Bagi kamu mahasiswa atau seorang pelajar yang mendapat tugas membuat makalah, tentunya kamu harus mengetahui urutan pembuatan makalah yang baik dan benar. Sebagai contoh mahasiswa ekonomi, kamu diminta untuk membuat makalah studi kelayakan bisnis, hal ini  tentunya akan menjadi tugas yang begitu berat dan mungkin kamu akan kebingungan membuatnya. Namun, tidak usah khawatir karena disini kita akan menjelaskan mengenai kelengkapan pembuatan makalah yang benar.

Makalah tidak boleh dibuat asal jadi. Karena makalah adalah sebuah hasil studi atau kajian ilmiah yang memang dihasilkan dengan cara ilmiah. Kelengkapan dalam membuat makalah adalah salah satu ketentuan yang harus diikuti. Sehingga sebuah makalah dapat disebut layak. Kelengkapan makalah tersebut antara lain:

Makalah Studi Kelayakan Bisnis dan kelengkapannya

  • Cover

Didalam cover atau halaman depan ini kamu bisa mencantumkan  judul makalah. Judul makalah harus menggunakan kata-kata yang singkat padat dan jelas. Judul merupakan wajah utama yang menjadi focus dari setiap pembaca. Oleh karena itu pilihlah kata-kata yang sederhana serta melingkupi seluruh pembahasan yang akan kamu jelaskan. Setelah itu logo, logo ini adalah logo dari instansi atau sekolah tempat kamu mendapatkan tugas tersebut.

Simak juga: Cara Membuat Cover Makalah yang Benar

Nama penyusun, nama ini dapat berupa nama lengkap indiidu ataupun kelompok. Biasanya dalam penulisan nama ini diawan dengan kata “disusun oleh:”. Selanjutnya adalah nama sekolah atau perguruan kamu, namun sebelum itu kamu juga bisa menyertakan  fakultas serta prodi kamu. Kata terakhir dalam cover ini berada pada baris paling bawah yaitu tahun ajaran, tahun ajaran ini merupakan tahun ajaran tugas tersebut diberikan, sebagai contoh tahun ajaran 2016/2017.

  • Kata pengatar

Kata pengantar merupakan bagian ucapan awal yang akan disampaikan oleh penulis kepada pembacanya. Sebagai ucapan awal atau lebih mudahnya sambutan, tentunya harus menggunakan tata bahasa yang baik sesuai dengan EYD. Didalam kata pengantar harus diawali dengan ucaapan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta dilanjutkan dengan penyebutan nama-nama pihak yang turut terlibat membantu penyelesaian makalah kalia tersebut, serta diberikan penambahan jabatannya.

Setelah itu, kamu juga memberikan basa-basi singkat mengenai alasan apa yang mendorong kamu memilih topic tersebut. diakhir kata pengantar, diberikan tanggal pembuatan makalah tersebut, kota pembuat, serta nama dan tanda tangan.

Untuk lebih jelas silakan baca: Cara Membuat Cover Makalah yang Benar

 

Pembahasan Makalah Studi Kelayakan Bisnis Bab per Bab

  • Daftar Isi

Daftar isi juga merupakan bagian yang harus ada dalam sebuah makalah. Namun banyak pembuat makalah yang menggunakan titik-titik dari ujung sampai ujung halaman dan diakhiri dengan nomor halaman. Hal ini tentunya menjadi tampilan daftar isi menjadi jelek, oleh karena itu kamu bisa menggunakan TAB otomatis yang telah kamu setting terlebih dahuu pada menu view. Penulisan kalimat dalam daftar isi harus sesuai dengan subbab pada pembhahasan, apabila kamu menggunakan font capital maka dalam kata pengantar juga menggunakan yang sesuai.

  • Bab I

Dalam bab I pendahuluan ini biasa meliputi latar belakang, rumusan masalah dan tujuan masalah. Pada pendahuluan ini berisikan mengenai alasan awal yang mendasari kamu membuat topic tersebut. dalam latar belakang biasanya menggunakan kalimat “di jaman ini” dan diikuti dengan uraian tambahan mengenai masalah masyarakat saat ini seperti “Tingginya minat masyarakat mengenai bisnis menjadikan tingginya pelaku bisnis di negeri ini”.

Baca Juga: Contoh Latar Belakang Makalah dan Cara Penulisannya

  • Bab II

Dalam bab II ini berisikan mengenai pembahasan serta penjabaran lengkap mengenai pertanyaan pada rumusan masalah. Dalam bab ini kamu harus menjawab semua pertanyaan dalam rumusan masalah secara jelas dibahas secar umum lalu spesifik. Pembahasan menjadi bagian paling penting dalam sebuah makalah, oleh karena itu kamu harus bisa membuat isi dari bab II ini dengan sejelas-jelasnya. Sebagai contoh dalam makalah studi kelayakan bisnis kamu harus mampu menjelaskan mengenai pengertian awal bisnis tersebut serta  menjelaskan mengenai studi kelayakan bisnis secara jelas.

Baca juga: Contoh Rumusan Masalah Makalah

  • Bab III

Dalam bab III ini berisikan penutup, dimana terdapat kesimpulan dan saran. Dalam kesimpulan kamu harus bisa manarik benang merah dari isi pembahasan yang telah kamu jabarkan sebelumnya.

UA-113975400-1