kata pengantar dari penulis. Berisi ucapan terimakasih kepada pihak yang terlibat, ataupun sedikit pesan penulis untuk pembaca mengenai makalah yang ditulis.

  1. Daftar Isi

Bagian ini tentu saja daftar isi makalah lengkap, berurutan, dan diserta nomor halaman.

  1. Bab I pendahuluan

Di bab ini terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan, serta manfaat dari penulisan makalah tersebut. Untuk latar belakangnya anda dapat jelaskan mengenai pembahasan umum mengenai masalah yang akan anda bahas, lalu ketertarikan anda terhadap masalah tersebut beserta dampak dari masalah tersebut. Setelah itu ralternatif solusi menurut anda yang dapat mengatasi masalah tersebut. Di bawahnya, rumusan masalah berisi daftar masalah yang ada. Lalu di bagian manfaat jabarkanlah manfaat apa saja yang akan didapat dari penulisan makalah. Dan yang terakhir tujuan apa saja yang mendasari anda untuk menulis makalah tersebut.

  1. Bab II

Di bab kedua ini berisi mengenai pembahasan dimana anda menjabarkan fakta maupun teori untuk mendukung pendapat anda yang berkaitan dengan topik yang anda tulis. Bagaimana pendekatan yang anda gunakan serta metode yang dipakai dalam melakukan penelitian dan proses membuta makalah.

  1. Bab III penutup

Selanjutnya di bab ketiga, berisi mengenai penutup yang berisi kesimpulan yang anda ambil setelah pembahasan dan penelitian di bab kedua. Disini juga anda memaparkan apa saja hasil dari penelitian yang anda lakukan serta solusi yang didapat untuk mengatasi masalah yang dibahas di makalah.

  1. Daftar pustaka dan lampiran

Bagian ini hanya berisi beberapa sumber yang anda masukkan untuk memperkuat pembahasan mengenai masalah tadi

            Nah, jika anda ingin menulis makalah, maka pastikan anda menggunakan bahasa yang formal, lugas, dan juga mudah dipahami. Jika berhasil menyusun makalah yang bagus, tentunya anda juga akan memperoleh nilai yang bagus pula jika memang tujuan penulisannya adalah untuk tugas kuliah. Apalagi jika tujuannya untuk menginformasikan kepada pembaca bahwa ada masalah yang harusnya tidak boleh kita abaikan dan ditangani bersama, tentu cara penulisan anda sangat berpengaruh. Demikian, contoh makalah bahasa indonesia dan cara penulisan yang benar.

Baca Juga  Makalah Sumber Daya Alam dan Cara Membuatnya

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1