Contoh Pendahuluan dalam Makalah

Contoh pendahuluan dalam makalah memang diperlukan sebagai referensi bagi penulis. Namun tidak boleh serta merta dijiplak begitu saja. Dalam penulisan bab 1 yang berisi pendahuluan di sebuah makalah, ada beberapa poin yang perlu untuk diperhatikan. Yaitu mulai dari latar belakang hingga manfaat yang bisa didapatkan. Pembuatan pendahuluan ini merupakan landasan yang sangat penting dan juga berfungsi sebagai kerangka kerja terhadap bab-bab selanjutnya.

Hal yang dicantumkan di pendahuluan tentulah harus sesuai dengan apa yang akan dituliskan di bab 2 hingga penutup. Karena pendahuluan berisikan batasan-batasan yang akan dibahas di dalam keseluruhan makalah. Sehingga, bila masih belum benar-benar terbiasa membuat sebuah makalah yang baik, maka akan lebih baik jika memperhatikan contoh pendahuluan dalam makalah yang benar. Sehingga dapat ditiru untuk diterapkan ke dalam makalah yang dibuat.

 

Mengambil Contoh Pendahuluan dalam Makalah di Dunia Maya

Ada beberapa contoh pendahuluan dalam makalah yang bisa dilihat di dunia maya untuk dijadikan sebagai referensi penulisan karya tulis ilmiah. Namun, dari semua contoh yang bisa didapatkan, sebaiknya pilih contoh yang bersumber dari web yang resmi atau web yang bisa dipercaya. Bila ingin lebih baik lagi dalam menyaring contoh yang baik. Maka ambil contoh makalah yang memiliki tingkatan lebih tinggi dari tingkatan makalah yang dimiliki.

Misalnya, untuk membuat makalah bagi tugas sekolah, maka bisa mengambil mencari referensi dari makalah yang dibuat dengan baik oleh mahasiswa. Bila mencari makalah untuk tingkatan perkuliahan sarjana pun bisa mencari referensi makalah yang dibuat oleh program magister, dan seterusnya. Selain itu, ada pula contoh lain yang bisa dijadikan referensi terpercaya. Yaitu makalah resmi yang dibuat oleh para peneliti dalam merangkum penelitian mereka.

Baca Juga  Perbedaan Paper dan Makalah yang Harus Dipahami

Makalah seperti ini memiliki kemungkinan lebih besar untuk dapat dipercaya. Karena penulisan penelitian biasanya benar-benar diperhatikan kaidah penulisannya. Sehingga, para siswa atau mahasiswa sebaiknya jeli dalam memilih mana yang akan dijadikan sebagai contoh. Jangan sampai mendapatkan contoh yang kurang tepat dan justru menggunakan contoh kurang tepat tersebut sebagai referensi dalam menuliskan makalah.

Simak contoh latar belakang makalah sebagai bagian dari pendahuluan dan baca juga ulasan lengkap mengenai cara membuat makalah yang baik dan benar

 

Contoh Pendahuluan dalam Makalah yang baik dan Benar

Sudah ada banyak sekali sumber yang bisa ditemukan dengan mudah di internet. Dengan begitu pun sebenarnya mudah saja menemukan contoh yang tepat bila bersedia untuk mencari dengan sungguh-sungguh. Hindari pula kesalahan dalam penulisan huruf jika akan membuat pendahuluan maupun bagian makalah yang lain. Karena hal seperti ini kurang etis bila dibahas dalam pembuatan karya tulis ilmiah yang baik dan benar.

Salah satu hambatan bagi mahasiswa zaman sekarang adalah tercampurnya sumber terpercaya dan sumber abal-abal. Sehingga mahasiswa pun akan semakin riskan untuk mendapatkan kesalahan dalam membuat suatu makalah. Terlebih, kedua jenis sumber tersebut juga mudah untuk ditemukan di dunia maya. Hanya dengan menuliskan keyword di google saja maka akan bermunculan bebagai contoh pendahuluan dalam makalah yang di dalamnya entah menggunakan kaidah yang tepat atau tidak.

Hal ini hanya bisa dihindari jika para mahasiswa jeli dalam menentukan sumber yang akan dijadikan sebagai contoh, dan merupakan permasalahan yang cukup besar bila mahasiswa sampai merasa enggan untuk mencari mana contoh yang benar, karena ini akan menghambat mereka dalam mempelajari kadiah yang sudah disempurnakan. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk semangat dalam mencari tahu apa yang sekiranya perlu untuk dipelajari dan kemudian mempelajarinya dengan sungguh-sungguh agar semakin berhasil dalam menjadi seseorang yang berkualitas, dan salah satunya adalah dalam menuliskan pendahuluan ini.

Baca Juga  Makalah Tentang Sepak Bola dan Hal-hal yang Perlu Dibahas Didalamnya

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1