Makalah pola hidup sehat telah  menjadi sebuah bahasan umum dan rutin diperbincangkan oleh masyarakat. Hal ini terkait karena besarnya dampak pola hidup yang baik yang akan kita dapatkan nantinya. Oleh karena itu, bagi kamu yang menginginkan tips cara membuat makalah dengan topik pola hidup sehat disini kita akan membahasnya. Pertama, kamu bisa membuat rumusan masalah mengenai pola hidup sehat. Banyak contoh rumusan masalah makalah yang bisa kita lihat. Rumusan masalah merupakan sebuah pertanyaan terkait yang akan kamu gunakan sebagai pembahasan nantinya di bab ketiga.

Oleh karena itu,  dalam rumusan masalah ini harus menyangkut permasalahan kompleks yang akan kamu bahas. Namun, sebelumnya kamu harus menggunakan pendahulauan terlebih dahulu. Pendahuluan ini merupakan sebuah uraian awal mengenai fakta-fakta atau alasan mengapa kamu ingin membahas pola hidup sehat ini dalam makalah kamu. Setelah itu, kamu juga dapat meguraikan beberapa fakta kejadian pendukung yang telah terjadi diakibatkan karena pola hidup yang tidak sehat.

 

Makalah Pola Hidup Sehat dan Cara Penyusunannya

Pembaca dapat mengerti dengan jelas maksud penulisan makalah kamu tersebut. Serta dapat mengetahui mengenai  fakta kejadian yang ternyata telah banyak terjadi dikalangan masyarakat saat ini. Kamu juga harus menyertakan tujuan makalah dimana dalam poin ini kamu harus menyebutkan tujuan penyusunan makalah, namun jangan bingung karena tujuan makalah biasanya menguraikan kembali rumusan masalah namun dengan kata yang sesuai.

Dalam penyusunan Makalah pola hidup sehat tentunya kamu harus bisa turut mengajak pembaca agar memiliki ketertarikan terhadap makalah kamu. Oleh karena ini penggunaan judul tentunya menjadi factor terpenting dalam sebuah makalah, dimana judul ada tulisan pertama yang akan dilihat oleh pembaca. Judul juga harus mampu memiliki kedalaman makna yang tinggi atau bisa juga disebut dengan ambigu, dimana hal ini dapat mengundang rasa penasaran dari pembaca yang akan melihatnya serta ada ketertarikan untuk membaca makalah kamu.

Setelah tahapan tersebut, kamu akan memasuki bab II, dimana dalam bab ini berisikan mengenaai pembahasan yang merupakan inti dari makalah kamu. Dimana inti dari keseluruhan pembahasan beradaa pada bab pembahasan, dalam bab pembahasan ini kamu juga bisa mengkaitkan mengenai dasar teori yang telah kamu berikan di bab sebelumnya tadi. Selain itu, dalam makalah ini pula kamu dapat menjelaskan beberapa tips hidup sehat, dengan diawali dari kegiatan sederhana sehari-hari.

Namun, pola hidup sehat saat ini juga banyak dikaitkan dengan penurunan berat badan, oleh karena itu penting bagi kamu agar bisa membahas juga mengenai cara menurunkan berat badan menggunakan pola hidup sehat. Kepahaman terhadap kebutuhan masyarakat saat ini dapat menjadikan topic pembahasan yang bagus dalam makalah kamu. Disamping itu, kamu juga bisa menggunakan tambahan referensi dari buku pelajaran mengenai pola hidup sehat. Dalam penggunaan teori tambahan kamu juga harus menyebutkan nama pemilik sebuah kalimat yang kamu kutip, hal ini maksudkan sebagai wujud tanggungjawab kamu karena sudah menggunakan kalimat orang lain ke dalam makalah dengan atas nama kamu.

 

Bab Penutup Berisi Kesimpulan dan Saran

Makalah pola hidup sehat dalam bab terakhir berisikan penutup. Dimana pada bab ini kamu harus menyebutkan kembali beberapa point penting dalam bab pembahasan namun secara singkat. Dalam penutup ini berisikan kesimpulan dan saran. Dalam kesimpulan kamu harus menyebutkan point penting dari pembahasan namun  secara singkat serta disesuaikan dengan pertanyaan pada rumusan masalah. Kesimpulan ini menjadi sebuah hal terpenting dalam penyusunan sebuah makalah. Simak selengkapnya dalam cara membuat makalah yang baik dan benar seperti sudah dibahas pada artikel lain.

Seperti di pembahasan contoh saran dalam makalah sebelumnya, saran yang baik harus dibuat dengan merujuk pada poin kesimpulan. Jika kesimpulan adalah Abcde maka saran harus berkaitan dengan Abcde. Saran juga tidak boleh melebar diluar dari kesimpulan yang kita dapatkan.

Demikianlah cara penulisan makalah pola hidup sehat semoga memberikan pemahaman bagi pembaca sekalian.

UA-113975400-1