contoh rumusan masalah makalah
..

Contoh Rumusan Masalah Makalah

Diposting pada

Mencari contoh rumusan masalah makalah memang diperlukan. Selain mempermudah juga membuat ide dan pemikiran kita semakin terbuka. Namun tidak boleh asal jiplak, salah-salah bisa jadi plagiat. Dalam penulisan makalah, tentu tidak akan terlepas dari pembuatan rumusan masalah di dalamnya. Rumusan masalah ini ada di dalam bab 1 atau pendahuluan, dan biasanya merupakan bagian dari makalah yang kerap membuat penulis makalah bingung terhadap apa yang akan dicantumkan di sana.

Membuat rumusan masalah memang sedikit rumit, karena harus benar-benar diperhatikan dan dipikirkan matang-matang. Rumusan masalah nantinya akan dijadikan sebagai batasan pembahasan bagi para penulis makalah, sehingga harus benar-benar disesuaikan jangan sampai terlalu sempit atau bahkan terlalu lebar. Salah satu trik jitu dalam pembuatan rumusan masalah adalah dengan mempelajari makalah serupa yang dibuat oleh ahli, seperti memperhatikan sebuah makalah penelitian tertentu yang sudah dipatenkan.

 

Contoh Rumusan Masalah Makalah dan Cara Penulisannya

Namun, meskipun sudah melihat berbagai contoh rumusan masalah makalah, terkadang para siswa atau mahasiswa masih kurang memiliki inspirasi apa kalimat yang akan dituliskannya di dalam rumusan masalah. Nah, sebagai salah satu solusi dari permasalahan tersebut, akan lebih baik lagi bila melakukan studi literatur.

Studi literatur merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam mencari penelitian relevan dengan apa yang akan dituliskannya di dalam makalah yang dibuat. Sebagai contoh, bila akan membuat makalah tentang ekonomi, maka cari sebanyak-banyaknya makalah serupa. Makalah seperti ini pun kini semakin mudah ditemukan di internet. Dalam hitungan menit saja, seseorang sudah bisa mendapatkan contoh dalam jumlah yang cukup banyak.

Bila sudah menemukan berbagai makalah serupa yang sekiranya bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran, maka selanjutnya adalah pelajari isi makalah tersebut. Mulai dari latar belakang, hingga pada akhirnya penulisan rumusan masalah itu sendiri. Dalam meperhatikan contoh rumusan masalah makalah tersebut, sebaiknya jangan hanya memperhatikan bab 1 yang berupa pendahuluan saja, tetapi perhatikan pula isi di dalamnya. Perhatikan pula keterkaitan antar teori yang ada di dalamnya, dan bagaimana pembahasannya, serta yang lebih penting lagi adalah kesimpulan yang ada di dalam bab akhir dari makalah tersebut.

Simak juga: Contoh Latar Belakang Makalah dan Cara Penulisannya

Rumusan masalah akan menentukan tujuan yang ada, dan tujuan ini akan dijawab pada poin kesimpulan. Sehingga, secara tidak langsung, rumusan masalah memiliki kaitan yang erat dengan kesimpulan. Sedangkan, kesimpulan harus dibuat berdasarkan landasan teori dan pembahasan dan menuangkannya dalam bentuk kalimat yang mengisi tujuan yang ada. Dengan begitu, maka terlihat sudah bahwa penentuan rumusan masalah akan memiliki efek yang besar terhadap keseluruhan isi makalah.

 

Contoh Rumusan Masalah dalam Makalah

Oleh sebab itu, tentukan terlebih dahulu batasan yang akan digunakan. Misalnya akan membuat makalah mengenai sistem informasi manajemen, maka beri batasan yang berada di sekitar sistem informasi manajemen tersebut. Jika terlalu sempit, maka makalah pun tidak akan sesuai dengan standar yang harus didapatkan. Bila terlalu luas pun, pembahasan akan terlalu banyak dan justru merepotkan penulis nantinya. Untuk menghindari multipersepsi dalam penulisan rumusan masalah, sebaiknya gunakan kalimat yang mudah dipahami dan tidak mengundang pertanyaan lain yang mengganjal.

Simak juga mengenai ‘benang merah’ dalam membuat makalah pada¬†Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Itulah beberapa hal yang bisa diperhatikan dalam mencari contoh maupun membuat sebuah rumusan masalah yang akan digunakan untuk makalah. Rumusan masalah yang baik bukanlah rumusan masalah yang berjumlah banyak, namun rumusan masalah yang dituangkan dalam kalimat efektif dan bisa mewakili apa yang akan disampaikan di dalam makalah tersebut. Sehingga, untuk bisa menuliskannya tentu perlu belajar banyak dari berbagai contoh rumusan masalah makalah dari berbagai sumber terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *